Wisata Pulau Lae-Lae – Lokasi, Akses serta Fasilitas yang Tersedia

Pulau Lae-Lae adalah sebuah pulau kecil di Makassar barat, dan menjadi salah satu tujuan favorit di Makassar. Pulau ini hanya berjarak 1,5 Km kota Makassar. Bahkan, kita bisa melihat tempat ini dengan jelas langsung dari Losari.

Luas total pulau yang selama perang dunia ke 2 digunakan oleh tentara Jepang sebagai daerah pertahanan ini sekitar 6,5 hektar dengan pasir putih dan dihuni ±2.000 penduduk. Pulau ini sendiri cukup unik, dimana pulau ini memiliki bentuk persegi panjang dengan dinding penghalang ombak yang terletak di bagian barat pulau dan membentang dari utara ke selatan.

Lokasi serta Akses Menuju Pulau Lae-Lae

Pulau ini hanya berjarak 1,5 Km kota Makassar. Untuk mencapainya dapat dengan menggunakan speed boat atau perahu nelayan dari dermaga kayu Bangkoa (di Jl.Pasar Ikan) atau dermaga di depan Fort Rotterdam, dengan biaya kuerang lebih Rp 20.000,-*). Waktu tempuh menuju pulau ini pun cukup singkat,  hanya sekitar 10 menit.

Anda dapat membuat janji dengan pemilik perahu untuk menjemput Anda atau menyimpan nomor telepon mereka sehingga Anda dapat menghubungi mereka dengan mudah.

*) Ketentuan dan harga dapat berubah sewaktu-waktu

Baca Juga:

Tempat Wisata Menarik di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi

15 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Menarik untuk Dikunjungi

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Lae-Lae

Akomodasi ke Lae-Lae Island cukup memadai. Untuk penginapan, terdapat beberapa pondok-pondok atau Anda dapat bermalam di rumah-rumah penduduk. Di sepanjang garis pantai, ada gazebo atau pondok dari bambu yang bisa disewa sebagai tempat berteduh dengan harga mulai dari Rp. 25.000 – Rp. 40.000*).

Bagi wisatawan yang tidak membawa bekal makanan, di sekitar pulau, ada banyak warung makan yang menyediakan makanan dan minuman.

*) Ketentuan dan harga dapat berubah sewaktu-waktu

Hal-Hal Menarik yang Dapat Anda Lakukan

Di pulau Lae-Lae terdapat jalan yang dapat digunakan untuk pejalan kaki. Jalan ini akan memudahkan pengunjung untuk berjalan-jalan mengelilingi pulau. Jika Anda berjalan-jalan ke bagian selatan pulau, Anda dapat menikmati berjalan di batu pemecah karang berbentuk piramida.

Hamparan pepohonan di sepanjang pantai menambah keindahan pantainya. Air laut yang jernih dan pasir putih membuat pantai terlihat sangat menakjubkan. Pasirnya sangat halus dan Anda bisa melangkah dengan kaki telanjang.

Jika Anda lebih ingin bersantai, Anda dapat bersantai di pondok-pondok bambu yang tersedia di sepanjang pinggir pulau. Atau jika Anda suka fotografi, Anda dapat menemukan banyak tempat untuk mendapatkan pemandangan yang menawan.

Jika Anda suka diving atau snorkeling, Anda bisa melakukannya juga. Tapi, Anda harus membawa peralatan sendiri. Pantainya bagus untuk berenang, scuba diving, snorkeling, dan menyelam.

Jadi, jangan khawatir merasa bosan selama berada di Makassar. Anda akan menikmati liburan Anda di Pulau Lae-Lae saat Anda mengunjungi Kota Makassar.