6 Tempat Wisata di Bone Sulawesi Selatan yang Menarik

Kabupaten Bone adalah salah satu daerah bugis yang dikenal sebagai jalur strategis untuk perdagangan barang dan jasa di Kawasan Timur Indonesia. Kabupaten ini juga dikenal dengan beberapa obyek wisata menarik yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan. Kabupaten ini berjarak 174 km dari Kota Makassar. Pada artikel kali ini azwisata.com akan menyebutkan beberapa tempat wisata di Bone yang bisa Anda kunjungi jika Anda berwisata ke Bone.

Daftar Tempat Wisata Di Bone

1. Tanjung Palette

Tanjung Pallette merupakan salah satu tempat wisata di Bone yang rami dikunjungi wisatawan disaat liburan. Tanjung Palette berlokasi di Kelurahan Pallette yang berjarak 12 km dari Kota Watampone, ibu kota Kabupaten Bone.

Perjalanan ke Tanjung Pallette dari Kota Watampone membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Tapi berdasarkan pengalaman penulis, jarak tempuh menuju lokasi tersebut bisa lebih cepat jika mengendarai sepeda motor, selama tidak ada hambatan berarti di sepanjang jalan.

Perjalanan menuju Tanjung Palette sangatlah menyenangkan. Hal tersebut disebabkan sepanjang perjalanan, mata kita akan disuguhi dengan pemandangan indah berupa hamparan sawah menghijau dan kawasan tambak ikan bolu milik masyarakat setempat.

Kawasan Tanjung Palette bukanlah berupa hamparan pasir putih sebagaimana keumuman kawasan pantai lainnya. Kawasan Tanjung Palette justru berupa pantai karang yang terjal.

Namun kondisi ini justru semakin menambah keindahan kawasan tanjung ini. Sebab Anda bisa menikmati pemandangan dari puncak-puncak karang yang ada di sana, merasakan hembusan angin dan deburan ombak yang silih berganti.

Di kawasan ini juga terdapat kolam renang yang bisa Anda sewa untuk berenang sepuasnya.

2. Pantai Tete Tonra

Tempat wisata di Bone yang menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Tete yang berjarak 61 km dari pusat Kota Watampone. Posisi Pantai Tete ke arah selatan menuju Kota Sinjai, tepatnya di desa Bone Pute kecamatan Tonra. Lokasi ini lebih dekat dari pusat Kota Sinjai dibandingkan dari pusat Kota Watampone.

Selain digunakan sebagai tempat wisata dan rekreasi, Pantai Tete juga digunakan sebagai pusat pelatihan dan pembinaan fisik bagi para anggota baru TNI. Jadi jangan heran jika Anda berkunjung ke sana, Anda tidak hanya mendapati fasilitas wisata, tapi juga barak-barak tempat menginap bagi para prajurit baru selama masa pelatihan.

Sebenarnya Pantai Tete merupakan salah satu sumber pemasukan daerah Pemerintah Kabupaten Bone, sayangnya tempat ini tidak dikelola dengan baik, bahkan terkesan ditelantarkan.

Saat ini perjalanan menuju ke Pantai Tete sudah lancar menggunakan mobil atau motor disebabkan kondisi jalan yang sudah bagus dan beraspal. Hal ini berbeda dengan kondisi jalan beberapa tahun lalu yang masih rusak.

Baca Juga: Tempat Wisata di Sulawesi Selatan

3. Air Terjun Ladenring

Tempat wisata di Bone lainnya adalah Air Terjun Ladenring yang berlokasi di Desa Barugae, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone. Lokasi wisata ini memiliki jarak yang cukup jauh dari Kota Watampone, tepatnya di perbatasan Kabupaten Soppeng.

Suara bergemuruh dari air yang jatuh, kondisi pepohonan lebat yang tumbuh menjulang, serta bongkahan-bongkahan batu yang sangat indah dan artistik, menjadikan pemandangan disekeliling lokasi Air Terjun Ladenring ini sangat indah, alami, dan menyejukkan mata.

Tidak heran jika Air Terjun Ladenring banyak dikunjungi orang-orang yang ingin menikmati suasana alam di sana, apalagi pada hari-hari libur.

4. Puncak Goa Kelling

 

Puncak Goa kelling terletak di Desa Ajangpulu, Kec. Cina, Kab. Bone, Sulawesi Selatan. Hal unik dari tempat wisata di Bone yang satu ini ialah Anda akan berjalan menyusuri goa sebagai jalan alternatif menuju puncak gunung.

Jadi selain dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dari puncak gunungnya, Anda juga dapat menikmati pemandangan goa selama perjalanan menuju puncak.

5. Goa Mampu

Goa ini sendiri terletak di Desa Cabbeng, Kec. Dua Boccoe, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

Goa Mampu merupakan salah satu tempat wisata di Bone yang banyak dikunjungi wisatawan disaat liburan. Walaupun disebut juga dengan julukan Goa Terkutuk (di dalamnya banyak terdapat stalagmit dan stalaktit yang menyerupai makhluk hidup), Goa Mampu menawarkan panorama yang indah serta memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga pengunjung tidak perlu takut untuk sesak napas.

6. Air Terjun Poppinjeng

Tempat wisata di Bone yang tidak boleh Anda lewatkan lainnya ialah Air terjun Poppinjeng. Air terjun ini terletak di Desa Bonto Masunggu, Kec. Tellulimpoe, Kab. Bone, Sulawesi Selatan. Panorama alam yang tersaji di kawasan air terjun yang memiliki tujuh tingkatan ini sungguh memikat. Selain itu, medan yang ditempuh untuk mencapai tiap tingkatan air terjunnya lumayan menantang. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang.

Demikianlah info terkait tempat wisata di Bone yang dapat azwisata.com berikan kepada para pembaca sekalian. semoga bermanfaat.