13 Tempat Wisata di Belanda yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

Belanda merupakan salah satu negara menarik yang bisa Anda kunjungi di Eropa. Banyak tempat wisata di Belanda yang dapat Anda kunjungi. Anda dapat menemukan kincir angin yang indah, taman bunga yang penuh warna, dan kota-kota yang kaya akan seni, budaya, dan sejarah.

Berikut 13 Tempat Wisata di Belanda yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke negeri kincir angin ini.

Tempat Wisata di Belanda

1. Rijksmuseum

Tempat Wisata di Belanda – Rijksmuseum

Rijksmuseum di Amsterdam adalah museum seni dan sejarah terbesar dan paling bergengsi di negeri kincir angin ini. Museum ini telah mengumpulkan koleksi barang seni dan barang antik langka sejak tahun 1809, termasuk karya Vermeer dan Rembrandt.

Koleksi museum ini berjumlah hampir tujuh juta karya seni dan akan terus bertambah, termasuk 5.000 lukisan serta perpustakaan yang luas dengan koleksi sekitar 35.000 buku.

2. Taman Bunga Keukenhof

Taman Bunga Keukenhof

Keukenhof merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan selama musim semi. Taman ini juga merupakan taman bunga terbesar di dunia.

Di taman yang terletak di Lisse, Belanda, terdapat berbagai macam bunga termasuk tulip, daffodil dan hyacinth yang menghiasi lebih dari 32 hektar lahan taman, selain itu 7 juta bunga yang ditanam setiap tahunnya.

Taman ini dibuka selama setahun sekali selama 8 pekan selama musim semi.

3. Museum Van Gogh

Tempat Wisata di Belanda – Museum Van Gogh

Bagi Anda pecinta karya seni, Museum Van Gogh merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi. Museum Van Gogh merupakan sebuah museum seni rupa yang terletak di Amsterdam, yang berisikan karya-karya seni Vincent van Gogh dan seniman-seniman ternama lainnya pada zamannya.

Museum ini pertama kali dibuka pada pada tahun 1973. Koleksi utama dari museum ini adalah koleksi lukisan-lukisan dan karya -karya terkenal dari Van Gogh.

4. Taman Nasional Hoga Veluwe

Taman Nasional Hoga Veluwe

National Park De Hoge Veluwe merupakan sebuah taman nasional Belanda yang terdiri dari padang pasir, padang rumput dan hutan. Taman seluas 5.500 hektar ini terletak di kota Arnhem.

Di sini Anda dapat menikmati keindahan taman nasional dengan bergam flora dan fauna yang terdapat di dalamnya ini dengan bersepeda (yang telah disediakan oleh pengelola).

5. Kincir Angin di Kinderdijk

Kincir Angin di Kinderdijk

Kincir angin di Kinderdijk adalah sekumpulan 19 kincir angin monumental di polder Alblasserwaard, di provinsi Belanda Selatan, Belanda. Dibangun pada tahun 1738 dan 1740, yang berfungsi untuk menjaga air keluar dari polder, kincir-kincir angin ini adalah kumpulan kincir angin tua terbesar di negara ini.

Kincir-kincir angin ini terdaftar sebagai monumen nasional dan seluruh wilayahnya merupakan area yang yang dilindungi sejak tahun 1993 dan telah menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1997.

6. Madurodam

Tempat Wisata di Belanda – Madurodam

Madurodam merupakan sebuah kota miniatur dalam skala 1:25 yang berlokasi di Scheveningen, Den Haag, Belanda. Di madurodam Anda dapat menemukan miniatur landmark serta bangunan khas Belanda (yang terdapat di berbagai daerah di Belanda).

Madurodam ini dibangun pada tahun 1952 dan saat ini telah menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan di negeri kincir angin.

Madurodam juga mudah dijangkau oleh transportasi publik. Hanya 45 menit dari Amsterdam dan 25 menit dari Rotterdam.

7. Binnenhof

Tempat Wisata di Belanda – Binnenhof

Binnenhof adalah sebuah alun-alun di pusat kota Den Haag. Di pusatnya terdapat Ridderzaal (Hall of Knights) dan alun-alun nya dikelilingi oleh perpaduan gedung-gedung tradisional khas belanda dan gedung-gedung modern. Gedung-gedung ini digunakan sebagai gedung parlemen dan pemerintah. Alun-alun ini juga merupakan pusat pemerintahan Belanda.

8. Efteling

Tempat Wisata di Belanda – Efteling

Efteling merupakan taman hiburan bertema fantasi di Kaatsheuvel. Atraksi yang terdapat di sini didasarkan pada elemen dari mitos dan legenda kuno, dongeng, fabel, dan cerita rakyat.

Taman ini diresmikan pertama kali pada tahun 1952, dan sejak itu telah berevolusi dari taman alam dengan taman bermain dan hutan dongeng menjadi taman hiburan berukuran penuh.

Desain dan arsitektur bangunan yang menawan serta dipadukan dengan taman hijau dan kebun-kebun bunga menjadikan Efteling sebagai salah satu destinasi wisata favorit wisatawan.

9. Kastil De Haar

Tempat Wisata di Belanda – Kastil De Haar

Kastil De Haar merupakan sebuah kastil bergaya neo-Gothik yang terletak di Utrecht. Kastil yang pertama kali didirikan pada tahun 1391 ini dihiasi dengan ukiran kayu yang kaya ornamen.

Interiornya juga dilengkapi dengan banyak karya koleksi Rothschild, termasuk porselen tua yang indah dari Jepang dan China, dan beberapa permadani Flemish tua dan lukisan dengan ilustrasi religius.

Di sekitar kastil terdapat taman yang indah yang berisi perpaduan antara taman, danau serta parit yang mengelilingi kastil.

10. Kastil Muiden

Kastil Muiden

Kastil Muiden merupakan sala satu kastil terkenal di Belanda yang terletak di mulut sungai Vecht, sekitar 15 kilometer tenggara Amsterdam. Tepatnya di Muiden.

Saat ini, kastil ini dijadikan sebagai museum nasional. Bagian dalam kastil, kamar dan dapurnya, dipulihkan agar terlihat seperti pada abad ke-17 dan beberapa kamar sekarang menjadi tempat penyimpanan koleksi senjata dan baju besi.

11. Delta Project

Tempat Wisata di Belanda – Delta Project

Delta Project atau Delta Works adalah serangkaian konstruksi yang dibangun antara tahun 1950 dan 1997 di barat daya Belanda untuk melindungi area daratan yang luas dari laut.

Rangkaian konstruksinya terdiri dari bendungan, pintu air, kunci, tanggul, dan penangkal gelombang.

Delta Project telah dinyatakan sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Modern oleh American Society of Civil Engineers.

12. Kepulauan Frisian Barat

Tempat Wisata di Belanda – Kepulauan Frisian Barat

Kepulauan Frisian Barat atau Waddeneilanden di Belanda adalah rantai pulau di Laut Utara di lepas pantai Belanda di sepanjang tepi Laut Wadden.

Kepulauan ini terus berlanjut ke timur sebagai Kepulauan Frisian Timur Jerman dan merupakan bagian dari Kepulauan Frisian. Pulau-pulau memisahkan Laut Utara dari Laut Wadden yang dangkal, dengan dataran lumpur pasang surut.

Di bawah pengawasan pemandu yang berlisensi, beberapa pulau dapat dicapai dengan berjalan di dataran lumpur saat air surut. Di sini bersepeda adalah sarana transportasi yang paling favorit yang dipilih oleh para wisatawan.

13. Kanal Amsterdam

Tempat Wisata di Belanda – Kanal Amsterdam

Amsterdam mulai membangun kanal-kanal yang terkenal pada abad ke-17 selama zaman keemasan Belanda.

Tiga kanal utama, Herengracht, Prinsengracht, dan Keizersgracht membentuk sabuk konsentris di sekitar kota, yang dikenal sebagai grachtengordel.

Saat ini kanal-kanal tersebut mencapai 100 km dan terdapat 1.500 jembatan membentang di atasnya. Di pinggir kanal utama terdapat 1550 bangunan-bangunan monumental.

Seperti itulah ulasan azwisata.com terkait tempat wisata di Belanda yang menarik untuk Anda kunjungi. Semoga dapat bermanfaat.

(4,8 - 5 votes)