Pulau Moyo – Lokasi, Pilihan Tempat Wisata serta Fasilitas yang Tersedia

Banyak pilihan tempat wisata di Pulau Moyo Sumbawa yang bisa Anda jelajahi. Pulau seluas 350 km² ini memiliki keindahan alam yang sangat eksotis. Kawasan wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya ini layak Anda jadikan sebagai salah satu tujuan liburan Anda.

Lokasi serta Rute menuju Pulau Moyo

Pulau Moyo terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, dan hanya berjarak sekitar 2,5 km. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Labuhan Bada, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Untuk menuju ke Pulau ini, Anda dapat menempuhnya dari Sumbawa Besar. Untuk menuju Sumbawa Besar dapat menggunakan transportasi darat dan udara.

Jika menggunakan rute/jalur udara, Anda dapat berangkat dari Bandara Internasional Lombok dengan menggunakan pesawat jenis Fokker menuju Bandara Sultan Kaharuddin, Sumbawa. Waktu tempuh hanya sekitar kurang lebih selama 30 menit.

Jika lewat jalur darat, Anda dapat berangkat dari Mataram menuju Pelabuhan Kayangan (Lombok). Lalu menyeberang ke Poto Tano (Sumbawa Barat) menggunakan kapal feri. Kemudian melanjutkan perjalanan darat menuju Sumbawa Besar. Total waktu tempuh normal jika Anda menggunakan rute darat kurang lebih selama 6 jam.

Setalah tiba di Sumbawa besar Anda dapat memilih menginap terlebih dahulu (jika sampai sudah sore) atau langsung berangkat menuju Pulau Moyo (jika Anda samapi di Sumbawa Besar masih pagi).

Jika Anda memilih menginap terlebih dahulu di Sumbawa Besar terdapat beberapa pilihan penginpan yang dapat Anda tempati.

Akses utama ke Pulau ini ialah dari pelabuhan muara kali menuju ke Labuan Aji ( nama desa yang terdapat di Pulau Moyo ). Dari pelabuhan muara kali, Anda dapat berangkat ke Labuan Aji menggunakan kapal motor milik nelayan setempat dengan biaya Rp. 20.000 – Rp. 25.000*). Dengan waktu tempuh normal (jika kondisi laut normal) selama kurang lebih 2 jam.

Selain melalui pelabuhan muara kali, Anda dapat memilih pilihan akses alternatif menyeberang dari Desa Ai Bari.

Anda dapat menempuh perjalanan darat dari Sumbawa Besar ke Desa Ai Bari dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam. Lalu dilanjutkan dengan menyeberang menggunakan perahu motor milik nelayan setempat selama kurang lebih 30 menit.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Fasilitas dan Penginapan di Pulau Moyo

Untuk saat ini di Pulau Moyo hanya terdapat satu penginapan yang tersedia, yaitu Amanwana Resort (resort kelas dunia sekelas hotel bintang lima), dengan harga per malam $800 – $1000*).

Untuk pilihan penginapan yang lebih murah, Anda dapat menginap di rumah-rumah warga yang menyediakan kamar untuk menginap dengan harga per malam sekitar Rp. 150.000 – Rp. 200.000 atau sesuai kesepakatan.

Jika ingin yang lebih murah lagi, Anda dapat berkemah di kawasan pantai Brang Sedo.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Daftar Tempat Wisata di Pulau Moyo Sumbawa

1. Pantai Tanjung Pasir

Tempat Wisata di Pulau Moyo – Pantai Tanjung Pasir

Pantai yang terletak di sebelah ujung selatan pulau ini menawarkan keindahan pasir nya yang putih, laut yang jernih, serta ombak yang besar. Di sini Anda semakin dapat menikmati keindahannya sambil bersantai dengan adanya brugak-brugak atau semacam gubuk tempat peristirahatan.

Selain itu, di Tanjung Pasir ini Anda dapat menikmati keindahan biota laut nya. Di sini Anda akan disuguhi dengan hamparan terumbu karang yang mempesona, serta beraneka ragam jenis ikan yang dapat memanjakan mata Anda.

Jika Anda dari Sumbawa ingin langsung mengunjungi Tanjung Pasir, Anda dapat menyewa kapal yang telah tersedia dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1,5-2 jam.

Atau jika Anda kurang nyaman melalui perjalanan laut yang cukup lama, Anda dapat menuju ke pantai tanjung pasir melalui desa Ai Bari. Anda dapat melalui rute darat dari Sumbawa Besar (bisa sewa mobil maupun menggunakan jasa ojek) ke desa ini dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam.

Lalu melanjutkan perjalanan Anda ke pantai tanjung pasir dari desa Ai Bari menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh kurang lebih selama 30 menit dengan terif Rp 250.000 – Rp 300.000 (tarif dapat berubah sewaktu-waktu).

2. Pantai Raja Sua

Tempat Wisata di Pulau Moyo – Pantai Raja Sua

Selain juga merupakan spot diving dan snorkeling yang menarik, di sekitarnya juga terdapat hamparan savana yang cukup luas dan tentunya masih alami, serta banyak terdapat berbagai macam jenis burung.

Raja Sua dapat diakses melalui Pantai Kencana (kurang lebih selama 45 menit) maupun Pantai Tanjung Pasir kurang lebih selama 20 menit) menggunakan perahu motor yang disediakan oleh nelayan / penduduk setempat.

3. Pantai Ai Manis

Tempat Wisata di Pulau Moyo – Pantai Ai Manis

Di sini Anda akan disuguhi keindahan hamparan coral yang menawan. Selain keindahan landskap nya, Anda juga akan disuguhi oleh keindahan panorama bawah laut nya yang sangat menawan.

Ketika melakukan diving atau snorkeling, mata Anda akan dimanjakan oleh keindahan biota lautnya, seperti terumbu karang, anemon, belut, crustacea, sponge, dan beberapa biota laut menawan lainnya.

Selain keindahan pantai dan panorama bawah lautnya, pantai ini Ai Manis juga menyajikan keindahan hutan tropis yang terdapat di sekitarnya.

Di dalam hutan yang terdapat di sekitar pantai ini, Anda akan menemukan berbagai macam fauna, seperti burung kakaktua, rusa, burung gosong, burung koakkao, sapi liar, dll.

Untuk akses menuju pantai ini sendiri terdapat beberapa pilihan. Jika Anda dari Sumbawa Besar ingin langsung mengunjungi Ai Manis, Anda dapat menggunakan kapal motor dari Pantai Kencana dengan waktu tempuh kurang lebih 60 menit.

Sedangkan jika Anda berada di pantai Tanjung Pasir, Anda dapat menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 20 menit.

4. Takat Sagele

Tempat Wisata di Pulau Moyo – Takat Sagele

Takat Sagele sebenarnya merupakan sebuah gundukan karang yang terbentuk dari koral, terumbu karang mati, dan pasir.

Namun gundukan karang ini baru akan tampak dengan jelas jika air laut surut. Letaknya pun tidak jauh dari Desa Labuhan Aji, cukup ditempuh selama kurang lebih 20 menit.

Selain menikmati keindahan bawah laut nya yang mempesona, tempat ini juga merupakan tempat terbaik di Pulau Moyo untuk menikmati sunset. Di sini Anda juga dapat menikmati kemewahan dalam menyaksikan sunset di tempat yang sepi, tenang dan dikelilingi oleh lautan.

5. Air Terjun Diwu Mbai

Tempat Wisata di Pulau Moyo – Air Terjun Diwu Mbai

Air terjun Diwu Mbai ini terletak di desa Brang Rea. Walaupun ukurannya kecil dan dengan ketinggian hanya sekitar 3 meter, namun terdapat sesuatu yang menarik di sini. Karena dikelilingi oleh pepohonan berusia tua dan rindang, maka akar-akar pohonnya yang mejuntai di atas air dapat digunakan untuk bergelantungan sebelum menceburkan diri.

Selain itu, mata Anda juga akan dimanjakan oleh keindahan pepohonan dan telaga nya yang jernih.

Untuk menuju ke Air terjun Diwu Mbai ini, Anda dapat berangkat dari desa Labuan Aji, baik dengan berjalan kaki kurang lebih selama 1 jam. Akan tetapi di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi keindahan alam nan elok yang masih asri dan terjaga.

Namun jika tidak kuat berjalan kaki, Anda juga dapat menggunakan jasa ojek yang disediakan oleh masyarakat setempat.

6. Pantai Poto Jarum

Tempat Wisata di Pulau Moyo – Pantai Poto Jarum

Pantai ini memiliki view yang begitu indah dengan pasir putihnya serta hamparan laut berwarna biru toska yang menenangkan dengan ombak yang tenang.

Di bagian ujung pantai juga terdapat bebatuan yang cukup bagus sebagai tempat bersantai maupun befoto. Sama halnya dengan pantai lainnya di pulau ini, pantai ini juga merupakan salah satu spot diving dan snorkeling yang menarik.

Karena pantai ini merupakan kawasan lindung, maka Anda tidak akan menemukan bangunan di sekitarnya.

Perlu untuk Anda ketahui juga, Pantai Poto Jarum ini bukanlah kawasan privat, dan terbuka untuk wisatawan umum. Sehingga tidak ada seorangpun atau komunitas manapun yang berhak melarang wisatawan umum lainnya untuk mengunjungi pantai ini.

Untuk mencapai Pantai Poto Jarum, Anda dapat berangkat dari Pantai Kencana (kurang lebih selama 70 menit) atau dari Pantai Tanjung Pasir (kurang lebih selama 60 menit).

7. Pantai Brang Sedo

Tempat Wisata di Pulau Moyo – Pantai Brang Sedo

Pantai Brang Sedo merupakan pantai dengan panorama alam yang sangat indah. Pemandangan alamnya yang asri dan damai disertai putihnya pasir dan biru nya laut yang menawan, dijamin akan membuat Anda merasa betah berada di sini.

Selain sebagai salah satu spot diving dan snorkeling yang menarik lainnya di pulau ini, kawasan pantai ini biasanya juga dijadikan tempat berkemah oleh para backpacker.

Pantai Brang Sedo ini dapat ditempuh baik dari Pantai Tanjung Pasir (kurang lebih selama 70 menit) maupun dari Pantai Kencana (kurang lebih selama 60 menit) menggunakan kapal motor yang dapat disediakan oleh nelayan setempat.

8. Air Terjun Mata Jitu

Tempat Wisata di Pulau Moyo – Air Terjun Mata Jitu

Air terjun yang terletak di kawasan hutan Pulau Moyo ini sangatlah menawan. Selain airnya yang sangat jernih, suasana alam di sekitar yang asri, yang dipadukan dengan merdunya kicauan burung.

Yang paling mengagumkan ialah adanya stalagmit di sekitarnya, yang tentunya sangat jarang terdapat di air terjun lainnya di Indonesia.

Di sekitarnya Air Terjun Mata Jitu ini terdapat 7 kolam utama, di mana wisatawan atau pengunjung dilarang untuk berenang atau mandi di sana. Namun tetap ada kolam khusus yang diperbolehkan digunakan oleh pengunjung yang ingin berenang atau mandi.

Untuk menuju ke Air Terjun Mata Jitu ini dapat ditempuh dengan trekking (walaupun juga ada ojek dari desa Labuan Aji). Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi keindahan hutan nya, dan perkebunan jambu mete milik masyarakat setempat.

Dengan banyaknya tempat wisata di Pulau Moyo Sumbawa ini yang menarik sangat cocok untuk Anda yang gemar diving, snorkeling. Maupun bagi Anda yang ingin mencari suasana yang indah, nyaman, dan tenang yang jauh dari kebisingan kota.

(5,0 - 2 votes)