30 Tempat Wisata di Bali yang Menarik untuk Dikunjungi

Pulau Bali merupakan surga wisata bagi wisatawan lokal atau mancanegara. Salah satu andalan pariwisata nya adalah keindahan pantai, laut dan keadaan alamnya yang terjaga dengan baik. Tempat wisata di Bali sebagian besar adalah pantainya yang indah. Namun selain pantai, pulau ini masih memiliki potensi wisata lain yaitu wisata kuliner dan wisata budaya yang khas. Karena alasan itu banyak wisatawan yang betah berlama-lama di sini.

Keindahan alam Pulau Bali sudah diakui sampai ke mancanegara. Beberapa tempat yang menjadi tujuan utama wisatawan datang antara lain.

Daftar Tempat Wisata di Bali

1. Tanah Lot

Tempat Wisata di Bali – Tanah Lot

Tanah Lot terkenal karena keindahan pemandangan saat matahari terbenam.

Keunikan Tanah Lot terletak pada lokasi Pura berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir laut. Pada saat air laut pasang pengunjung tidak dapat mendekati Pura Tanah Lot, karena karang penyangga digenangi air laut. Namun pada saat air laut surut, pengunjung bisa mendekat.

Pura Tanah Lot berlokasi di pesisir selatan Bali 25 kilometer dari Kota Denpasar di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

2. Uluwatu

Tempat Wisata di Bali – Uluwatu

Keindahan wisata Uluwatu terletak pada tebing yang menjulang yang menghadap garis Pantai Pecatu dan laut yang luas. Pura Uluwatu terletak di semenanjung selatan Bali.

Di dalam kawasan Uluwatu terdapat Pura yang biasa disebut Pura Luhur Uluwatu. Selain menikmati keindahan alam dari ketinggian tebing, di kawasan uluwatu pengunjung juga bisa menikmati tarian kecak.

Selama pertunjukan Tari Kecak di Uluwatu berlangsung, penonton mendapat pemandangan matahari tenggelam secara perlahan. Pertunjukan seni dan budaya dengan latar belakang pemandangan sunset merupakan salah satu yang begitu luar biasa.

Dalam kawasan ini juga terdapat hutan kecil yang dihuni kawanan kera yang berkeliaran bebas

3. Pantai Kuta

Tempat Wisata di Bali – Pantai Kuta

Siapa yang tidak kenal akan pantai kuta. Pantai ini memendam keindahan yang tidak bisa kita dapatkan di ujung belahan dunia manapun. Banyak wisatawan yang datang karena keindahan serta eksotisme pantai ini terdengar hingga seantero dunia.

Di pantai ini kita dihadapkan dengan pasir putih yang terhampar luas bak padang pasir di bibir pantai. Sehingga kita bisa menikmati suasana pantai yang nyaman. Serta menikmati keindahan sunset yang selalu ditunggu wisatawan apabila berkunjung ke pantai kuta.

4. Ubud

Tempat Wisata di Bali – Ubud

Disebut kawasan Ubut karena merupakan tempat peristirahatan. Ubut juga terkenal dengan pusat kesenian yang ada di pulau dewata. Di sini kita bisa melihat beraneka ragam kesenian lokal.

Ada dua buah pasar kesenian di pulau dewata yang terkenal, dan keduanya berada di kawasan ubud. Sehingga apabila anda berkunjung ke sana, anda bisa berjalan-jalan serta melihat-lihat berbagai macam cendera mata.

Di kawasan ubud masih sangat terjaga ekosistem alamnya, karena semua diatur berdasar hukum adat. Sehingga pepohonan dan sawah masih terlihat asri.

5. Pantai Nusa Dua

Tempat Wisata di Bali – Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua menawarkan panorama alam bawah laut yang sangat mengagumkan. Kita bisa menikmati kejernihan air laut serta melihat keindahan biota laut yang ada di sini.

Kawasan ini adalah tempat favorit untuk snorkeling dan diving sehingga banyak wisatawan dari mancanegara yang berkunjung ke sini.

6. Danau Beratan

Tempat Wisata di Bali – Danau Beratan

Danau Beratan terletak di daerah yang bernama Bedugul. Danau ini adalah danau yang dianggap suci oleh umat hindu yang ada di pulau dewata. Sehingga disaat upacara adat tertentu, danau ini sangat ramai.

Tidak hanya ramai oleh penduduk lokal, tapi juga para wisatawan domestik ataupun luar negeri. Di sini kita juga bisa melihat tempat ibadah orang hindu, yaitu pura Ulun.

7. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Tempat Wisata di Bali – Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau disingkat GWK ini terletak bagian selatan pulau Bali. Tepatnya di Tanjung Nusa Dua, Kab.Badung, sekitar 40 km di sebelah selatan Denpasar. GWK mulai dibuka pada pukul 08.00 sampai pukul 22.00.

8. Pantai Dreamland

Tempat Wisata di Bali – Pantai Dreamland

Pantai Dreamland memiliki keindahan dari perpaduan pasir putih bersih, ombak yang tenang, serta tebing-tebing karang di pinggir pantai.

Sarana penunjang pariwisata seperti restoran dan villa juga banyak terdapat di sekitar pantai Dreamland.

Di Pantai Dreamland ini anda juga dapat melihat pemandangan sunset.

Selengkapnya: Pantai Dreamland – Rute, Lokasi serta Fasilitas yang Tersedia

9. Pantai Pandawa

Tempat Wisata di Bali – Pantai Pandawa

Pantai Pandawa saat ini sedang populer di kalangan wisatawan domestik. Sebagian besar wisatawan domestik yang berlibur ke tempat wisata Bali selatan, selalu mencantumkan rute mengunjungi pantai Pandawa.

Selengkapnya: Wisata Pantai Pandawa – Rute, Lokasi serta Fasilitas yang Tersedia

10. Taman Safari Indonesia 3 (Bali Safari & Marine Park)

Tempat Wisata di Bali – Bali Safari & Marine Park

Taman Safari Indonesia 3 atau lebih populer dengan nama Bali Safari & Marine Park (BSMP) merupakan sebuah taman safari yang berada di Desa Serongga, Kec.Gianyar.

Taman ini merupakan taman safari ke 3 di Indonesia dan merupakan “sister park” dari Taman Safari Cisarua yang terletak Bogor dan Taman Safari Indonesia 2 di Pasuruan, Jawa Timur.

11. Pantai Sanur

Tempat Wisata di Bali – Pantai Sanur

Jika sebagian besar pantai pasir putih di pulau dewata bagian selatan memiliki keindahan pemandangan matahari terbenam, berbeda dengan pantai Sanur yang memiliki keindahan pemadangan matahari terbit / sunrise.

Letak dari garis pantai Sanur yang berada di pesisir pulau dewata bagian timur membuat pemandangan matahari terbit di Pantai Sanur sangat indah sekali.

Tidak hanya pemandangan matahari terbit, Pantai Sanur juga memiliki pasir putih yang sangat bersih dan cocok untuk aktivitas berenang.

12. Pantai Lovina

Tempat Wisata di Bali – Pantai Lovina

Pantai Lovina masih kalah terkenal dibandingkan dengan Jimbaran dan Kuta. Meskipun begitu, keindahan yang ada di pantai ini tidak bisa dibandingkan dengan pantai yang lainnya.

Pasalnya, di pantai Lovina, kita disuguhi dengan keindahan hamparan pasir hitam, dan tentu saja yang paling menarik adalah para lumba-lumba yang bisa kita temui di pantai ini.

Namun, jika kita ingin melihat lumba – lumba yang menari dengan indah, sebaiknya kita datang sebelum matahari terbit. Tidak hanya satu atau dua ekor lumba – lumba, kita bisa berenang bersama puluhan dan mungkin saja ratusan lumba – lumba di  sini.

Untuk mengetahui bahwa kita sudah sampai di lokasi pantai Lovina, kita akan menemui patung lumba – lumba berukuran besar yang menjadi ikon pantai Lovina ini.

13. Pantai Karma Kandara

Tempat Wisata di Bali – Pantai Karma Kandara

Bagi yang merasa pantai Pandawa terlalu ramai untuk dikunjungi, namun menginginkan pemandangan pantai seperti pantai Pandawa, maka anda harus memilih Pantai Karma Kandara.

Pantai Karma Kandara bertetangga dengan pantai Pandawa, sama-sama berada di daerah kawasan wisata Ungasan. Oleh sebab itu pantai memiliki karater yang hampir sama.

14. Pantai Jimbaran

Tempat Wisata di Bali – Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran disukai oleh wisatawan domestik karena menawarkan aktivitas yang unik, yaitu makan malam dengan hidangan seafood bakar di pinggir pantai, sambil melihat pemandangan matahari terbenam.

Pantai Jimbaran lebih cocok dikunjungi untuk wisatawan yang sedang berbulan madu yang menginginkan makan malam romatis dipinggir pantai.

15. Museum Bali

Museum Bali

Museum ini merupakan sebuah museum penyimpanan peninggalan masa lampau manusia serta etnografi yang terletak di kota Denpasar. Jika anda senang dengan wisata kesejarahan, maka museum ini merupakan pilihan yang tepat untuk anda kunjungi.

Museum ini mengoleksi benda-benda etnografi seperti kesenian, peralatan dan perlengkapan hidup, keagamaan dan lain-lainnya, yang mencerminkan kehidupan serta perkembangan kebudayaan bali.

16. Pantai Padang Padang

Tempat Wisata di Bali – Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang terkenal karena lokasi pantai tersembunyi dibalik tebing di kawasan Pecatu. Untuk mencapai bibir pantai Padang Padang harus melalui tangga yang membelah tebing.

17. Campuhan Ridge Walk

Campuhan Ridge Walk

Campuhan Ridge Walk yang ada di Ubud ini jarang dikunjungi oleh banyak wisatawan. Pasalnya jalur menuju tempat ini yang lumayan jauh dan jarang diketahui oleh wisatawan. Tetapi percayalah, Anda tidak akan rugi bila berkunjung di tempat ini.

Di jalan trek sepanjang 9 km ini Anda akan dimanjakan oleh pemandangan bukit yang masih asri dan juga hamparan rumput hijau di sepanjang jalan.

18. Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa

Tanjung Benoa yang berbatasan dengan Nusa Dua adalah pusat dari kegiatan olahraga dan permainan air. Karakteristik Pantai Tanjung Benoa sangatlah tenang, sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis permainan air yang seru.

Jenis permainan air yang dapat anda mainkan di sini yaitu snorkel, sea walker, banana boat, parasailing, wakeboard, waterski, jetski, scuba diving, donut boat, flying fish, dan lain-lain.

Selain itu anda juga dapat pergi melihat penyu raksasa di pulau penyu dengan menaiki perahu dari Tanjung Benoa.

19. Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani merupakan salah satu pesona alam yang dimiliki pulau dewata. Danau Batur Kintamani mempunyai hawa yang sejuk dan pemandangan yang sangat mempesona. Danau Batur Kintamani adalah danau terbesar di pulau dewata yang banyak dikunjungi wisatawan karena menawarkan pemandangan yang tiada duanya.

20. Pantai Atuh

Pantai Atuh

Untuk menikmati keindahan gugusan pulau karang yang indah dan menawan, Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Thailand. Di pulau dewata ini Anda bisa menemukan pemandangan serupa tepatnya di Pantai Atuh, Nusa Peninda.

Gugusan pulau-pulau kecil serta air laut yang bersih akan membuat liburan Anda menjadi momen yang tak terlupakan.

21. Air Terjun Tegenunga

Tempat Wisata di Bali – Air Terjun Tegenunga

Air terjun biasanya identik dengan tempat yang jauh dan terpencil, tetapi untuk menemukan air terjun ini Anda tidak perlu jauh-jauh ke pelosok. Air terjun Tegenungan terletak tidak jauh dari Kota Denpasar. Air terjun dengan air yang jernih serta kawasan yang masih asri ini terletak di desa Kemenuh kecamatan Sukowati, Gianyar.

22. Devil Tears

Tempat Wisata di Bali – Devil Tears

Mau merasakan terjangan ombak? Datang aja ke Devil Tears yang terletak di Nusa Lembongan. Rasakan sensasi deburan ombak yang menabrak karang. Tinggi waterblow di lokasi ini bisa mencapai 15 meter lho.

23. Bukit Teletubbies

Tempat Wisata di Bali – Bukit Teletubbies

Siapa yang waktu kecil suka menonton tayangan Telettubbies di salah satu stasiun tv swata? Kalau pernah pasti sudah tidak asing dengan gundukan bukit hijau yang menjadi rumah bagi mereka.

Ternyata bukit dengan gundukan tanah hijau bisa kamu jumpai di dunia nyata lho, gak percaya? Datang aja ke bukit Telettubbies yang terletak di ujung timur Pulau Nusa Peninda.

24. Broken Beach

Tempat Wisata di Bali – Broken Beach

Keelokan pantai Uug atau yang lebih dikenal dengan nama Broken Beach ini tidak boleh kamu lewatkan. Pantai ini terbentuk dari lautan yang “terperangkap” oleh karang-karang raksasa sehingga membentuk sebuah kolam yang tiada duanya.

25. Monkey Forest

Tempat Wisata di Bali – Monkey Forest

Monkey Forest terletak di Ubud. Monkey Forest adalah sebuah hutan yang dihuni oleh banyak kera liar. Kera-kera ini dianggap keramat oleh penduduk setempat sehingga tidak boleh diganggu dan dibiarkan hidup di hutan.

Kera di Monkey Forest sangat menyukai makanan, mereka akan berusaha mendapatkan makanan yang anda bawa, walaupun makanan tersebut ada di dalam tas anda.

Di tempat ini anda akan menyaksikan kehidupan ratusan kera yang unik dan menarik.

Begitu banyak tempat wisata di Bali yang sudah di kenal atau justru belum diketahui banyak orang. Selain mengandalkan keindahan alam sebagai objek rekreasi, keramahan warga, potensi budaya dan keunikan kuliner bisa menjadi alasan wisatawan untuk datang ke sini.