10 Tempat Wisata di Balikpapan yang Menarik untuk Dikunjungi

Balikpapan merupakan kota dengan tingkat perekonomian terbesar di Kalimanta. Populasi kota ini adalah 701.066 orang, yang merupakan 22% dari semua penduduk Kalimantan Timur. Kota ini sendiri terdiri dari 85% wilayah perbukitan dan hanya 12% daerah daratan rendah. Seperti banyak kota di Indonesia, kota ini juga memiliki iklim tropis. Tanahnya sangat subur di sini, Anda dapat menanam hampir semua jenis buah dan sayuran. Selain itu, ada banyak tempat wisata di Balikpapan yang dapat Anda kunjungi.

Berikut beberapa tempat wisata di Balikpapan yang tidak boleh Anda lewatkan jiga Anda sedang berada di kota ini.

Daftar Tempat Wisata di Balikpapan

1. Pantai Kemala

Tempat Wisata di Balikpapan – Pantai Kemala

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, Balikpapan

Salah satu pantai terbaik di kota ini, dan tentunya salah satu pantai yang tidak boleh Anda lewatkan di sini. Pantai ini memiliki pasir yang terasa lembut di kaki kita, ombak yang tenang, dan pohon kelapa di sepanjang pantai. Di sini Anda bersantai, bermain pasir, dan berenang di laut.

Di sini juga banyak terdapat wahana permainan, seperti Banana Boat dan Flying Fox. Namun, tempat ini buka jam 8 pagi sampai jam 11 malam.

Tapi tentu saja, waktu terbaik untuk pergi ke pantai ini adalah pada senja hari, ketika Anda bisa melihat matahari terbenam. Anda juga menikmati makanan Anda yang dapat Anda beli kedai makanan terdekat sambil menikmati matahari terbenam.

Pantai Kemala berada di pusat kota Balikpapan, karena ini Anda dapat dengan jelas melihat bangunan-bangunan dari pantai ini.

2. Pantai Melawai

Tempat Wisata di Balikpapan – Pantai Melawai

Lokasi: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan

Pantai ini bukanlah pantai yang luas dengan pantai-pantai pasir yang luas pada umumnya. Saat air pasang datang, pantai ini akan tenggelam. Hanya terlihat gundukan kecil yang menyerupai bukit. Titik gundukan sebenarnya adalah batu. Orang menyebut bebatuan yang ada di tengah pantai dengan nama Pulau Tukung (Babi).

Pulau ini dapat dijangkau dengan mudah ketika air surut. Tetapi jika air pasang datang, tolong kembalilah sesegera mungkin, atau Anda bisa terjebak di sana. Di sekitar pantai, ada juga warung makanan dan minuman. Anda bisa makan makanan atau minum sambil menikmati matahari terbenam.

3. Pantai Lamaru

Tempat Wisata di Balikpapan – Pantai Lamaru

Lokasi: Desa Teritip, Balikpapan Timur

Pantai Lamaru, pantai berpagar dengan pepohonan cemara. Pantai ini memiliki pemandangan yang mengagumkan, terutama karena pepohonan cemara yang ada di sekitar pantai. Suasana tenang dan sejuk adalah hal yang dapat Anda rasakan saat mengunjungi Pantai Lamaru.

Laut, ombak, dan pepohonan adalah kombinasi yang hampir sempurna yang membuat pantai ini layak untuk Anda kunjungi.

Selain bersantai, Anda juga bisa berenang dan bermain pasir. Selain itu, ada beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini, seperti flying fox, banana boat, dan menunggang kuda.

4. Pantai Manggar Segara Sari

Tempat Wisata di Balikpapan- Pantai Manggar Segara Sari

Lokasi: Manggar Baru, Balikpapan Timur

Pantai ini juga menjadi favorit wisatawan. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat liburan. Seperti pantai lainnya, di sini juga terdapat beberapa kedai makanan dan minuman.

Di sini, Anda dapat bermain sepak bola, bermain layang-layang, bermain banana boat, voli pantai, dan bersepeda. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah bersantai di bawah pohon yang rindang.

Tempat ini buka mulai jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Pantai ini juga memiliki tempat parkir yang luas, dan fasilitas beribadah (seperti mushola).

5. Pantai Banua Patra

Tempat Wisata di Balikpapan – Pantai Banua Patra

Lokasi: Perapatan, Balikpapan

Pantai yang memiliki banyak bebatuan karang ini juga dapat Anda jadikan tujuan wisata Anda saat berada di Balikpapan. Kebanyakan wisatatawan datang ke sini untuk menyaksikan matahari terbenam.

Namun, pantai ini tidak baik untuk berenang, karena karang yang dapat melukai tubuh Anda.

Pantai yang indah ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman Anda.

6. Ruko Bandar

Tempat Wisata di Balikpapan – Ruko Bandar

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu

Ruko Bandar merupakan pusat kuliner terkenal di kota ini. Anda dapat menemukan banyak restoran, kedai makanan, atau kafe di sini. Di sini, Anda dapat menikmati apa pun yang Anda inginkan, berdasarkan selera dan tentu saja budget Anda.

Tempat nya yang terletak di tepi laut dan berlantaikan kayu ulin, menawarkan suasana santai nan mewah kepada pengunjung.

7. Taman Bekapai

Tempat Wisata di Balikpapan – Taman Bekapai

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu

Taman Bekapai merupakan tempat yang cocok jika Anda ingin bersantai dan menikmati malam di Balikpapan. Taman ini dirancang dengan indah, Anda dapat melihat pesonanya di malam hari.

Terletak di pusat kota, Taman Bekapai menjadi tempat favorit untuk nongkrong bagi para remaja. Ada juga wifi gratis di sini, bagi yang membutuhkannya.

Ada juga beberapa gerai makanan dan toko minuman di sekitar taman. Jadi Anda dapat membeli makanan dan minuman Anda sebelum memakannya sambil duduk di taman.

8. Penangkaran Buaya Teritip

Tempat Wisata di Balikpapan – Penangkaran Buaya Teritip

Lokasi: Jl. Mulawarman, Teritip

Kawasan ini merupakan tempat penangkaran khusus unutk buaya. Banyak buaya dengan ukuran jumbo di Teritip.

Ada sekitar lebih dari seribu buaya di tempat penangkaran ini, dari buaya muara biasa hingga dua spesies yang hampir punah, buaya air tawar dan buaya supit.

Tempat seluas 5 ha, dan buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Di sini, Anda juga bisa memberi makan buaya, dengan ayam yang harganya sekitar 10 ribu rupiah. Anda juga bisa mencicipi sate buaya.

Selain sate, Anda juga bisa membeli produk yang terbuat dari kulit buaya, seperti dompet, tas, ikat pinggang, atau jam tangan.

9. Desa Terapung Margasari

Tempat Wisata di Balikpapan – Desa Terapung Margasari

Desa ini disebut Margasari, dan berada tepat di atas air. Desa ini sangat populer di kota ini.

Sebelumnya, desa ini kelihatan sangat kumuh dan rusak oleh api. Namun setelah dirancang dan dibangun kembali dengan indah oleh pemerintah, sekarang menjadi tempat yang menarik bagi para wisatawan.

Pemandangan unik desa seluas 6,7 hektar yang berdiri di sepanjang jembatan dari kayu ulin, dan terletak di atas laut ini tentunya sangat memikat.

Di sini juga terdapat gazebo-gazebo yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai.

10. Kawasan Konservasi Mangrove Margomulyo

Tempat Wisata di Balikpapan – Hutan Bakau Margomulyo

Lokasi: Margo Mulyo, Balikpapan Barat

Obyek wisata ini cocok untuk Anda yang menginginkan udara segar serta suasana yang asri dan hijau. Anda dapat berjalan-jalan di kawasan ini dengan melewati jembatan kayu yang membelah hutan sepanjang 800 meter.

Di sepanjang jembatan, Anda akan disuguhi pemandangan pepohonan yang hijau dan terlihat menyegarkan.

Selain pemandangan alamnya, Anda juga dapat bertemu dengan penduduk habitatnya, seperti berbagai jenis burung dan bekantan.

Untuk dapat melihatnya dengan lebih jelas, Anda dapat menggunakan fasilitas menara intai. Kabar baiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dapat masuk ke dalam Hutan Bakau Margomulyo.

Namun ingat, Anda harus sangat menjaga kebersihan agar ekosistem alam di sana tidak terganggu.

Itulah beberapa tempat wisata di Balikpapan yang menarik untuk Anda kunjungi. Salah satu Kota yang berada di Kalimantan Timur ini memiliki banyak aset wisata yang cukup menarik yang dapat kita temukan saat berada di sini.