15 Tempat Wisata di Makassar yang Menarik untuk Dikunjungi

Kota Makassar telah menjadi pusat perdagangan sejak awal abad keenam belas. Sebagai salah satu kota bisnis tersibuk di Indonesia, kota ini disinggahi oleh banyak orang. Meskipun terkadang diabaikan sebagai tujuan wisata, tapi sebenarnya ada banyak tempat wisata di Makassar yang menarik yang dapat Anda kunjungi.

Dengan akar sejarahnya yang kuat, banyak makanan lezat, dan juga pemandangan yang menakjubkan, ada banyak alasan untuk menjadikan Makassar calon tempat liburan Anda berikutnya.

Daftar Tempat Wisata di Makassar

1. Pantai Losari

Tempat Wisata di Makassar – Pantai Losari

Lokasi: Losari, Ujung Pandang

Daya tarik utama di Makassar, Pantai Losari adalah tempat yang menawarkan pemandangan yang indah. Pantai Losari adalah satu-satunya kawasan paling ramai di Makassar, tetapi sekaligus menyenangkan.

Pantai ini sebagian besar adalah tanah reklamasi.  Tidak ada akses langsung ke pantai. Jadi semacam promenade (tempat untuk berjalan-jalan) dibangun di dekat perairan, dan promenade ini merupakan tempat terbaik untuk nongkrong di pantai ini, bukannya di atas pasir. Dan di sini banyak terdapat kedai makanan lokal dan lampu-lampu neon besar.

Pantai Losari adalah salah satu tempat paling indah untuk melihat matahari terbit dan terbenam di Makassar.

2. Masjid Amirul Mukminin

Tempat Wisata di Makassar – Masjid Amirul Mukminin

Lokasi: Losari, Ujung Pandang

Dibangun pada tahun 2009, Masjid Amirul Mukminin, juga dikenal sebagai masjid “terapung”, bertumpu pada air Pantai Losari. Masjid ini terletak di kawasan Pantai Losari.

Peluang fotografi terbaik terjadi saat air pasang, ketika air, memberikan ilusi dari masjid terapung, menyembunyikan pilar-pilar penyangga masjid.

Pengunjung dari semua agama diterima di sini. Jika Anda berkunjung ke Pantai Losari pada waktu sore hari, Anda mungkin bisa menikmati mendengar azan sambil menikmati matahari terbenam pada saat yang sama.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Selatan

3. Benteng Rotterdam

Tempat Wisata di Makassar – Benteng Rotterdam

Lokasi: Bulo Gading, Ujung Pandang

Benteng kekuasaan kolonial Belanda di tahun 1600-an dan merupakan salah satu peninggalan sejarah penting di kota ini. Benteng Rotterdam terdiri dari bangunan-bangunan tua Belanda, dengan beberapa dari bangunan tersebut dialih fungsikan menjadi museum. Museum ini terutama didedikasikan untuk sejarah Makassar.

Selengkapnya: Benteng Rotterdam – Tempat Wisata Bersejarah Terbaik di Sulawesi Selatan

4. Pulau Samalona

Tempat Wisata di Makassar – Pulau Samalona

Lokasi: Lae-Lae, Ujung Pandang

Dikelola oleh komunitas lokal, Pulau Samalona adalah pulau yang sering dikunjungi. Untuk mencapainya dibutuhkan waktu 45 menit naik perahu dari Makassar.

Kebanyakan wisatawan mengunjungi ini untuk snorkeling dan menyelam, serta menikmati keindahan pantainya. Snorkeling di sini sangat ideal, karena terdapat berbagai macam karang dan ikan yang menarik. Restoran pantai lokal menawarkan hidangan seafood, dimasak dengan gaya lokal Makassar.

Selengkapnya: Pulau Samalona – Rute, Lokasi serta Fasilitas Yang Tersedia

5. Pulau Lae-Lae

Tempat Wisata di Makassar – Pulau Lae Lae

Lokasi: Lae-Lae, Ujung Pandang

Pulau Lae-Lae adalah sebuah pulau di Sulawesi Selatan yang memiliki sejarah reruntuhan Jepang. Luas total pulau ini sekitar 6,5 hektar dengan pasir putih dan ditempati oleh 2.000 penduduk.

Salah satu daya tarik utama di sini selain pantainya adalah situs reruntuhan perang, seperti terowongan bawah tanah yang konon terhubung dengan benteng rotterdam di Kota Makassar.

Selengkapnya: Wisata Pulau Lae-Lae – Lokasi, Akses serta Fasilitas yang Tersedia

6. Pulau Khayangan

Tempat Wisata di Makassar – Pulau Khayangan

Lokasi: Lae-Lae, Ujung Pandang

Sebuah pulau ini merupakan pulau kecil, dengan seluas 2 hektar, yang terletak tidak juh dari Makassar. Pulau karang kecil ini sangat populer di kalangan wisatawan. Pulau Khayangan ini terkenal akan pemandangan nya yang eksotis.

Pulau ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai, melepas penat dari hiruk pikuk kehidupan di perkotaan. Kawasan ini juga memiliki fasilitas lengkap, seperti resort, panggung hiburan, guesthouses, restoran, arena olahraga, taman bermain, dan tempat memancing.

Selengkapnya: Wisata Pulau Khayangan – Lokasi, Akomodasi serta Fasilitas yang Tersedia

7. Somba Opu Shopping Center

Somba Opu Shopping Center

Lokasi: Jl. Somba OPU, Ujung Pandang

Somba Opu Shopping Center dikenal sebagai area perbelanjaan yang menjual berbagai macam souvenir, kerajinan tangan, kain tenun, emas dan banyak lagi. Terletak di dekat Pantai Losari.

8. Pelabuhan Paotere

Tempat Wisata di Makassar – Pelabuhan Paotere

Lokasi: Gusung, Ujung Tanah

Salah satu pelabuhan tertua di Indonesia, Pelabuhan Paotere dipenuhi dengan kapal-kapal indah. Pelabuhan Paotere dulu nya merupakan pusat perdagangan utama di masa jayanya.

Penuh dengan kapal berwarna-warni, wisatawan dapat naik ke kapal dengan tarif Rp. 50.000,-. Kawasan pelabuhan ini adalah tempat yang indah untuk dilihat dari kapal.

Di sini juga pengunjung dapat melihat pasar ikan dan kehidupan sehari-hari nelayan di sekitar pelabuhan Makassar.

9. Pulau Kodingareng Keke

Tempat Wisata di Makassar – Pulau Kodingareng Keke

Lokasi: P.Kodingareng, Ujung Tanah

Pulau Kodingareng Keke adalah pulau kecil dan indah, menawarkan pantai pasir putih, air laut yang jernih, dan dikelilingi oleh terumbu karang yang indah.

Pulau Kodingareng Keke dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 hingga 1 jam perjalanan dengan perahu dari Makassar. Di pulau ini juga bagus untuk Sunbathing, Berenang, Snorkeling, Menyelam, Fotografi Bawah Air dan lain-lain beberapa kegiatan laut yang menyenangkan.

10. Pulau Langkai

Tempat Wisata di Makassar – Pulau Langkai

Lokasi: Barrang Candi, Ujung Tanah

Pulau seluas 27 ha ini merupakan salah satu pulau terluar di Makassar. Letaknya sekitar ±36 km dari Makassar. Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang seluas 142 ha ini menawarkan panora nan indah dan eksotis.

Pulau yang dihuni oleh mayoritas nelayan ini merupakan salah satu destinasi yang layak untuk Anda kunjungi saat berada di Makassar. Untuk akses ke kawasan ini, Anda dapat menyewa perahu motor nelayan dari Dermaga Kayu Bangkoa dengan lama waktu tempuh sekitar 2,5 jam.

Banyak hal menarik yang dapat Anda lakukan di sini. Seperti berjalan-jalan mengelilingi pulau yang banyak ditumbuhi pohon kelapa, berenang di pantai, snorkeling, diving, serta memancing.

11. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar

Lokasi: Maccini Sombala, Tamalate

Mall terintegrasi ini dilengkapi dengan taman hiburan dalam ruangan, yang menjadikannya tempat yang menarik untuk makan, berbelanja dan bersenang-senang dengan keluarga, tanpa harus berurusan dengan panas yang menyengat.

Trans Studio Makassar adalah salah satu mall paling modern di Makassar. Taman hiburan nya juga merupakan taman hiburan dalam ruangan terbesar ketiga di dunia, dengan banyak wahana permainan yang menarik. Tempat liburan terbaik untuk keluarga.

12. Taman Maccini Sombala

Tempat Wisata di Makassar – Taman Maccini Sombala

Lokasi: Maccini Sombala, Tamalate

Sebuah ruang terbuka hijau seluas kurang lebih 4 hektar ini bisa Anda jadikan sebagai tempat berlibur alternatif di kota ini. Taman ini Didesain cukup menarik, serta dilengkapi berbagai fasilitas, seperti area jogging, bangku duduk, gazebo, jalur sepeda, tempat memancing,  air mancur, dll.

13. Bugis Waterpark

Tempat Wisata di Makassar – Bugis Waterpark

Lokasi: Antang, Mangggala

Bugis Waterpark merupakan taman air paling favorit di Makassae. Di sini terdapat banyak kolam untuk berbagai usia, berbagai wahana air, taman burung dan atraksi budaya lainnya. Waterpark ini sangat terawat dengan baik dan airnya bersih sehingga cocok untuk berenang dan bermain. Tempat ini juga memiliki staf yang memadai, untuk menjamin keselamatan Anda di kolam renang.

Bugis Waterpark juga dikenal karena menyajikan festival musik, yang menarik orang banyak untuk melihat live music sambil berenang.

14. Desa Wisata Lakkang

Tempat Wisata di Makassar – Desa Wisata Lakang

Lokasi: Lakkang, Tallo

Terletak di delta Sungai Tallo dan Pampang, desa ini menawarkan keindahan alam pedasaan, seperti hamparan sawah, kolam ikan, hutan bakau, hutan bambu Sungai Tallo dan sungai Pampang, hingga Bunker peninggalan Jepang.

15. Pantai Akkarena

Tempat Wisata di Makassar – Pantai Akkarena

Lokasi: Sambung Jawa, Mamajang

Pantai Akkarena adalah pantai pasir hitam yang menakjubkan dan merupakan pilihan yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga. Pantai Akkarena tidak hanya menawarkan pantai yang indah, tetapi juga menawarkan berbagai fasilitas, termasuk taman bermain (dengan jungkat-jungkit, ayunan dan papan luncur), kursi santai, restoran dan taman.

Anda dapat melakukan berbagai olahraga air dan berbagai permainan seperti banana boat, jet sky, dan ATV, tetapi Anda juga dapat bersantai, menikmati pantai Akkarena yang indah.

Sangat kaya akan sejarah, budaya, agama dan hiburan, Makassar adalah kota yang pasti ingin Anda kunjungi. Kota ini mungkin tidak seperti Bali maupun Lombok, tapi tetap saja banyak tempat wisata di makassar yang menyajikan suatu nilai lebih yang dapat Anda nikmati.