10 Tempat Wisata di Palembang yang Menarik Dikunjungi

Di antara banyak kota di Indonesia yang memiliki tempat-tempat eksotis untuk pariwisata, Palembang adalah salah satunya. Palembang adalah ibukota provinsi Sumatera Selatan, dan juga kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Palembang adalah pusat sejarah Sriwijaya, salah satu kerajaan Buddha terbesar di Asia Tenggara pada abad ke-9.

Sama seperti kota-kota lain di Sumatera, Kota Pempek juga memiliki banyak tempat rekreasi yang menarik. Berikut beberapa tempat wisata di Palembang yang tidak boleh Anda lewatkan.

Daftar Tempat Wisata di Palembang

1. Sungai Musi

Tempat Wisata di Palembang – Sungai Musi

Sungai Musi (panjangnya sekitar 750 km) adalah sungai terpanjang di Sumatra. Mengalir melintasi kota, sungai yang tenang ini digunakan sebagai salah satu jalur transportasi utama di kota ini.

Saat ini, Sungai Musi juga menjadi tujuan wisata, di mana Anda dapat mengarungi sungai dengan perahu sambil menikmati lingkungan sekitar.

Terdapat beberapa tempat menarik yang bisa Anda kunjungi di sepanjang sisi sungai. Di antaranya, restoran terapung, Desa Arab, dan Benteng Kuto Besak.

Jika Anda berkunjung ke sana di malam hari, Anda dapat menyaksikan matahari terbenam dengan indah.

2. Pulau Kemaro

Tempat Wisata di Palembang – Pulau Kemaro

Pulau Kemaro terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera, tepat di tengah Sungai Musi. Anda dapat mencapai pulau ini dengan perjalanan 30 menit dengan perahu tradisional dari Jembatan Ampera. Di pulau ini terdapat sebuah kuil Buddha yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Tempat menarik lainnya di Pulau Kemaro adalah pagoda 9 tingkat yang dibangun pada 2006, kuil dewi Kwan Im dan patung dewa Cina lainnya, dan “pohon cinta”.

3. Taman Wisata Alam Punti Kayu

Tempat Wisata di Palembang – Taman Wisata Alam Punti Kayu

Berlokasi di Kec. Alang-Alang Lebar, Taman Wisata Alam Punti Kayu dikenal sebagai satu-satunya taman hutan di kota ini dan juga taman hutan pinus terbesar di Indonesia.

Dengan luas sekitar 50 hektar, taman ini memiliki fasilitas yang cukup bagus untuk pengunjung, bahkan terdapat 3 spot berkemah untuk anak-anak pramuka dan penggemar berkemah.

Banyak hal menarik yang dapat Anda lakukan di sini. Di antaranya, piknik, berenang, mencoba perahu dayung, menunggang kuda, menyaksikan atraksi gajah, atau mengunjungi kebun binatang atau tempat peternakan buaya.

Selain itu, beberapa miniatur ikon dari beberapa negara juga ada di sini. Seperti miniatur menara pizza, menara eifel, kincir angin, dll.

4. Jembatan Ampera

Tempat Wisata di Palembang – Jembatan Ampera

Jembatan Ampera merupakan ikon kota Palembang. Pembangunannya dimulai pada 1962, dan butuh waktu 3 tahun untuk menyelesaikannya. Berdiri di sepanjang Sungai Musi, jembatan sepanjang 1.117 meter ini menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Awalnya, bagian tengah jembatan bisa diangkat sehingga kapal-kapal berukuran besar bisa berlayar dari bawah jembatan. Meskipun demikian, lifting dihentikan pada tahun 1970 karena gangguan lalu lintas yang disebabkannya.

Waktu terbaik mengunjungi Jembatan Ampera ialah pada malam hari. Pemandangan di sekitar Jembatan Ampera terlihat lebih indah dan glamor di malam hari karena ribuan lampu menghiasi jembatan. Sekitar 50 meter dari jembatan Anda dapat menemukan pasar tempat Anda dapat membeli makanan dan suvenir.

5. Benteng Kuto Besak

Tempat Wisata di Palembang – Benteng Kuto Besak

Berdiri kokoh di sisi Sungai Musi, sebuah benteng yang dulunya berfungsi sebagai istana kerajaan pada masa kesultanan Palembang Darussalam di abad ke-18.

Tepat dari atas benteng yang terletak di sebelah jembatan Ampera ini, Anda dapat menikmati menyaksikan kapal berlayar di sepanjang Sungai Musi. Dan pemandangan terbaik yang bisa Anda dapatkan terutama pada malam hari.

6. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin adalah masjid terbesar di kota ini. Gaya arsitekturnya merupakan kombinasi gaya Indonesia, Eropa dan Cina.

Di sebelah masjid berlokasi tidak jauh dari Jembatan Ampera ini, terdapat 2 pasar, di mana Anda dapat membeli berbagai souvenir, seperti kain tenun, kerajinan kayu, atau kuliner lokal.

7. Masjid Cheng Ho

Tempat Wisata di Palembang – Masjid Cheng Ho

Masjid yang berlokasi di Kec. Seberang Ulu 1 ini, memiliki gaya arsitektur khas Cina dan dicampur dengan sedikit gaya arsitektur Melayu. Oleh karena itu masjid ini lebih mirip sebuah pagoda daripada sebuah masjid. Pengunjung ke masjid ini bahkan berasal dari negara lain seperti Malaysia, Taiwan, dan Singapura.

8. OPI Water Fun

Tempat Wisata di Palembang – OPI Water Fun

Taman Wisata Air yang berlokasi di Kec. Seberang Ulu 1 ini menyajikan berbagai wahana permainan air yang menghibur. Merupakan tempat yang sangat cocok untuk berekreasi bersama keluarga. Selain kolam renang dan berbagai wahana permainan air sebagai fasilitas utama, di sini juga terdapat beberapa fasilitas penunjang seperti gazebo, tenda untuk beristirahat, shower dan mall.

9. Taman Burung

Tempat Wisata di Palembang – Taman Burung Palembang

Berlokasi di dekat OPI water Fun, Taman Burung ini merupakan salah satu kawasan wisata keluarga terbaik di kota ini. Terdapat sekitar 3.000 burung dari berbagai spesies yang ada di tanah air yang dikoleksi oleh taman ini. Di sini pengunjung juga diberikan kebebasan berinteraksi dengan hewan yang ada. Selain itu, Anda juga bisa berfoto bersama hewan dan memberikan mereka makan secara langsung.

Selain burung, di tempat ini juga terdapat beberapa jenis hewan lain seperti reptil, ikan, kucing dan hewan mamalia.

10 Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya

Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya

Di dekat tepian sebelah utara Sungai Musi, tepatnya di Kel. Karang Anyar, terletak sisa-sisa peradaban kuno, dan pengunjung bebas untuk melihat situs bersejarah ini. Sebelumnya dikenal sebagai situs arkeologi Karanganyar, dan sangat diyakini bahwa tempat ini dulunya merupakan pusat Kerajaan Sriwijaya kuno.

Dari hasil penggalian, di kawasan ini terdapat saluran air, waduk, dan pulau terapung (yang disebut balai kambang), relik seperti keramik Cina, patung Buddha, manik-manik, dan tembikar yang semuanya terkait dengan Kerajaan Sriwijaya.

Masih banyak tempat wisata di Palembang lainnya. Meskipun demikian, yang disebutkan dalam artikel ini merupakan objek-objek wisata terpopuler yang ada di kota pempek ini.

(4,6 - 5 votes)