20 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Menarik Dikunjungi

Berlibur ke Korea Selatan memang pasti sangat menyenangkan. Banyak tempat wisata di Korea Selatan yang sangat menarik dan indah. Nah, bagi anda yang ingin berlibur serta berkunjung ke negeri gingseng tersebut, tidak ada salahnya jika mengetahui terlebih dahulu tempat wisata di Korea Selatan mana yang paling menarik untuk Anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Korea Selatan

1. N Seoul Tower

Tempat Wisata di Korea Selatan – N Seoul Tower

N Seoul Tower adalah sebuah menara yang dijadikan observasi dan komunikasi, yang letaknya di sebuah gunung bernama Gunung Namsan di Kota Seoul. Menara ini memiliki ketinggian mencapai 236,7 m, yang merupakan Landmark dari Seoul.

Daya tarik yang disuguhkan N Seoul Tower adalah banyaknya bahkan sampai ribuan dari gembok cinta berwarna-warni, dengan memiliki bentuk berbeda-beda yang digantung di pohon dan pagar yang ada di bawah menara.

Di menara ini juga terdapat toko, museum dan restoran yang terletak dibagian dasar menara. Dan cara menempuhnya, bisa menggunakan jalan raya, naik cable car dan mendaki tangga.

2. Istana Gyeongbokgung

Tempat Wisata di Korea Selatan – Istana Gyeongbokgung

Salah satu tempat wisata di Korea Selatan yang wajib Anda kunjungi. Terletak di jantung Kota Seoul, Istana Gyeongbokgung salah satu bangunan/istana paling ikonik di negara ini. Istana terbesar dari 5 istana besar di Korea yang masih ada ini dulunya merupakan istana kerajaan utama saat dinasti Joseon memerintah. Istana ini dibangun pada tahun 1395 dan digunakan sebagai tempat tinggal para raja, ratu, dan para selir.

Anda dapat mengikuti tour berkeliling kompleks istana ini serta melihat setiap ruangan yang ada dengan kompleksita struktur bangunan dan ukirannya, serta keindahan taman-taman yang terdapat di kompleks isatana ini.

Di dalam kawasan istana ini terdapat 2 museum, yaitu Museum Korea dan Museum Istana Nasional Korea.

3. Istana Changgyeonggung

Tempat Wisata di Korea Selatan – Istana Changgyeonggung

Terletak di pusat kota Seoul, salah satu dari istana 5 besar di Korea dibangun pada saat masa pemerintahan Raja Sejong (memerintah 1418-1850) yang merupakan raja ke-4 dari Dinasti Joseon.

Anda dapat mengikitu tour berkeliling kompleks istana yang menawarkan keanggunan gaya arsitektur istana ini. Di kompleks istana ini Anda dapat menemukan kolam dengan jembatan lengkung di atasnya, kantor raja, kamar raja, kamar ratu, batu dengan status pejabat yang diukir di halaman, serta berbagai bangunan lainnya dengan detail struktur bangunan dan ukiran yang rumit.

4. Pulau Jeju

Tempat Wisata di Korea Selatan – Pulau Jeju

Salah satu tempat wisata di Korea Selatan yang menjadi favorit para wisatawan. Pulau yang dikenal juga dengan nama lain Jejudo ini adalah pulau terbesar yang ada di negara ini. Pulau ini juga memiliki keindahan yang eksotik dan banyak yang bilang hampir sama dengan pulau Bali yang ada di Indonesia.

Jeju adalah pulau yang sering dijadikan tempat honeymoon dan paling popular di dunia. Pulau Jeju juga memiliki julukan sebagai Island of The Gods, karena pulau ini memang memiliki keindahan alam terbuka yang meliputi padang rumput, tebing, gunung, air terjun dan padang bunga liar yang indah.

5. Pulau Nami

Tempat Wisata di Korea Selatan – Pulau Nami

Satu lagi tempat wisata di Korea Selatan yang wajib Anda kunjungi. Pulau Nami adalah sebuah delta dengan pemandangan alam yang indah yang terletak di Sungai Han, tepatnya di Kota Chuncheon, Provinsi Gangwon-do, Korea Selatan. Bentuknya yang seerti bulan separo juga menjadi salah satu keunikan tersendiri dari pulau ini.

Pemandangan alam di pulau ini bisa dibilang sangat romantis dan indah. Karena pada dua sisi pulau ini, terdapat pepohonan sangat rindang, dan memiliki warna yang sangat keren.

Pada musim dingin, gugur, semi maupun panas, pulau ini akan memiliki cita rasa pemandangan yang berbeda-beda tetapi masih indah dilihat mata.

Bagi anda yang ingin berkunjung, disarankan sebaiknya waktu yang tepat adalah pada waktu musim gugur.

6. Jinhae

Tempat Wisata di Korea Selatan – Jinhae

Jinhae atau Jinhae-gu adalah sebuah distrik di kota Changwon-si, provinsi Gyeongsangnam-do, Korsel, sekitar 1 jam dari Busan. Jinhae ini sendiri identik dengan bunga cherry atau sakura.

Ya, Jinhae memiliki banyak sekali pohon sakura baik yang tersebar di kota maupun terkonsentrasi di beberapa tempat. Setiap musim semi, kota ini dibanjiri turis yang ingin melihat pohon-pohon bunga sakura yang bermekaran.

Selain itu, pada musim semi, Jinhae juga terkenal dengan festival bunga sakuranya (Jinhae Gunhangje Festival atau Jinhae Cherry Blossom Festival) yang diadakan setahun sekali.

Pada festival ini para pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan bunga sakura, tetapi juga aneka kuliner di stan makanan, dan juga permainan serta pertunjukan live.

7. Taman Hiburan Lotte World dan Everland

Tempat Wisata di Korea Selatan – Lotte World

Korea Selatan punya dua andalan taman hiburan, yaitu Lotte World dan Everland. Satunya berada di Seoul dan satunya berada di Kota Yongin. Dua-duanya menawarkan suasana dan atraksi hiburan yang berbeda.

Lotte World terkenal dengan theme park indoornya yang sering dipakai sebagai lokasi syuting film, sementara Everland terkenal dengan taman bunga serta bangunan-bangunannya yang indah seperti di negeri dongeng.

Lotte World terdiri dari theme park indoor, taman hiburan outdoor, museum, mall, bioskop, sebuah hotel mewah, serta fasilitas olahraga.

Tempat Wisata di Korea Selatan – Everland

Sementara Everland memiliki theme park, kebun binatang, arena balap, serta aneka wahana dan petualangan outdoor yang terbagi dalam 5 zona berbeda, yaitu: Zoo-Topia, European Adventure, Magic Land, American Adventure, dan Roller Coasters. Keduanya memiliki keistimewaan dan kelebihan masing.

8. Cheonggyecheon Stream

Tempat Wisata di Korea Selatan – Cheonggyecheon Stream

Cheonggyecheon Stream adalah sungai sepanjang 8,4 km yang mengalir di tengah kawasan pusat bisnis Kota Seoul. Sungai ini memiliki tempat berjalan di kedua sisinya (layaknya Sungai Seine di Paris) dan dihiasi dengan karya seni, patung, taman, jembatan, air terjun serta pertunjukan sinar laser yang bisa dinikmati pada malam hari.

Cheonggyecheon Stream merupakan primadona wisata baru di kota Seoul, dan menjadi tempat duduk dan jalan-jalan favorit warganya, khususnya pasangan anak muda.

Tempat ini juga merupakan tempat diadakannya Lantern Seoul Festival, yaitu festival lampion yang diadakan setahun sekali yang merupakan salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu.

9. Hanok Village

Tempat Wisata di Korea Selatan – Hanok Village

Bagi yang ingin mengenal budaya serta arsitektur khas negeri gingseng ini, Anda pasti ingin datang dan melihat langsung suasana serta bangunan khas pedesaannya. Salah satu tempat yang pasti menarik bagi Anda ialah Bukchon Hanok Village

Bukchon Hanok Village merupakan sebuah desa tradisional di Seoul, dengan sejarah panjang dan terletak antara Gyeongbok Palace, Istana Changdeok dan Jongmyo Shrine.

Di sini Anda tidak hanya bisa merasakan atmosfer desa yang khas tetapi juga melihat dan merasakan langsung kebudayaan mereka. Bahkan Anda juga bisa merasakan hidup di rumah tradisional dengan menginap di penginapan-penginapan hanok yang ada.

10. Museum Nasional Korea

Tempat Wisata di Korea Selatan – Museum Nasional Korea

Merupakan museum terbesar di Korea Selatan yang menyimpan koleksi benda-benda dan artefak bersejarah yang menceritakan sejarah Korea dari zaman prasejarah hingga periode kekaisaran di Korea (1897–1910).

Ada 3 ruangan pameran dalam museum ini, yakni ruangan yang menggambarkan “Sejarah Orang Korea” dari masa prasejarah hingga Dinasti Joseon pada tahun 1910, ruangan “Gaya Hidup Orang Korea”, dan ruangan “Siklus Hidup Orang Korea dari Lahir sampai Mati”.

11. Olympic Park

Tempat Wisata di Korea Selatan – Olympic Park

Olympic Park merupakan sebuah kompleks olahraga Olympic yang berada di distrik Songpa, Kota Seoul. Di masa lampau, daerah ini adalah tempat peternakan ulat sutra di masa Dinasti Joseon. Di taman Olympic ini, terdapat sebuah bangunan yang disebut pintu gerbang perdamaian (peace gate)

Anda akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mengeksplorasi taman ini karena areanya yang luas. Tetapi, Anda dapat menaiki kereta Hodori (Hodori road train) yang terdapat di sebelah pintu gerbang perdamaian.

Olympic Park terbagi dalam beberapa zona, di antaranya Taman Seni Budaya, Taman Rekreasi Olahraga, Taman Lingkungan Hidup, dan Taman Pengalaman Sejarah.

12. Myeong-dong

Tempat Wisata di Korea Selatan – Myeong-dong

Bagi Anda yang hobi belanja, ini dia tempat wisata di Korea Selatan yang bisa memenuhi hasrat Anda untuk berbelanja sepuasnya. Myeong-dong adalah surga belanja di Korsel. Berbagai mode pakaian terbaru di Negeri Gingseng dapat Anda temukan di ini. Jika Anda ingin mengetahu tren pakaian di sana, kunjungilah Myeongdong.

Selain pakaian, di sini juga banyak dijual berbagai produk kosmetik mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Tak kalah seru, Anda dapat menemukan berbagai santapan kuliner yang menarik di Myeongdong ini, mulai dari jajanan pinggir jalan hingga tempat makan. Inilah sebab mengapa Myeongdong begitu favorit di kalangan para wisatawan.

13. Mueseum Peringatan Perang Korea

Tempat Wisata di Korea Selatan – Mueseum Peringatan Perang Korea

Museum ini berdiri di areal lahan yang luasnya 20 ribu m², terletak di kawasan Yongsan-Gu, Seoul. Museum besar ini mendokumentasikan sejarah Perang Korea (1950–1953), baik dalam bentuk rekaman dokumenter hitam-putih, artefak seperti senjata, seragam, dan peta.

Di halamannya yang luas, Anda dapat menemukan berbagai macam kendaraan dan alat tempur yang pernah digunakan selama Perang Korea.

Selain itu juga terdapat lukisan dan pajangan panoramik yang menggambarkan banyak pertempuran sengit yang dilakukan untuk melawan pasukan Mongol, Jepang, dan Cina yang pernah menyerbu Korea.

Terdapat banyak layar interaktif dalam museum dengan teknologi touchscreen yang dapat memberi pengetahuan bagi Anda. Untuk menikmati perjalanan wisata ke monumen ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

14. Pulau Ganghwado

Tempat Wisata di Korea Selatan – Pulau Ganghwado

Pulau yang berjarak hanya 1 jam dari Kota Seoul ini adalah pulau terbesar kelima di Korea dan merupakan salah satu dari banyak pulau yang dapat ditemukan di Incheon di barat laut Korea. Pada abad ke-19, pulau ini digunakan sebagai salah satu benteng pertahanan Korea saat melawan Prancis. Oleh karena itu, selain keindahan alam pulaunya, juga banyak terdapat situs bersejarah di kawasan pulau ini.

Terdapat beberapa tempat menarik yang dapat Anda kunjungi di pulau ini, diantaranya:

  • Istana Goryeogungji. Sebuah istana kecil yang telah dipugar sebagian, yang berasal dari dinasti Goryeo (918–1392)
  • Gereja Anglikan Ganghwa. Berada tidak jauh dari istana Goryeogungji, gereja ini cukup terkenal dengan gaya arsitektur kuil tradisional Korea.
  • Bomun-sa. Sebuah kuil indah ini dibangun di dalam sebuah goa dengan ukiran patung Buddha dari batu setinggi 10m di dekatnya.
  • Gunung Mani-san. Terdapat 900 anak tangga untuk mencapai puncaknya, namun dari puncak gunung ini, Anda dapat menemukan pemandangan yang mewan.
  • Ganghwa Dolmen Park. Sebuah tempat di mana terdapat 3 batu raksasa yang menumpuk menjadi makam megalitik.

15. Pocheon Art Valley

Tempat Wisata di Korea Selatan – Pocheon Art

Sebuah lembah di dekat kota Pocheon ini dulunya merupakan daerah tambang yang beralih fungsi menjadi kawasan wisata yang indah. Di kawasan ini terdapat sebuah danau cantik berwarna pirus yang sangat kontras dengan tebing tebing curam yang mengitarinya.

Di tengah danau terdapat sebuah panggung terbuka Ada panggung terbuka yang terkadang digunakan sebagai tempat pertunjukan seni.

16. Jindo Sea Parting

Tempat Wisata di Korea Selatan – Jindo Sea Parting

Salah satu fenomena alam yang sangat langka ini merupakan salah satu primadona tempat wisata di Korea Selatan. Jindo Sea Parting (Pemisah Laut Jindo) merupakan “jembatan” alami yang membelah laut Jindo. Jembatan alami yang menghubungkan Pulau Jindo dan Pulau Mondo ini merupakan hasil akumulasi dari kerikil dan pasir yang terkumpul akibat pasang.

Setiap tahun di musim semi atau musim panas, jalan tanah sempit yang panjangnya sekitar 2,9 kilometer dan lebar hingga 40 meter ini muncul selama sekitar satu jam pada empat hari berturut-turut. Pada saat jalan ini muncul, sejumlah festival akan digelar di kawasan ini, dan turis berbondong-bondong untuk menyaksikan fenomena alam yang sangat langka ini.

17. Benteng Hwaseong

Tempat Wisata di Korea Selatan – Benteng Hwaseong

Benteng yang luar biasa merupakan salah satu bukti nyata dari kekuatan militer serta sejarah Korea yang unik. Berlokasi di Kota Suwon, benteng ini dibangun oleh Raja Jeongko pada tahun 1974-1976.

Di dalam kompleks benteng dengan tembok sepanajang 6km ini terdapat istana, 8 gerbang utama benteng, serta menara-menara jaga dan menara gerbang.

Setiap musim gugur, di kawasan ini diadaka Festival Budaya Suwan Hwaseng – yang menampilkan pertunjunkan seni serta pameran budaya lainnya.

18. Korean Folk Village

Tempat Wisata di Korea Selatan – Korean Folk Village

Berlokasi di Kota  Yongin, Korean Folk Village merupakan tempat wisata di Korea Selatan yang akan membawa Anda kembali ke masa lalu, di mana Anda dapat menyaksikan serta mengalami budaya dan gaya hidup selama periode Dinasti Joseon.

Di kawasan seluas 243 ha ini dibangun kembali sebuah desa khas Korea pada masa Dinasti Joseon, di mana Anda dapat berjalan-jalan di jalan tanah yang dipenuhi oleh bangunan-bangunan kuno beratapkan jerami – ±270 bangunan rumah dengan struktur bangunan asli yang telah dipugar hasil dari relokasi dari seluruh kawasan Korea.

19. Haedong Yonggungsa

Tempat Wisata di Korea Selatan – Haedong Yonggungsa

Salah satu dari beberapa kuil di negara ini yang terletak di pantai, Haedong Yonggung menawarkan pemandangan spektakuler dari kuil dan lautan sekitarnya.

Berlokasi di garis pantai kota Gijang, Provinsi Busan, kawasan kuil ini menawarkan Anda pemandangan yang indah, patung-patung hewan zodiak yang menjulang serta patung Buddha emas raksasa yang gagah berdiri.

20. Hallasan National Park

Taman Nasional Hallasan ini terletak di Pulau Jeju, Korea Selatan. Di kawasan ini disediakan jalan khusus bagi wisatawan, sehingga wisatawan dapat dengan mudah mengitari kawasan taman nasional ini sambil menikmati panorama alamnya yang indah.

Di sini juga terdapat gunung tertinggi di Korea Selatan, yaitu Gunung Hallasan, dan para wisatan dapat mendakinya dengan cukup mudah. Gunung ini dulunya merupakan sebuah gunung berapi aktif, sehingga di puncaknya Anda dapat menemukan danau kawah yang menawan.

Itulah beberapa tempat wisata di Korea Selatan yang sangat populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan. Semoga informasi diatas bermanfaat.