15 Tempat Wisata di Kuala Lumpur Malaysia Favorit Wisatawan

Kuala Lumpur merupakan salah satu kota di Malaysia yang dapat Anda jadikan jujukan wisata. Banyak tempat wisata di Kuala Lumpur yang menarik untuk Anda kunjungi. Kota ini memberikan kesempatan kepada traveler untuk belajar tentang budaya yang berbeda, dengan makanan dan arsitektur etnis yang memadukan yang terbaik dari Timur dan Barat.

Kota ini sangat ramai akan kunjungan para wisatawan, baik dari luar maupun dalam negeri. Apalagi jika hari libur telah tiba, banyak sekali yang berbondong-bondong datang untuk menikmati liburan mereka ke negara ini.

Jadi, sebelum melakukan liburan ke Negara Ibu Kota Malaysia ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu tempat wisata di Kuala Lumpur yang ramai dan sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Daftar Tempat Wisata di Kuala Lumpur

1. Stasiun Komuter

Stasiun Komuter KL adalah bangunan kolonial yang dirancang dengan anggun yang menggabungkan pengaruh arsitektur Timur dan Barat, termasuk Moor dan India. Di sini wisatawan akan disuguhi keanggunan bangunan dengan gayanya yang unik dan menakjubkan.

Stasiun ini dibangun pada tahun 1910 yang menjadi statsiun kereta api utama di kota ini. Dulunya berfungsi melayani penumpang yang menuju ke Singapura dan destinasi Asia Tenggara lainnya hingga tahun 2001. Ketika digantikan oleh stasiun yang lebih modern, stasiun ini beralih fungsi menjadi stasiun komuter.

Baca Juga:

15 Tempat Wisata di Johor Bahru yang Wajib Anda Kunjungi

2. Menara Kuala Lumpur

Selain menjadi menara komunikasi, Menara Kuala Lumpur juga dijadikan sebagai sebuah objek wisata dengan restoran bergulir dan area observasi.

Menara ini menawarkan kepada pengunjung pemandangan panorama kota yang menakjubkan dari salah satu bangunan publik tertinggi di KL ini.

3. Taman Burung KL

Terletak di Danau Gardens yang tenang, Taman Burung KL adalah situs eko-wisata yang mengoleksi lebih dari 3.000 burung yang berasal dari 200 spesies berbeda.

Pengelompokan burung-burung yang terdapat di sini dibagi menjadi empat zona. Dimana tiga dari zona tersebut disebut free-flight, karena burung bebas terbang kemanapun mereka inginkan di sekitarnya yang menyerupai habitat asli mereka. Pengunjung bisa berjalan di antara burung-burung di zona ini.

Sedangkan untuk 1 zona lainnya, merupakan zona di mana burung-burung diletakkan di beberapa kandang besar.

4. Daratan Merdeka

Merdeka Square atau Daratan Merdeka (dalam bahasa melayu) merupakan pusat dari Kota KL. Kadang-kadang disebut juga dengan sebutan Independence Square karena bendera Malaysia pertama kali dikibarkan ke sini pada tahun 1957 ketika negara ini merdeka dari Inggris Raya.

Alun-alun ini sebagian besar adalah lapangan rumput, yang dikelilingi oleh beberapa bangunan kota yang terkenal seperti Museum Sejarah Nasional, Gedung Sultan Abdul Samad dan Royal Selangor Club.

Merdeka Square biasanya juga digunakan sebagai tempat menggelar berbagai macam acara publik.

5. Batu Caves

Batu Caves merupakan sebuah bukit kapur yang berlokasi di distrik Gombak, sekitar 12km sebelah utara pusat kota. Di sini terdapat serangkaian goa yang merupakan kuil dan tempat yang sangat suci bagi umat Hindu di Malaysia.

Pada tiap tahunnya ratusan ribu umat Hindu berkumpul di sini untuk merayakan Thaipusam.

Untuk menuju ke dalam goanya, terdapat 272 anak tangga yang perlu dilewati. Di puncak tangga, Anda akan menemukan tiga gua batu kapur besar, ditambah beberapa gua yang lebih kecil yang penuh dengan seni.

Anda mungkin ingin membawa kacang atau pisang untuk monyet yang akan menyambut Anda di sini.

6. Menara Kembar Petronas

Bagi Anda yang menderita Akrofobia (fobia terhadap ketinggian) mungkin ingin berpikir dua kali sebelum mengunjungi Menara Kembar Petronas, tapi bagi Anda yang punya nyali dapat menikmati tantangan untuk menikmati panorama kota ini dari ketinggian.

Menara kembar setinggi 491 meter ini pada suatu waktu pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia.

Salah satu hal unik yang dimiliki oleh menara ini ialah terdapat jembatan dua lantai tertinggi di dunia yang menghubungkan menghubungkan kedua menara.

7. Taman KLCC

Taman KLCC adalah sebuah taman yang merupkan area hijau publik di kawasan KLCC, KL, Malaysia.

Dengan barisan pepohonan yang rindang, sebuah danau buatan di tengah-tengah taman, air mancur, serta jalur joging, membuat taman ini sangat cocok sebagai tempat bersantai melepas kepenatan.

8. Taman Botani Perdana

Taman yang sebelumnya dikenal juga dengan Lake Garden ini selalu menjadi bagian dari paru-paru hijau kota dan memiliki sejarah lebih dari satu dekade.

Awalnya dibuat sebagai bagian dari taman rekreasi. Kemudian ditanam dengan koleksi tanaman tropis. Sekarang telah direhabilitasi dan diubah menjadi sebuah taman botani (kebun raya).

Kebun ini tidak hanya memiliki koleksi tumbuhan atau tanaman tapi terdapat berbagai bangunan artistik yang memberi pengunjung suasana berada di hutan hujan tropis, meski berada di tengah kota metropolis yang ramai.

9. Islamic Arts Museum Malaysia

Berlokasi di dekat Taman Botani Perdana Islamic Arts Museum Malaysia merupakan museum terbesar di Asia Tenggara yang dikhususkan untuk seni Islam. Dibuka pada tahun tahun 1998, museum ini menampung lebih dari 7.000 artefak, mulai dari perhiasan hingga replika masjid di Mekah.

Koleksi tersebut tidak hanya menampilkan artefak dari Timur Tengah dan Malaysia, tapi juga dari China dan India. Museum ini memiliki 12 galeri, yang sebagian besar menampilkan item berdasarkan jenis.

Di kawasan Islamic Arts Museum Malaysia juga terdapat restoran di tempat ini menyajikan masakan Timur Tengah.

10. Sunway Lagoon Theme Park

Berlokasi di Petaling Jaya, atau berjarak ±15 km sebelah barat daya dari pusat kota Kuala Lumpur, Sunway Lagoon Theme Park menawarkan sebuah taman bermain yang membuat pengunjung betah menghabiskan waktu di sini.

Dibangun di lokasi bekas tambang timah, bnyak sekali wahana hiburan yang dapat Anda nikmati di taman seluas 80h ini.

Di kawasan ini terdapat 5 zona berbeda dengan wahana permainan yang berbeda, sesuai dengan masing-masing zona. Di antaranya ialah:

  • Water Park
  • Extreme Park (tempat terbaik bagi para pecandu adrenalin, di zona ini terdapat arena memanah dan arena paintball, serta kendaraan segala medan, dinding panjat tebing dan go-kart)
  • Scream Park (zona taman hiburan yang dapat membuat anda berteriak ketakutan)
  • Amusement Park (zona yang menyajikan semua petualangan yang dapat membuat jantung Anda berhenti)
  • Wildlife Park

11. Aquaria KLCC

Aquaria KLCC, yang berada di KLCC (Kuala Lumpur Convention Center) ini merupakan salah satu akuarium terbesar di dunia.

Aquaria KLCC merupakan rumah bagi lebih dari 150 spesies hewan laut, seperti hiu harimau, ular laut, berbagai jenis ikan karang, kuda laut dan masih banyak lagi.

12. Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-kupu merupakan salah salah satu destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke KL. Di taman ini Anda dapat melihat berbagai macam jenis kupu-kupu berterbangan dan hinggap di tengah-tengah taman bunga berwarna-warni.

Berlokasi di area Lake Garden, taman seluas ±24.000 m² (taman kupu-kupu terbesar di dunia) ini merupakan bagi 5.000 kupu-kupu hidup, dan berbagai macam tanaman eksotis.

Selain itu, di taman ini juga terdapat museum yang dipenuhi dengan koleksi serangga dan kupu-kupu dari seluruh dunia.

13. Bukit Bintang

Bukit Bintang dikenal sebagai distrik hiburan paling trendi serta pusat perbelanjaan di Kaula Lumpur. Di kawasan ini Anda dapat menemukan berbagai pusat perbelanjaan (mulai dari pusat perbelanjaan dengan harga murah hingga pusat perbelanjaan kelas atas yang menawarkan produk-produk mewah dari Eropa), klub malam, berbagai macam restoran, hotel bintang lima, serta kawasan Jalan Alor yang sangat terkenal dengan steet food nya.

14. Berjaya Times Square

Berjaya Times Square merupakan kompleks besar yang berisi pusat perbelanjaan dan dua hotel bintang lima. Dengan luas bangunan seluas 700.000 m², bangunan ini merupakan bangunan terbesar kelima di dunia.

Pusat perbelanjaan mencakup lebih dari 1.000 toko ritel, 65 gerai makanan dan beberapa tempat hiburan seperti Cosmo’s World (taman hiburan indoor terbesar di Asia).

15. Central Market

Berlokasi di pusat kota Kula Lumpur, Central Market merupakan salah satu tujuan belanja bagi sebagian besar wisatawan. Di sini Anda dapat menemukan berbagai macam barang yang Anda inginkan, mulai dari suvenir khas Malaysia, sepatu, pakaian, tas, berbagai macam kerajinan tangan, karya seni, barang-barang antik, perlatan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Selain itu, di Central Market juga terdapat beberapa galeri seni, tempat di mana para seniman pemula menampilkan karya seni mereka.

Anda juga tidak perlu khawatir jika merasa haus dan lapar ketika berbelanja di sni, karena di sini juga terdapat banyak kedai makanan yang menyajikan berbagai macam menu makanan yang lezat.

Itulah 15 Tempat wisata di Kuala Lumpur yang sangat populer yang dapat menjadi pilihan pembaca saat berada di KL. Semoga informasi di atas bermanfaat.