Wisata Pulau Moyo Sumbawa – Rute, Lokasi Dan Penginapan

Sumbawa merupakan salah satu daeah di Indonesia yang memiliki beragam tempat tujuan wisata menawan dengan keindahan alamnya terutama dari segi wisata bahari. Dari sekian banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi, salah satunya ialah Pulau Moyo Sumbawa. Pulau kecil yang tekenal akan keindahan alamnya bahkan hingga ke mancanegara, dan memiliki banyak objek wisata yang menarik. Selain itu, pulau ini akan memberikan ketenangan kepada Anda karena masih alami dan sepi. Keindahannya pun Sumbawa ini tidak perlu diragukan lagi. Selain dapat menikmati keindahan hutannya, di pulau ini Anda akan disuguhi oleh keindahan dari pantai-pantainya. Tentunya sangat cocok bagi penggemar wisat bahari mapun alam.

Pulau Moyo Sumbawa

Bagi penggemar hiking, Anda dapat menjelajahi hutannya yang masih sangat asri dan dapat menemukan air terjun, sungai, serta gua. Sedangkan bagi pecinta snorkeling maupun diving, plau ini merupakan surga tersendiri. Di sini banyak terdapat banyak spot snorkeling dan diving yang menyuguhi keindahan bawah laut yang sangat menawan yang dapat membuat Anda ketagihan.

Rute dan Lokasi Pulau Moyo

Lokasi Pulau Moyo Sumbawa

Pulau Moyo terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, dan hanya berjarak sekitar 2,5 km. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Labuhan Bada, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Untuk menuju ke pulau ini Anda dapat menempuhnya dari Sumbawa Besar. Untuk menuju Sumbawa Besar dapat menggunakan transportasi darat dan udara.

Jika menggunakan rute / jalur udara, Anda dapat berangkat dari Bandara Internasional Lombok dengan menggunakan pesawat jenis Fokker menuj Bandara Sultan Kaharuddin, Sumbawa. Waktu tempuh hanya sekitar kurang lebih selama 30 menit.

Jika lewat jalur darat, Anda dapat berangkat dari Mataram menuju Pelabuhan Kayangan (Lombok), lalu menyeberang ke Poto Tano (Sumbawa Barat) menggunakan kapal feri. kemudian melanjutkan perjalanan darat menuju Sumbawa Besar. Total waktu tempuh normal jika Anda menggunakan rute darat kurang lebih selama 6 jam.

Setalah tiba di Sumbawa besar Anda dapat memilih menginap terlebih dahulu (jika sampai sudah sore) atau langsung berangkat menuju Pulau Moyo (jika Anda samapi di Sumbawa Besar masih pagi). Jika Anda memilih menginap terlebih dahulu di Sumbawa Besar terdapat beberapa pilihan penginpan yang dapat Anda tempati.

Akses utama ke Pulau ini ialah dari pelabuhan muara kali menuju ke Labuan Aji. Dari pelabuhan muara kali, Anda dapat berangkat ke Labuan Aji menggunakan kapal motor milik nelayan setempat dengan biaya Rp. 20.000 – Rp. 25.000*), dengan waktu tempuh normal (jika kondisi laut normal) selama kurang lebih 2 jam.

Selain melalui pelabuhan muara kali, Anda dapat memilih pilihan akses alternatif menyeberang dari Desa Ai Bari. Anda dapat menempuh perjalanan darat dari Sumbawa Besar ke Desa Ai Bari dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam, lalu dilanjutkan dengan menyeberang menggunakan perahu motor milik nelayan setempat selama kurang lebih 30 menit.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Fasilitas dan Penginapan di Pulau Moyo Sumbawa

Untuk saat ini, hanya terdapat satu penginapan yang tersedia, yaitu Amanwana Resort (resort kelas dunia sekelas hotel bintang lima), dengan harga per malam $800 – $1000*). Untuk pilihan penginapan yang lebih murah, Anda dapat menginap di rumah-rumah warga yang menyediakan kamar untuk menginap dengan harga per malam sekitar Rp. 150.000 – Rp. 200.000 atau sesuai kesepakatan. Atau Jika ingin yang lebih murah lagi, Anda dapat berkemah di kawasan pantai Brang Sedo.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Wisata Menarik Lainnya