Wisata Ke Air Terjun Tumpak Sewu – Rute, Lokasi Serta Harga Tiket Masuk

Azwisata.comAir Terjun Tumpak Sewu, ya namanya memang cukup unik, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya Air Tejun Tumpah Seribu. Dinamakan demikian karena tidak hanya terdapat satu atau dua aliran air saja seperti kebanyakan air terjun lainnya, tapi terdapat banyak aliran air terjun berjejer dalam satu tempat. Oleh kaena itu sebagian orang juga melabeli air terjun dengan nama lain grojong sewu dan coban sewu ini dengan gelar “The litlle Niagara”.

Salah satu keindahan alam yang dimiliki bumi pertiwi yang terletak di Lumajang ini memiliki pesona yang sangat indah. Medan yang berat pun tidak akan merugikan bagi pengunjung, bahkan menjadi nilai tambah kepuasan tersendiri saat berhasil melaluinya untuk menikmati keindahan air terjun ini.

 

Terdapat dua titik utama untuk menikmati keindahannya, yaitu dari atas dan dari bawah dengan pemandangan yang sama indahnya. Oleh karena itu, sebelum “berjuang” turun ke bawah, usahakan untuk menikmati keindahannya dari atas terlebih dahulu.

Selain itu, di sini juga terdapat sebuah gua yang benama Goa Tetes, yang juga meupakan objek wisata pertama yang dibuka di lokasi ini. Di gua ini, anda akan menemukan keindahan dari air yang jatuh pada setiap sisinya yang berasal dari sumber mata air yang terletak di atas gua ini.

Dan tentunya keindahan air terjun dan gua nya dipadukan dengan keindahan alam pegunungan, sungai bebatuan di sekitanya. Sehingga membuat salah satu tempat wisata di  sangatlah mempesona.

Lokasi dan Rute Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun ini berlokasi di perbatasan antara Malang (54km dari pusat kota) dan Lumajang (66km dari pusat kota), atu lebih tepatnya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Lokasinya dapat ditempuh baik melalui Malang maunpun Lumajang. Jika dari Malang ke arah Lumajang membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam, jika dari Lumajang ke arah Malang membutuhkan waktu kurang lebih selama 2 jam.

Jika Anda berangkat dari malang, jalan/gang masuknya berada kurang lebih 200 meter dari gapura perbatasan antara Malang dan Lumajang dan berada di sebelah kanan jalanan. Jangan khawatir, ada sepanduk di depan gang bertuliskan “Air terjun Tumpak Sewu”. Jika dari Lumajang, letaknya di sebelah kiri jalan sebelum gapura perbatasan Lumajang-Malang. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, tersedia tempat parkir sekitar 200 meter dari mulut gang. Di dekat parkiran terdapat loket penjualan tiket masuk, lalu dari loket penjualan tiket lurus terus sampai bertemu dengan jalan bercabang (jalan ke kiri untuk turun), sedangkan jalan lurus untuk menuju ke lokasi atas air terjun. Jalan meurun menuju air terjun ini cukup aman dengan adanya tangga dan pegangan tangan dari tali/bambu/karet ban.

Selain itu, jika Anda lebih “gila” tantangan untuk lebih memacu adenalin, tedapat jalur yang lebih ekstrim lagi via Goa Tetes. Jika Anda lebih “gila” tantangan, Anda dapat memilih rute via Goa tetes. Gang masuk menuju Goa tetes ini terletak sebelum gang / jalan utama Air Terjun Tumpak Sewu jika berangkat dari Lumajang, dan setelahnya jika berangkat dari Malang. Dari mulut gang, masuk saja terus menuju lokasi Goa Tetes, lalu turun ke bawah melalui jalur yang licin, kecil, dan curam dengan hanya bantuan tali. Selain itu, jalan/tebing yang dilalui pun cukup licin dan dilalui dialiri air dari tebing menuju sungai. Setelah itu, setelah Anda menemukan sungai, beok kanan menyusuri sungai hingga sampai ke area air terjun.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

 

Harga Tiket Masuk

Tidak perlu keluar uang banyak untuk menikmati keindahannya, karena harga tiket masuknya pun cukup besahabat. Untuk parkir kendaraan roda empat, dikenakan biaya parki Rp. 10.000*) sedangkan roda dua Rp. 5.000*). Untuk tiket masuknya sendiri cukup membayar Rp. 5.000*), dan jika masuk melalui gang utama air terjun akan dikenakan biaya Rp. 5.000*) lagi ketika akan turun.

Tips

  • Usahakan Anda sampai di sana pagi hari, karena bisa lebih bebas untuk berfoto tanpa terganggu sinar matahari
  • Disaranakan menggunakan sandal gunung demi keamanan dan kenyamanan Anda selama perjalanan menuju lokasi air terjun.
  • Jika Anda masuk via Goa Tetes, disarankan tidak menggunakan celana jin yang ketat, karena akan mempersulit Anda sendiri nantinya selama melewati rute yang sulit.

Demikianlah informasi keindahan panorama, lokasi serta rute Air Terjun Tumpak Sewu yang dapat kami sajikan. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia azwisata.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *