11 Wisata Kuliner Khas Banyuwangi yang Lezat dan Populer

AZWISATA.COM – Tempat Wisata Kuliner Khas Banyuwangi yang Lezat dan Populer. Salah satu yang menjadi daya tarik dari kota Banyuwangi ini ada pada keindahan alamnya, akan tetapi di sisi kulinernya pun ternyata juga tidak boleh terlewatkan ketika Anda singgah di Banyuwangi. Sama halnya dengan daerah-daerah yang ada di Indonesia lain, yang juga memiliki kekhasan akan kulinernya yang beragam, Banyuwangi juga demikian mempunyai kekhasan kulinernya. Meskipun sebenarnya tak semua kuliner di Banyuwangi adalah kuliner asli Banyuwangi ya, akan tetapi ada beberapa diantara yang memiliki akar budaya dari warga Banyuwangi serta diakui sebagai makanan khas Banyuwangi.

11 Wisata Kuliner Khas Banyuwangi yang Lezat dan Populer

    Kuliner khas Banyuwangi yang Populer    

 1  Rujak soto

Rujak soto Kuliner khas Banyuwangi yang Populer

Ini adalah jenis makanan dari paduan antara dua kuliner berbeda, yakni rujak dengan soto. Makanana khas Banyuwangi satu ini sangat unik yang terdiri dari berbagai macam sayur, lontong, tahu, dan juga tempe yang telah dicampurkan dengan bumbu kacang, lalu diberi siraman kuah soto yang berisikan kulit sapi atau pun babat serta cabe rawit.

 2  Sego tempong

Sego tempong Wisata Kuliner Khas Banyuwangi yang Lezat dan Populer

Sedangkan untuk menu sajian satu ini memiliki beragam sayur-sayuran, seperti halnya dengan sayur mentimun, singkong, kacang panjang, dan lain-lain. Dengan lauk tempe, tahu, ikan asin, dan juga perkedel jagung yang disajikan bersama nasi hangat serta sambal khas Banyuwangi yang bakal menjadikan selera makan Anda bertambah. Sego tempong ini terdiri atas 2 kata, yakni sego yang memiliki arti naasi, dan tempong yang artinya tempeleng, dan keduanya dapat diartikan sebagai menu yang bisa menjadikan penikmatnya merasa ditempeleng setelah memakannya, sebab memang sambal yang disajikannya sangat pedas.

 3  Nasi cawuk

Nasi cawuk Wisata Kuliner Khas Banyuwangi yang Lezat dan Populer

Nasi cawuk umumnya hadir dengan disiram kuah pindang yang telah diolah dengan cara gendam. Cara memasak inilah hanya ada di Banyuwangi, kuah pindahnya di masak dengan cara digendam yang nantinya akan menghasilkan kuah pindang yang sangat enak, manis, dan bening, sebab dimasak dengan menggunakan gula pasir.

 4  Pecel pitik

Pecel pitik Wisata Kuliner Khas Banyuwangi yang Lezat dan Populer

Kuliner khas Banyuwangi selanjutnya adalah pecel pitik yang berasal dari bahan utama parutan kelapa muda yang dicampurkan dengan kacang halus yang disangrai, lalu dicampur lagi dengan rempah-rempah yang berbumbu pedas. Bumbu pedasnya diaduk rata dengan diberikan sedikit air kelapa muda supaya bumbunya meresap sempurna, lalu disajikan bersama pitik atau ayam yang dibakar.

 5  Kupat Lodoh

Kupat Lodoh Wisata Kuliner Khas Banyuwangi yang Lezat dan Populer

Kupat lodoh merupakan makanan khas suku using atau osing banyuwangi dimana ketupat disajikan dengan ayam yang di masak lodoh, lodoh sendiri terbuat dari parutan kelapa tua yang di sangrai dengan minyak sampai kering lalu di tumbuk hingga halus sampai minyaknya keluar, bentuknya seperti pasta yang lembut kemudian diolah dengan aneka bumbu serta rempah seperti ayam masak bumbu rujak. Kuliner ini dapat Anda nikmati di warung wouese tepatnya di jalan ijen, depan lapangan di Kec. Glagah

Editors’ Pick:

 6  Ayam Pedas Ratinem

Ayam Pedas Ratinem Wisata Kuliner Khas Banyuwangi yang Lezat dan Populer

Kuliner ayam pedas ratinem yang satu ini telah di kenal oleh masyarakat banyuwangi. Ayam pedas ratinem yang di sajikan dalam bentuk kuah memiliki rasa yang super pedas dan gurih. Namun, walaupun pedas, saat anda mencobanya pasti kamu akan ketagihan. Lokasinya terletak di belakang kantor pos terminal lama banyuwangi.

 7  Pecel Rawon

Pecel Rawon Wisata Kuliner Khas Banyuwangi yang Lezat dan Populer

Banyuwangi memang dikenal sering menggabungkan 2 menu masakan menjadi satu seperti pecel rawon, nasi pecel yang umumnya di siram dengan kuah rawon beserta dagingnya. Biasanya juga di hidangkan dengan lauk tambahan seperti udang goreng, empal, paru goreng dan tentu saja rempeyek. Tempat yang favorit terletak di Rumah makan pecel ayu lokasinya di jalan Adi Sucipto 60 Banyuwangi.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

 8  Sop Kesrut

Sop Kesrut Wisata Kuliner Khas Banyuwangi yang Lezat dan Populer

Satu lagi kuliner khas suku using atau Osing banyuwangi yang cukup unik dan dapat dikatakan agak langka karena sedikitnya tempat makan yang menyajikan menu kuliner yang satu ini. Sop kesrut merupakan sop ayam yang berkaldu kental serta memiliki rasa yang pedas. Biasanya di nikmati dengan nasi dan ayam goreng kampung beserta sambel tempong, kata “kesrut” di berikan karena setiap orang yang menyantap akan kesrut-kesrut menahan ingus karena pedasnya makanan yang di santap. Kuliner ini dapat ditemukan di dusun Krajan Desa Segobang, kecamatan Licin Banyuwangi.

 9  Jangan Daun Kelor

Jangan Daun Kelor Wisata Kuliner Khas Banyuwangi yang Lezat dan Populer

Jangan-Daun-Kelor-banyuwangiJangan Daun kelor atau Sayur Daun Kelor adalah salah satu kuliner khas Banyuwangi dan menjadi masakan favorit bagi masyarakat, daun kelor yang umumnya di gunakan untuk acara spiritual atau adat tradisi jawa seperti memandikan mayat, di Banyuwangi menjadi konsumsi sehari – hari. Daun kelor dimasak menjadi sayur bening seperti halnya sayur bayam. Rasa daun kelor hampir sama seperti sayur bayam, Cara memasaknya pun cukup mudah, daun kelor terebih dimasak dahulu lalu ditambahkan bumbu-bumbu yang telah dipotong. Cara penyajian jangan kelor didaerah Banyuwangi yaitu, menggunakan nasi ditambahkan sambel tempong, ikan asin, tempe, tahun, dan gimbal jagung.

 10  Jangan Klentang

Jangan Klentang Wisata Kuliner Khas Banyuwangi yang Lezat dan Populer

Jangan-Klentang-banyuwangiJangan klenthang adalah merupakan kuliner khas Kabupaten Banyuwangi yang tersebar diseluruh kabupaten Banyuwangi. Jangan klentang merupakan menu makanan sehari-hari masyarakat Banyuwang Bahan – bahan yang diguanakan untuk membuat jangan klenthang ini berasal dari klentang atau buah dari kelor, sebanyak satu ikat. Bumbu yang digunakan terdiri dari lombok besar, terasi, laos, lengkuas dan belimbing wuluh. Untuk cara membuat jangan klenthang dengan mencampur semua bumbu menjadi satu kemudian memasukkan bumbu kedalam kelentang yang telah direbus. Keunikan dari kuliner ini adalah dari cara menikmatinya, dengan menghisap bagian tengah buah klentang yang memilki tekstur lembut dan segar, atau bisa juga membuka bagian luar buah klentang atau kulit dan memisahkan antara bagian lembut / daging buah dan biji.

 11  Kue Bagiak

Kue Bagiak Wisata Kuliner Khas Banyuwangi yang Lezat dan Populer

Banyuwangi juga memiliki camilan ringan yang cukup khas dan populer. Salah satunya adalah Kue Bagiak yang rasanya gurih. Cocok untuk dijadikan teman bersantai saat menonton televisi. Nah, jika Anda sedang berkunjung ke Banyuwangi, jangan lewatkan membawa camilan ini.

Demikian informasi tentang wisata kuliner khas Banyuwangi yang populer, yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Wisata Menarik Lainnya