40 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Indah dan Menarik untuk Dikunjungi

AZWISATA.COM – Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Indah dan Menarik untuk Dikunjungi. Sumatera Utara mungkin identik dengan suku Batak karena dominasi dari Medan, si ibukota dari provinsi Sumatera Utara. Selain menyimpan wisata budaya, Sumatera Utara juga memiliki banyak potensi wisata alam yang dapat dikembangkan. Nah, ini dia beberapa tempat wisata di Sumatera Utara yang memamerkan kekayaan alam.

Daftar Tempat Wisata di Sumatera Utara

1. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Ini merupakan sebuah obyek wisata di Sumatera Utara, tepatnya di desa Dolok Tinggi Raja yang sangat menarik. Jika biasanya salju memiliki suhu yang dingin, lain halnya dengan di Sumatera Utara yang memiliki salju panas. Kok bisa? Sebenarnya ‘salju’ ini adalah tanah pada kawasan Salju Panas Dolok Tinggi Raja yang bewarna putih, sehngga seperti salju. Selain kawasan bertanah putih ini, Anda juga dapat menjumpai sebuah danau air panas yang memiliki warna biru kehijau-hijauan di sini. Maka itu, tempat ini dinamakan salju panas. Namun ternyata, obyek wisata ini belum terlalu terkenal dan masih memiliki sistem wisata yang buruk. Hati-hati terhadap warga sekitar sana yang kerap meminta sejumlah uang.

2. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Jika Anda sudah khatam dengan taman nasional gunung di Pulau Jawa, mungkin saatnya Anda menjajaki Pulau Sumatera. Salah satunya adalah Taman Nasional Gunung Leuser ini. Di sini, Anda bisa menikmati wisata alam khas Sumatera Utara dengan mendaki gunung atau sekedar trekking atau lintas alam. Kawasan taman nasional ini melintasi dua provinsi, yakni provinsi Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam. Pemandangan alam yang indah dan menyejukkan hati ini semakin lengkap dengan berbagai jenis flora serta fauna yang menjadikan Taman Nasional Gunung Leuser sebagai habitatnya.

3. Danau Toba

Danau Toba

Danau toba terbentuk oleh letusan gunung berapi beberapa abad yang lalu. Danau yang merupakan destinasi wisata paling populer di Sumatera Utara. Selain itu, Danau Toba merupakan ikon Pulau Sumatera. Kita bisa melakukan berbagai kegiatan wisata di tempat ini, mulai dari berenang, memancing, hingga hanya sekedar berfoto-foto. Terdapat banyak penginapan bila anda ingin bermalam disini. Tempat wisata di Medan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik di hari-hari biasa maupun akhir pekan atau hari libur.

4. Pulau Samosir

Pulau Samosir

Danau Toba yang menjadi ikon wisata Pulau Sumatera memiliki sebuah pulau yang berada di tengah-tengahnya, yakni Pulau Samosir. Untuk mencapai pulau yang memiliki ketinggian 1,000 meter di atas permukaan laut ini, Anda dapat menggunakan kapal ferry atau menempuh jalur darat. Di pulau ini, Anda akan menjumpai pemandangan alam yang menarik dan indah. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh pengalaman baru dengan menikmati wisata budaya, sejarah juga kuliner khas Batak. Di pulau ini juga terdapat sebuah pemandian air panas yang siap memanjakan Anda.

5. Taman Alam Lumbini

Destinasi wisata alam dengan udara sejuk lainnya dapat dtemukan di Kaki Gunung Sibayak, memiliki keunikan berupa pagoda paling tinggi di Indonesia. Pagodanya merupakan replika Pagoda Shwedago Myanmar. Untuk memasuki kawasan ini tidak perlu bayar tiket.

6. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Bagi anda pecinta wisata petualangan, berwisata ke Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit merupakan pilihan yang tepat. Air terjun ini terletak di dalam hutan sibolangit. Tempat ini letaknya cukup jauh dari kota Medan yaitu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan darat. Setelah sampai di hutan Sibolangit, anda haru berjalan kaki melintasi hutan yang masih cukup lebat. Perjalanan ini bisa memakan waktu hingga 3 jam atau lebih tergantung dari kecepatan perjalanan anda. Perjalanan ini akan terasa sangat melelahkan tetapi menyenangkan. Setelah sampai di Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit, segala perjuangan anda akan terbayar oleh keindahan air terjun yang mempunyai dua warna ini, yaitu biru untuk air dingin dan putih untuk air hangat. Tempat wisata di Medan ini sangat digemari oleh para pecinta alam.

7. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik berikutnya yaitu Gunung Sibayak. Gunung ini merupakan gunung yang masih aktif. Gunung Sibayak adalah salah satu spot terbaik untuk melihat kota Medan dari ketinggian. Selain itu tempat ini juga sering digunakan untuk melihat matahari terbit. Anda cukup membayar retribusi sebesar Rp 4 ribu untuk mendaki gunung ini. Berwisata di Medan tidak lengkap rasanya bila belum mengunjungi tempat ini.

8. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso

Satu lagi Tempat Wisata Air Terjun yang dapat anda kunjungi di Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-piso yang merupakan kawasan wisata alam yang letaknya dekat dari permukiman warga Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 800 meter dari permukaan laut (dpl) serta dikelilingi oleh bukit yang hijau yang ditumbuhi hutan pinus menambah suasana nyaman wisata anda di tempat ini.

9. Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur

Salah satu tempat wisata religi yang dapat anda temukan di Sumatera Utara tepatnya di kota Medan adalah Keleteng Vihara Gunung Timur. Ini adalah kelenteng Tionghoa (Taoisme) yang paling besar di Kota Medan. Kelenteng yang dibangun pada tahun 1930-an ini terletak di Jalan Hang Tuah, berada di sisi Sungai Babura atau sekitar 500 meter dari Kuil Sri Mariamman.

10. Gereja Graha Annai Velangkanni

Gereja Graha Annai Velangkanni

Gereja Graha Annai Velangkanni merupakan salah satu tempat wisata religi di Medan yang dapat anda kunjungi. Keberadaan bangunan ini sangat menarik perhatian di kawasan tersebut dikarenakan bentuknya yang menjulang dan sangat kontras dengan keadaan bangunan sekitarnya. Bangunannya ini juga di isi dengan ornamen serta lukisan baik disebelah dalam maupun diluar yang memiliki makna tersendiri yang membuat keseluruhan bangunannya dipenuhi oleh simbol-simbol yang penuh makna. Graha Bunda Maria Annai Velangkanni ini terletak di Alamat: Jln. Sakura No. 03 , Tuntungan, Kelurahan Tanjung Selamat Medan dan buka setiap hari.

11. Museum Bukit Barisan

Museum Bukit Barisan

Museum ini mulai dibuka tahun 1971, yang merupakan tempat wisata menarik untuk dikunjungi karena didalamnya tersimpan benda-benda bersejarah pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan pemberontakan pada tahun 1958. Nilai-nilai sejarah dimuseum ini memberikan gambaran kehebatan Perjuangan Pahlawan dimasa lalu. Museum ini terletak di Jln. Zainul Arifin dan relatif mudah untuk ditemukan.

12. Kebun Binatang Medan

Kebun Binatang Medan

Salah satu tempat wisata di SUmatera Utara yang wajib anda kunjungi adalah Medan Zoo. Kebun Binatang ini dikelola oleh Pemerintah kota Medan dimana terdapat berbagai koleksi hewan tropis, hewan mamalia seperti Harimau, Gajah, Singa, Beruang. Medan Zoo terletak di jalan Pintu Air IV Kelurahan Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan berjarak sekitar 10 Km dari pusat kota. Tarif Masuk ke tempat wisata ini terbilang murah, cukup dengan Rp. 7.000,- dan buka setiap hari pukul 09.00 s/d 17.00 WIB.

13. Taman Buaya Medan

Taman Buaya Medan

Taman ini telah dihuni kurang lebih 2600 ekor buaya yang pemeliharaan dimulai sejak tahun 1959. Taman Buaya ini terletak di kelurahan Asam Kumbang Kecamatan Medan Selayang. Ditaman ini anda bisa melihat buaya yang baru lahir sampai buaya yang berusia 25 tahun dan sebagain buaya telah dilatih untuk melakukan atraksi yang menakjubkan. Taman Buaya Medan terletak di Jln Bunga Raya II No. 59 Sunggal dan buka saat pukul 09.00 Wib hingga Pukul 17.00 Wib

14. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

Salah satu ikon Sumatera Utara yang berada Kota Medan adalah Masjid Raya Medan. Mesjid yang dibangun dengan nilai budaya dan sejarah yang tinggi ini merupakan Mesjid terbesar di Sumatera Utara. Masjid Raya Medan merupakan tujuan tempat wisata para pendatang kota Medan. Jika anda ingin mengunjungi Masjid ini, anda dapat menemukannya di Jln Sisingamangaraja, Medan.

15. Istana Maimun

Istana Maimun

Istana Maimun merupakan istana Kesultanan Deli yang juga telah menjadi salah satu ikon kota Medan. Instana ini berada di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun. Jika anda gemar berwisata ketempat tempat bersejarah, maka Istana Maimun adalah tempat yang pas untuk anda datangi. Selain dari sejarahnya, Istana ini juga memiliki desain interior yang unik, dimana paduan unsur warisan kebudayaan Melayu tergabung dengan gaya Islam, Spanyol, India serta Italia yang dapat membuat para wisatawan terpukau.

16. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Obyek wisata yang satu ini merupakan sebuah museum dan gallery yang memamerkan koleksi berbagai hewan yang diawetkan. Tempat wisata di Sumatera Utara yang berada di kota Medan ini ternyata memiliki koleksi hewan yang diawetkan paling lengkap se-Asia, lho! Hebat, bukan? Anda bisa mengunjungi museum ini di Jalan S. Parman, Medan. Anda bisa menikmati wisata di museum ini pada siang hari atau malam hari dengan program safari malamnya, seperti di Taman Safari, Cisarua. Anda akan dikenakan biaya untuk tiket masuk, dan biaya tambahan jika mengambil gambar.

17. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake

Pantai Lagundri

Pantai Sorake dan Pantai Lagundri merupakan pantai yang masih terletak dalam 1 garis pantai di Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan. Pantai ini sangatlah terkenal di dunia karena ombaknya yang besar dan sangat digemari para peselancar dari berbagai belahan dunia. Tidak perlu kuatir jika tidak bisa berselancar karena di kedua pantai ini ada banyak pelatih selancar.Selain itu ada banyak penginapan di sepanjang pantai sehingga kita tidak perlu kuatir kesulitan mendapat penginapan.

18. Aek Sijornih

Aek Sijornih

Aek Sijornih merupakan sebuah tempat wisata di Sumatera Utara berupa air terjun. Aek Sijornih dalam bahasa batak mempunyai arti air jernih. Terletak di Desa Aek Libung, Aek Sijornih terdiri dari 2 buah air terjun berukuran kecil yang melewati tebing miring dengan kandungan kapur.

19. Danau Linting

Danau Linting

Danau Linting memang tidaklah sepopuler wisata Danau Toba, tapi Danau Linting merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik untuk dikunjungi. Sebuah danau vulkanik dengan ukuran sekitar 1 hektar dan mengandung belerang yang membuat warna airnya bewarna kehijauan. Jika ingin berenang, perlu berhati-hati karena Danau Linting memiliki kedalaman lebih dari 100 meter. Biaya tiket untuk masuk Danau Linting adalah 5,000 Rupiah dan berlokasi di Kabupaten Deli Serdang

20. Tangkahan

Tangkahan

Tangkahan adalah sebuah kawasan yang masuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara. Memiliki bentuk tanah berbukit, hutan tropis rindang serta suasana yang sejuk menambah pesona keindahan alam. Wisata Tangkahan sangatlah cocok untuk para pecinta wisata alam. Ada beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan di Tangkahan seperti berenang, menaiki gajah, trekking, bermain di air terjun, masuk goa kelelawar, dan lain-lain.

21. Kampung Keling / Kampung Madras Medan

Kampung Keling

Kampung Madras Medan atau yang dikenal juga sebagai Kampung Keling merupakan daerah yang sebagian besar penduduknya merupakan orang Keling atau India.Suasana Dikampung inisangat kental dengan adat istiadat penduduk India yang beragama Hindu. Di lokasi ini cukup banyak bangunan khas peninggalan Belanda sehingga selain wisata budaya, kita juga bisa menikmati wisata sejarah di Kampung Keling. Selain itu kita juga dapat menikmati wisata kuliner ala India, dan berbelanja oleh-oleh pernak pernik India.

22. Green Hill City / Hillpark Sibolangit

Green Hill City / Hillpark Sibolangit

Bertempat di Desa Suka Makmur Sibolangit, Deli Serdang, Green Hill City adalah sebuah taman rekreasi yang mempunyai banyak jenis permainan. Yaa Mirip-miripla sama Dufan di Jakarta. Green Hill City merupakan salah satu taman permainan yang terbesar di Sumatera yang memiliki luas sekitar 20 hektar. Sesuai dengan namanya, Green Hill City berada di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian sekitar 550 meter dari permukaan laut sehingga udara yang sejuk dapat ditemukan ditempat ini.

23. Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit

Sebuah kawasan yang memiliki luas sekitar 24 hektar yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang ini memiliki bentuk tanah yang berbukit dan berada di ketinggian 500 meter dari permukaan laut. Cagar Alam Sibolangit menyajikan pemandangan yang sangat indah dan udara yang sejuk. Selain wisata alam, Cagar Alam Sibolangit merupakan lokasi favorit untuk kegiatan perkemahan pramuka.

24. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar terletak di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara. bersama airnya yg bercorak biru, danau Lau Kawar mempunyai luas kurang lebih 200 hektar, lebih kecil dari danau Toba. meskipun lebih kecil dari Danau Toba, Lau Kawar mempunyai suasana yg asri dengan banyak pepohonan hijau di kaki gunung yang membuatnya tak kalah menawan dari danau Toba. Di tepi danau Lau Kawar tidak jarang terdapat kelompok yang berkemah, beristirahat ketika mendaki Gunung Sinabung. selain itu kita juga bisa menyaksikan beberapa orang memancing di tengah danau dengan memanfaatkan perahu kecil.

25. Bukit Lawang

Bukit Lawang

Bukit Lawang terletak kurang lebih 80 kilometer dari kota medan, termasuk juga dekat wilayah kebun Nasional Gunung Lauser. lantaran berada di kawasan pegunungan yg penuh dengan pepohonan hijau, hawa di Bukit Lawang benar benar sejuk tanpa adanya polusi seperti di kota. aktivitas yg mampu kamu lakukan di sini yakni trekking, menyaksikan orang utan, tubing, dan lain-lain. jika mau menginap tak perlu kawatir karena ada penginapan di sini.

26. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling

Bukit Gundaling merupakan salah satu tempat liburan di Sumatera Utara yg berlokasi kurang lebih 60 kilometer dari kota medan. kaya di tepi kota Berastagi, Bukit Gundaling berada di ketinggian lebih dari 1,500 meter di atas permukaan laut. kalau kamu pernah berangkat ke area wisata di puncak, kamu akan langsung terbiasa dengan keadaan di Bukit Gundaling lantaran suasananya mirip dgn puncak. yg unik dari Bukit Gundaling yaitu kita bisa menyaksikan panorama 2 gunung berapi di ujung Bukit Gundaling.

27. Danau Siombak

Danau Siombak

Danau Siombak merupakan danau seluas kira kira 40 hektar yg terletak di Kelurahan Paya pasir, medan, Sumatera Utara. danau Siombak merupakan area akhir pekan idola masyarakat medan, terutama untuk mereka yang mau bersenang-senang sambil memancing. selain itu tersedia pula tempat bermain anak-anak sampai beragam type permainan air sehingga danau Siombak amat tepat untuk tempat tamasya akhir minggu penduduk medan dan sekitarnya. jarang ada pengunjung istimewa yg datang ke danau Siombak.

28. Maha Vihara Adhi Maitreya

Maha Vihara Adhi Maitreya

Obyek rekreasi religi yg bisa kamu kunjungi sewaktu rekreasi ke medan yaitu Maha Vihara Adhi Maitreya. nama lain dari obyek tamasya ini ialah Vihara Cemara Asri. Ya, beberapa orang menyebutnya begitu dikarenakan area vihara memang lah berada di kompleks Perumahan Cemara Asri. Di dalam terdapat tiga buah patung suci, yaitu Hakim Bao, Patung Budha, serta Dewi Kwan Im. Kegiatan yang dapat dilakukan selain beribadah bagi umat budha yaitu mengambil foto, karena lokasinya yang indah dan menarik dijadikan latar.

29. Taman Wisata Rohani Salib Kasih

Taman Wisata Rohani Salib Kasih

Tujuan pembangunan monumen yang berbentuk salib ini adalah untuk mengenang jasa serta pengabdian Dr. Ingwer Ludwig Nommensen yang merupakan missionaris dari Jerman Utara. Taman Wisata Rohani Salib Kasih dibangun di atas Dolok Siatas Barita. Tiket masuk sebesar Rp 2.000,- per orang. Salib ini tingginya mencapai 30 meter dan berhias lampu, sehingga monumen ini dapat terlihat dengan jelas dari Kota Tarutung.

30. Kota Tarutung

Kota Tarutung

Salah satu pusat wisata keagamaan di daerah Sumatera Utara terletak di Ibukota Kabupaten Tapanuli Utara ini. Hawa dingin dan keindahan alam yang memukau di Kota Tarutung memiliki beberapa objek wisata menarik, diantaranya pemandian air soda bernama Aek Rara Tarutung.

31. Pulau Nias

Pulau Nias

Di Pulau ini terkenal akan kegiatan lompat batu dan selancarnya. Pulau Nias memiliki keindahan alam yang memikat hati wisatawan. Selain beberapa kegiatan yang sudah dibahas di atas, kita juga dapat kunjungi Museum Pusaka Nias, yang mempunyai koleksi benda-benda budaya masyarakat Nias sebanyak 6.500 buah. Wisata Pulau Nias juga sudah terkenal namanya sampai ke luar negeri, sama seperti Danau Toba.

32. Sipinsur

Sipinsur

Tempat wisata yang terkenal dan mempunyai pemandangan yang indah di Kabupaten Humbang adalah Sipinsur. Berdiri di atas tanah seluas 2 hektar dengan tinggi kira-kira 1.213 meter dari permukaan air laut. Dua pemandangan yang memukau dari sini yaitu Danau Toba dan Pulau Samosir. Di bawah lokasi Sipinsur juga tampak Pulau Sibandang dan Kota Muara. Para wisatawan akan melihat keindahan alam mulai dari laut, bukit dan pegunungan di waktu bersamaan karena dapat di lihat dari ketinggian. Hal ini lah yang membuat wisata sipinsur menjadi wisata favorit keluarga untuk di kunjungi.

33. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sikulikap, kita harus menempuh perjalanan dari gapura Air Terjun Sikulikap di sebelah kiri jalan dekat Gerbang Selamat Datang di Kabupaten Karo. Turun lewat anak tangga tak jauh dari gapura tersebut, butuh waktu sekitar 20 menit.Setelah melewati hutan, barulah sampai di Air Terjun Sikulikap. Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini memiliki banyak tebing di sekeilingnya. Banyak yang menggunakan tebing-tebing tersebut untuk olahraga panjat tebing.

34. Muara Tapanuli Utara

Muara Tapanuli Utara

Salah satu kota kecil dekat Danau Toba bernama Muara. Ini adalah satu kecamatan di Tapanuli Utara. Indahnya Danau Toba dapat tampak jelas dari sini. Berbeda dengan kota atau daerah lain yang dipakai untuk melihat keindahan Toba. Dari Muara kita bisa menikmati indahnya Danau Toba lewat berbagai sudut. Antara lain tepi pantai dengan perahu kecil, atas bukit, bahkan naik sedikit lewat jalan raya, Danau Toba pun telah memancarkan keindahan.

35. Desa Lingga

Desa Lingga

Desa ini letaknya di Kecamatan Simpang Empat, dari Kota Brastagi sekitar 15 km. Selain terdapat Museum Lingga yang memiliki aneka macam koleksi Kerajaan Karo masa lalu, ada pula rumah-rumah bersejarah yang usianya sudah lebih dari 250 tahun. Cikal bakal wilayah Karo, konon berasal dari daerah ini. Desa yang cukup unik ini menjadi salah satu tempat wisata untuk melihat rumah adat yang sejak dahulu menjadi tradisi jaman nenek moyang. Tempat wisata di medan ini menjadi list yang wajib untuk di kunjungi saat berlibur.

36. Bukit Kubu

Bukit Kubu

Sesudah lewat Desa Tongkoh, kita akan melewati sebuah bukit bernama Bukit Kubu. Deretan pohon pinus lebat dengan rerumputan terbentang, membuat lokasi ini cocok untuk wisata keluarga.Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan saat berpiknik di Bukit Kubu antara lain adalah main layang-layang, naik ATV dan kuda, juga menengok rumah persinggahan Presiden Soekarno saat jaman Belanda.

37. Funland Mickey Holiday

Funland Mickey Holiday

Seperti Dufan yang ada di Jakarta, Brastagi mempunyai Funland Mickey Holiday. Ada beragam wahana permainan menarik yang dapat kita coba, setidaknya berjumlah 34 buah.Diantaranya adalah shoot game, rafling, paint ball, serta outbond, dan lain-lain. Kita bisa bermain sampai puas di semua wahana setelah membeli tiket all in one.Tak hanya wahana permainan, disini juga dapat menikmati wisata lainnya seperti taman bermain dan wahana air yang menyenangkan. Berbagai macam restoranpun juga tersedia di tempat wisata ini.

38. Kebun Raya Tongkoh

Kebun Raya Tongkoh

Anda yang menyukai seni bercocok tanam sayuran, buah, bahkan tanaman hias, cocok mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Namanya Kebun Raya Tongkoh. Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini memang terletak di Desa Tongkoh.Sepanjang perjalanan di kiri dan kanan Desa Tongkoh ini banyak terdapat kebun warga, diantaranya kebun stroberi, markisa Brastagi, dan jeruk Brastagi yang dapat dipetik sendiri. Panorama alam Brastagi kian mempesona dengan latar belakang Gunung Sinabung dan bermacam warna dari tanaman hias yang memenuhi Desa Tongkoh.

39. Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun Sigura-gura

Anda penasaran di mana letak air terjun tertinggi yang ada di Indonesia? Jawabannya, Sumatera Utara! Ya, Air Terjun Sigura-gura merupakan air terjun yang memiliki ketinggian paling tinggi di Indonesia. Terletak di kabupaten Toba Samosir, air terjun ini memiliki ketinggian yang mencapai 250 meter. Wow, tinggi, bukan? Jika Anda sedang berada di kabupaten Toba Samosir atau sedang mengunjungi the iconic Danau Toba, Anda harus menyempatkan diri untuk ke sini. Selain wisatawan domestik, air terjun ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan asing.

40. Pantai Pandan

Pantai Pandan

Pantai PandanWisata Pantai Pandan memiliki ombak yang biru bergulung dengan hamparan pasir lembut. Wisata pantai menjadi salah satu lokasi wisata favorit bagi semua orang. Indonesia yang merupakan negara kepulauan, tak heran kalau punya banyak pantai nan indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Pandan ini.Pemandangan yang cukup indah membuar para pengunjung akan betah beralama-lama dan kembali lagi untuk menikmati keindahan laut yang cukup mempesona. Pastinya pantai ini akan sangat menarik untuk di jarikan surfing para peselancar.

Masih ada banyak lagi tempat wisata di Sumatera Utara yang dapat Anda eksplor, seperti wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Jangan lupa sempatkan diri untuk mencicipi penganan khas Sumatera Utara, ya!