Menikmati Lontong Campur Kuliner Khas Glenmore Banyuwangi

AZWISATA.COM – Menikmati Lontong Campur Kuliner Khas Glenmore Banyuwangi. Sepintas pada saat mendengar nama “Glenmore” ini terdengar seolah sebuah kota yang ada cukup jauh di Benua Eropa, akan tetapi Anda jangan kaget bila kota Glenmore tersebut adalah sebuah kota kecil yang letaknya ada di kawasan Banyuwangi sebelah barat. Glenmore ini ada di sebelah selatan sebuah gunung raung, ini adalah sebuah kawasan yang sangat sejuk yang memang sejak lama didiami oleh penduduk dari Madura sebagai salah satu penduduk mayoritaas, etnis lainnya yang juga tinggal di Glenmore diantaranya Arab, Jawa, dan China.

Lihat : 10 Tempat Wisata Kuliner di Bandung Paling Favorit

Ada hubungan sejarah dengan Benua Eropa sudah pasti, sebab memang Glenmore tersebut merupakan kawasan yang dulunya pernah dimiliki bangsawan Skotlandia yang bernama “Ros Taylor”, sebuah kawasan yang cukup luas dan berkoltur tinggi yang dibelinya dari gubernur Hindia Belanda di tahun 1909 lalu. Wisatawan Belanda ada banyak yang datang mengunjungi kota Glenmore hanya sekadar untuk bernostalgia dan sekaligus juga mengunjungi sebuah perkebunan karet, cokelat, dan kopi yang ada di daerah sekitar Glenmore.

Menikmati Lontong Campur Kuliner Khas Glenmore Banyuwangi

Wisata kuliner Glenmore lontong campur

Lupakan sejenak tentang sejarah Glenmore, Anda bisa melihat kuliner yang cukup unik di Glenmore yakni lontong campur. Sebelum pia Glenmore jadi icon baru jajalan dari Glenmore Banyuwangi. Ternyata lontong campur satu ini sudah terlebih dulu hadir bersama warga Madura yang tinggal di Glenmore. Masakan satu ini adalah cermin warna pendalungan khasnya kota Glenmore. Lontong campur tersebut diadaptasi dari makanan yang sama asal Madura akan tetapi kemudian diracik kembali serta dimodifikasi ulang dengan menggunakan rempah-rempah khas Jawa.

Makanan ini dibuat dari bahan dasar kacang goreng, lalu dihaluskan dan diberi campuran petis khas Madura, diberi dengan sedikit garam serta air, yang selanjutnya sambal kacang tersebut disiramkan pada irisan lontong. Kemudian campuran tersebut lalu dicampur lagi dengan kuah campur yang sudah dibuat dengan bebagai macam rempah, seperti halnya dengan cengkeh, pala, serta lombok merah.

Kuah yang memiliki warna kemerah-merahan ini nantinya dicampurkan dengan mie bakso serta irisan daging sapi, dihidangkan berasma kerupuk ikan. Hemmm… rasanya sudah pasti sangat enak dan lezat. Harga lontong campur khas Banyuwangi ini terbilang cukup murah, yakni Rp 7.000,00 per porsi.

Demikian informasi tentang wisata kuliner Glenmore Banyuwangi, lontong campur. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi liburanmu di Banyuwangi.