12 Pilihan Tempat Wisata di Kalimantan Utara Yang Wajib Dikunjungi

Banyak potensi tempat wisata di Kalimantan Utara yang belum dikenal karena tidak ter-exspose dan kurang promosi. Provinsi ini memiliki potensi wisata yang layak untuk di kunjungi karena memiliki vegetasi alam yang baik dan suasana alam yang masih alami. Beberapa tempat wisata di Kalimantan Utara yang wajib di kunjungi antara lain.

Pilihan Tempat Wisata di Kalimantan Utara

1. Museum Roemah Boendar

Tempat Wisata di Kalimantan Utara – Museum Roemah Boendar

Sesuai dengan namanya, Rumah Bundar merupakan museum peninggalan Jaman penjajahan Belanda dan Jepang dengan atap dan halaman rumah berbentuk bundar. Lokasi rumah Bundar terletak di Tarakan.

2. Long Bawan

Long Bawan

Long Bawan berbatasan langsung dengan Sabah – Malaysia. Keunikan tempat Long Bawan karena dihuni oleh Suku Dayah Lundayeh. Di lokasi ini sering dilakukan upacara adat.

Di Desa Long Bawan masyarakat bekerja sebagai penghasil garam alam dan berternak kerbau selain menari tarian yang unik.

3. Persemaian Inhutani

Persemaian Inhutani

Lokasi ini merupakan tempat untuk menikmati keindahan alam dengan pemandangan pohon yang tinggi dan rindang. Lokasi ini terletak di Tanah Tidung.

Di lokasi ini sangat cocok untuk melepas kepenatan bekerja untuk menikmati alam yang masih alami dan segar.

4. Hutan Lindung Sungai Sesayap

Hutan Lindung Sungai Sesayap

Hutan Lindung Sungai Sesayap ini dinikmati karena bisa menikmati hutan menggunakan perahu di sekitar sungai Sesayap. Kawasan ini di lindungi oleh pemerintah karena merupakan habitat bagi hewan-hewan langka.

Di lokasi ini Anda bisa menemukan hewan pengerat, burung, kera dan orang utan.

5. Pantai Batu Lamampu

Pantai Batu Lamampu

Pantai Batu Lamampu merupakan objek wisata kebanggaan Kabupaten Nunukan. Batu Lamapu berada di daerah Pulau Sebatik.

Di pulau ini terdapat pantai yang luas, lalu saat laut pasang timbul batu keluar dari air laut. Nama Batu lamapu berarti batu yang timbul saat air pasang.

6. Pantai Tanah Kuning

Pantai Tanah Kuning

Pantai tanah kuning ini masih alami dengan air yang jernih dan pasir yang berwarna Kuning. Di pantai ini kita bisa menikmati keindahan alam yang ada disekitarnya dan menghirup udara yang cukup segar.

Pantai yang terletak di Daerah Derawan ini terkenal dengan populasi ikannya yang sangat banyak. Tak heran wisatawan yang pulang dari Pantai Tanah Kuning ini selalu membawa oleh-oleh makanan ikan segar.

7. Pantai Amal

Tempat Wisata di Kalimantan Utara – Pantai Amal

Anda dan keluarga dapat menikmati keindahan alam serta pesona keindahan pantai yang mempunyai air biru dan juga pepohonan kelapa yang menghiasi di sepanjang pesisir pantai.

8. Air Terjun Semolon

Tempat Wisata di Kalimantan Utara- Air Terjun Semolon

Air terjun panas Semolon berada di kecamatan mentarang desa paking Kabupaten Malinau. Air terjun panas semolon merupakan air mengalir yang begitu hangat dan bening. Airnya dipercaya mampu memberi tenaga dan menyembuh kan penyakit kulit dan penyakit gatal lainya.

Keindahan alam obyek wisata ini begitu asli, indah dan asri yang belum terjamah oleh siapa pun.

9. Gunung Putih

Tempat Wisata di Kalimantan Utara – Gunung Putih

Gunung kapur yang terletak di desa Gunung Putih, kec. Tanjung Palas, Bulungan ini sangat eksotis, dimana banyak sekali ditemukan bak ukiran relief-relief yang dibuat oleh seorang seniman berkelas Tinggi.

Cocok sekali untuk wisatawan yang suka memanjat tebing namun kalau anda masih ragu bisa menggunakan tangga yang sudah disiapkan.

Nah kalau anda ingin pergi ke sini jangan lupa untuk membawa tenda. Karena di malam hari dari atas gunung putih sangat romantis untuk bersantai bersama dengan keluarga.

10. Gunung Rian

Gunung Rian

Gunung Rian yang ada di daerah Desa Safari Rian, kecamatan Sesayap ini merupakan salah satu hutan lindung yang memiliki banyak pontesi wisata di Kalimatan Utara. Banyak Turis asing yang selalu berbondong-bondong untuk liburan di tempat ini.

11. Museum Kesultanan Bulungan

Museum Kesultanan Bulungan

Kalimantan Utara menyimpan banyak sejarah yang sangat berharga tepatnya di Kabupaten Bulungan. Anda dapat berwisata sejarah tentang Kesultanan Bulungan yang dahulu memimpin di wilayah Bulungan.

12. Penangkaran Buaya Juwata

Tempat Wisata di Kalimantan Utara – Penangkaran Buaya Juwata

Salah satu objek penangkaran Buaya yang terkenal di Kalimantan Utara yaitu Penangkaran Buaya Juwata. Disini banyak sekali ditemukan jenis buaya dari pulau Kalimantan seperti buaya muara, buaya supit dan buaya air tawar.

Lokasi Penangkaran ini berada di daerah Karang Harapan, Tarakan Barat. Luas wilayah penangkaran ini mencapai 5 Hektar dan didirikan pada tahun 1991. Penangkaran Buaya Juwata juga sering di kunjungi oleh wisatawan asing.

Masih banyak tempat lain yang menarik sebagai tempat wisata di Kalimantan Utara yang wajib di kunjungi. Anda bisa menikmati wisata alam sungai, pegunungan, hutan lindung dan juga air terjun. Provinsi juga memiliki pantai yang berair jernih dengan pemandangan alam yang indah.