17 Air Terjun Terindah dan Terpopuler di Indonesia

AZWISATA.COM – Air Terjun Terindah di Indonesia. Salah satu potensi wisata alam Indonesia yang terkenal di Indonesia adalah air terjun. Begitu banyak air terjun terindah di Indonesia, tersebar di berbagai tempat dengan keunikan yang berbeda beda. Beberapa orang sangat menyukai wisata air terjun karena letaknya di ketinggian, berudara sejuk dan jauh dari polusi.

Lihat juga: 10 Pantai Terindah di Indonesia

Salah satu alasan orang datang dan berwisata air terjun karena suasana dan suara air terjun sangat menyejukan, tidak bisa di dapat saat anda berada di tempat lain yang menawarkan wisata bermain air. Deburan air yang jatuh dari ketinggian memberi suasana tersendiri bagi pecinta air terjun, Berikut adalah daftar air terjun terindah di Indonesia

    Air Terjun Terindah di Indonesia    

 1  Geopark Ciletuh Sukabumi

Geopark Ciletuh Sukabumi

Geopark Ciletuh adalah kawasan wisata yang menawarkan minimal 10 air terjun di dalam satu kawasan. Semua air terjun di dalam kawasan masih asri dan bersih. Air terjun di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi merupakan air terjun yang berasal dari pegunungan. Setidaknya 4 air terjun yang sudah ditata aksesnya sehingga pengunjung mudah mengunjungi sampai ke bibir air terjun. Air terjun yang menjadi andalan Geopark Ciletuh yaitu Curug Cimarinjung, Curug Sodong, Curug Awang, Curug Cikanteh. 

 2  Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura

Air terjun ini berada di wilayah Malang, Propinsi Jawa Timur. Air Terjun Madakaripura memiliki cerita tentang tokoh Gajah Mada dari Majapahit di masa lampau. Air terjun Mandakaripura sangat dingin dan jernih, akses menuju air terjun sudah tertata dengan baik. Selain pemandangan air terjun, terdapat gua yang dipercaya sebagai tempat Mahapatih Gajah Mada bertapa.

 3  Air Terjun Sendang Gile Lombok
Air Terjun Sendang Gile Lombok

Air terjun ini merupakan air terjun yang berada di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani NTB, ketinggian air terjun ini mencapai 31 meter. Ciri khas air terjun ini adalah terdapat 2 tingkatan air terjun dimana tingkatan pertama air meluncur jatuh dari tebing dan tingkatan kedua merupakan terusan air yang pertama lalu jatuh ke dalam kolam air di dasarnya.


 4  Air Terjun Sipiso Piso, Sumatra Utara
Air Terjun Sipiso Piso, Sumatra Utara

Air terjun ini berada di Kabupaten Karo Sumatra Utara, Air terjun ini merupakan air terjun dengan ketinggian mencapai lebih 120 meter dari tanah. Air terjun Sepiso piso mengalir dari atas tebing yang sangat tinggi, di sekitar air terjun ini merupakan kawasan hutan pinus yang masih alami. 

 5  Air Terjun Dua Warna, Sumatera Utara
Air Terjun Dua Warna, Sumatera Utara

Air terjun yang terletak di Sumatra Utara ini memiliki keunikan tersendiri seperti warna airnya yang terdiri dari warna bening dan biru. Air Terjun Dua Warna dapat ditemukan di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Untuk menuju air terjun ini, dibutuhkan perjuangan yang cukup keras karena kita akan berjalan menembus hutan yang rimbun sebelum mencapai lokasi. Medan perjalanannya pun terbilang sulit, mulai dari tanjakan dan penurunan hingga jurang yang dapat menguras stamina. Namun jika telah sampai di lokasi air terjun dua warna, rasa lelah seperti hilang dan terbayarkan dengan indahnya pemandangan air terjun dua warna.
 6  Air Terjun Jogan, Yogyakarta
Air Terjun Jogan, Yogyakarta

Air terjun yang keberadaannya di bibir laut merupakan sesuatu yang langka, seperti halnya Air Terjun yang terletak di Pantai Jogan, Yogyakarta. Disini Anda dapat menemukan secuil nirwana berwujud tirai air yang mengalir ke laut. Selain itu pemandangan dipesisir pantai Jogan akan memanjakan mata pengunjung beserta gemuruh air yang menghantam batu karang. 

 7  Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta
Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Yogyakarta kembali memberikan sajian keindahan alam yang seakan tak ada habisnya. Air terjun Sri Gethuk yang terletak di Gunungkidul akan membuat Anda terpukau karena pesonanya. Air terjun Sri Gethuk berdekatan dengan lokasi wisata lainnya yaitu Gua Rancang Kencono. Air tejun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan berada tepat di tepi Sungai Oyo. Gemercik air dan hiasan daun nyiur yang melambai, akan menggoda Anda.

 8  Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara
Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara

Air terjun yang berada di kawasan Suaka Alam Suaka Margasatwa Tanjung Peropa dan dikelola oleh Pemerintah Daerah ini merupakan Air Terjun Moramo yang berjarak 60 kilometer dari kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Banyak yang mempercayai jika air terjun ini adalah tempat pemandian para bidadari.

Lain halnya dari kebanyakan air terjun terindah lainnya, Air Terjun Moramo memiliki tingkatan dengan ketinggian sekitar 100 meter. Tingkat atau undakan air terjun Moramo terdiri dari 7 undakan yang besar dan sisanya adalah undakan kecil yang di sisi-sisinya terdapat batu marmer besar yang memberikan pesona keindahan pemandangan alam  di kawasan air terjun Moramo.
 9  Air terjun Grojogan Sewu, Jawa Tengah
Air terjun Grojogan Sewu, Jawa Tengah

Grojogan Sewu adalah salah satu air terjun bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu yang terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar tepatnya di lereng Gunung Lawu.

Grojogan Sewu yang memiliki arti air terjun seribu. Walaupun air terjun di sini tidak berjumlah seribu, tapi terdapat beberapa titik air terjun yang bisa dinikmati di sini. Air terjun tertinggi yang ada tingginya mencapai sekitar 80 meter. 
 10  Air terjun Curug Cimahi, Jawa Barat
Air terjun Curug Cimahi, Jawa Barat

Nama Curug Cimagi diambil dari curug berarti air terjun dan Cimahi merupakan nama sungai yang mengalir diatasnya yaitu sungai Cimahi. Curug Cimahi merupakan air terjun yang berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Jika sedang beruntung, pengunjung bisa melihat pelangi yang tampak indah di air terjun ini.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

 11  Air Terjun Lawean, Jawa Timur
Air Terjun Lawean, Jawa Timur

Air terjun Lawean merupakan bagian dari lereng gunung Wilis dengan ketinggian 1200 M dari permukaan laut. Terletak di dusun Turi, desa Geger, kecamatan Sendang, atau 25 KM arah barat daya kota Tulungagung. Untuk menuju lokasi, Anda harus menempuh jarak sekitar 3 Km berjalan kaki.

 12  Air Terjun Nglirip, Tuban
Air Terjun Nglirip, Tuban

Memiliki nama Air Terjun Nglirip atau yang lebih sering disebut Grajagan Nglirip oleh masyarakat setempat. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dan lebar sekitar 28 meter. Airnya yang begitu jernih disertai aliran yang deras membuat objek wisata ini terasa sangat sejuk. Air terjun yang berlokasi sekitar 36 km dari pusat kota Tuban ini berasal dari beberapa sumber air di daerah Hutan Krawak.

 13  Air terjun Sigura gura, Medan
Air terjun Sigura gura, Medan

Salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, sekitar 250 kilometer dari Kota Medan. Letaknya yang dekat dengan Danau Toba membuat air terjun ini selalu ramai pengunjung. Dengan ketinggian 250 meter, air terjun Sigura-gura mengalahkan air terjun lainnya seperti air terjun Madakaripura dengan ketinggian 200 meter dan air terjun Payakumbuh di Sumatera Barat yang memiliki tinggi 150 meter. Nuansa hutan yang alami pun akan menyambut Anda ketika memasuki daerah ini, beberapa pepohonan khas dataran tinggi tampak tumbuh tinggi menghiasi panorama di sekitar objek wisata air terjun ini.

 14  Air Terjun Curug Citambur
Air Terjun Curug Citambur

Air Terjun Curug Citambur merupakan air terjun yang terletak di desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur atau lebih tepatnya 65 kilometer dari kota Cianjur. Ketinggian air terjun ini sekitar 40 meter dan air yang jatuh sebagian menjadi embun dan uap air sehingga wilayah yang berada di sekitar Curug Citambur menjadi sejuk.

Karena hempasan airnya berubah menjadi uap dan embun itu jugalah, pengunjung akan basah jika terlalu mendekati air terjun. Misalnya saja, jika pengunjung mendekati air terjun meskipun itu di jarak 50 meter dari air terjun mereka akan langsung basah kuyup. Jika tidak ingin kebasahan, pengunjung cukup duduk bersantai di tepi air terjun.
 15  Air Terjun Payakumbuh, Sumatra Barat
Air Terjun Payakumbuh, Sumatra Barat

Air terjun ini terletak di Ngarai Harau, 35 km dari Bukittinggi. Berada di sela-sela perbukitan dan lembah harau terdapat sebuah jurang yang dalam dan sebuah air terjun yang sangat indah, bahkan kadang dipenuhi oleh sekumpulan kupu-kupu beterbangan, sehingga membuat air terjun ini merupakan kombinasi alam dengan pemandangan yang sangat indah.

 16  Air terjun Curug Cipendok, Jawa Tengah
Air terjun Curug Cipendok, Jawa Tengah

Curug Cipendok merupakan kawasan wisata yang diresmikan pada tanggal 27 Februari 1987 oleh pemerintah kabupaten Banyumas. Air terjun Curug Cipendok memiliki ketinggian 92 meter dan keadaan alam disekitarnya terbilang masih alami karena kawasan wisata ini masih belum ramai dikunjungi jika dibandingkan dengan kawasan wisata air terjun lainnya.

Hawa di sekitar kawasan ini sangat sejuk dan terdapat perkebunan di sepanjang jalan menuju kawasan wisata. Di kawasan itu juga, terdapat objek wisata lain yaitu bumi perkemahan dan Telaga Pucung yang terletak 500 meter sebelah barat Curug Cipendok.
 17  Air Terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu 
Air Terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu adalah salah satu objek wisata yang melambungkan nama Kabupaten Lumajang di kalangan para traveler. Berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, keindahan air terjun ini mulai tersohor di kalangan wisatawan asing dan mancanegara.

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini, kamu memang harus melewati perjalanan yang terbilang ekstrem. Tapi, rasa lelah dan perjuanganmu pasti akan terbayar setelah melihat panorama dan merasakan segarnya bermain air di kawasan Air Terjun Tumpak Sewu.

Editors’ Pick:

Selain daftar air terjun terindah di Indonesia diatas, masih banyak air terjun lain yang sudah terkenal atau bahkan belum di ekspose sebagai potensi wisata Indonesia. Di negara ini tidak sulit menemukan air terjun, namun kendalanya banyak warga yang tidak menganggap air terjun sebagai salah satu potensi wisata bahkan tidak merawatnya sehingga lingkungan sekitar air terjun kotor dan tidak tertata dengan baik.