Wisata Kahyangan Wonogiri: Menghilangkan Penat Sekaligus Mengenang Sejarah

Azwisata.com, Wisata Kahyangan Wonogiri – Satu lagi situs bersejarah datang dari Wonogiri timur. Situs tersebut adalah Kahyangan, berada di sebuah dusun kecil bernama Dusun Dlepih di Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri. Perjalanan menuju Kahyangan dapat ditempuh dengan jarak 47 kilometer dari pusat kota Wonogiri.

Lihat juga: 8 Pesona Wisata Wonogiri yang Populer untuk Anda Kunjungi

Jika Anda akan menggunakan angkutan umum untuk pergi ke sana sebaiknya Anda naik bus dari terminal Solo ataupun naik minibus dari terminal depan Kantor Agraria, pilih minibus yang bertuliskan Tirtomoyo.

wisata kahyangan tirtomoyo wonogiri

Setelah sampai di Tirtomoyo Anda harus mencari angkutan desa yang menuju ke arah Kahyangan atau Sukarjo. Setelah itu Anda masih harus berjalan kaki sejauh 1 km karena akses jalan tidak memadai untuk kendaraan roda 4. Sekedar saran, jika Anda pergi ke sana lebih baik menggunakan kendaraan roda 2 agar tidak harus kecapekan berjalan sejauh 1 km.

Sejarah Kahyangan Wonogiri: Antara Panembahan Senopati dan Nyi Roro Kidul

Dulunya Dusun Sukarjo ini merupakan sentra penghasil batik, namun sekarang usaha batik masyarakat sekitar mulai tergusur dengan usaha pemuatan genteng press. Mereka memilih usaha tersebut karena lebih cepat hasil dan juga uang. Genteng dari daerah ini dikenal dengan nama Genteng Press Wiroko, genteng ini sudah terkenal akan kekuatan dan ketahanannya.

Konon Kahyangan pada zaman dahulu merupakan tempat bersemedinya Danang Suto Wijoyo. Beliau selama ini dikenal dengan nama Panembahan Senopati. Di puncak Kahyangan terdapat sebuah air terjun yang konon katanya merupakan tempat bertemunya Danang Suto Wijoyo dengan Nyi Roro Kidul.

Saat menjelang malam pergantian tahun Jawa atau yang biasa dikenal dengan malam Suro, Kahyangan akan dikunjungi pendatang yang kebanyakan berasal dari luar kota. Kebanyakan orang yang datang ke Kahyangan adalah untuk melakukan meditasi, namun ada juga yang datang ke sana untuk melakukan syukuran atas keberhasilan usahanya dan ucapan terima kasih atas panen mereka yang berlimpah.

Saat ini Kahyangan telah dilengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Bagi Anda umat Islam, sekarang tidak perlu takut tertinggal waktu sholat karena di obyek wisata Kahyangan sudah ada mushola. Selain mushola, juga telah dibangun toilet dan warung-warung yang menjual souvenir khas Kahyangan.

Tempat Wisata Alam lainnya:

Itulah sedikit ulasan tentang obyek wisata Kahyangan, tunggu apa lagi? Ayo berlibur ke Kahyangan.