Waduk Gajah Mungkur: Wisata Alam Wonogiri Serba Guna

Azwisata.com, Waduk Gajah Mungkur Wisata Alam Wonogiri Serba Guna – Kalau Anda penduduk Jawa Tengah pasti tidak asing dengan yang namanya Waduk Gajah Mungkur. Awal pembuatan waduk ini, pemerintah terpaksa menggusur warga dan mengungsi ke tempat lain, ada juga yang di pindah ke Kalimantan.

Pada awalnya hanya untuk pengairan, namun lama kelamaan waduk ini malah manjadi daya tarik wisata dan juga dapat dimanfaatkan sebagai PLTA.

Terletak di selatan Kabupaten Wonogiri, dengan luas 8800 hektar dan mulai dibangun sekitar tahun 1970 serta mulai digunakan pada tahun 1978. Selain digunakan sebagai PLTA, waduk ini juga berfungsi sebagai pengairan sawah dan lahan pertanian milik warga sekitar Kabupaten Wonogiri.

Sekarang Waduk Gajah Mungkur juga digunakan sebagai tempat rekreasi bagi warga sekitar dan juga luar daerah. Dipinggir pusat Waduk Gajah Mungkur terdapat beberapa binatang yang ada di kandang layaknya kebun binatang.

Ada buaya, gajah, ular dan masih banyak lagi. Disana juga terdapat permainan flying fox dan water boom yang bisa memanjakan anda sekeluarga dengan bermain air seharian. Pengunjung juga bisa menyewa pancing untuk memancing ikan disana. Terdapat pula beberapa karamba yang bisa anda kunjungi. Di pinggir waduk sudah terdapat beberapa boat yang bisa untuk berkeliling waduk.

Rute Menuju Waduk Gajah Mungkur

Kalau kamu dari arah Surakarta, maka kamu harus menempuh jarak sekitar 30 KM melewati Kabupaten Sukoharjo, dengan terus lurus ke arah selatan. Sampai di Kota atau pusat kota Wonogiri, nanti ke barat kurang lebih 5 KM dan sampailah anda di Waduk Gajah Mungkur.

Jangan malu-malu untuk bertanya, orang Wonogiri sangatlah ramah tamah. Atau, Anda ikuti plakat petunjuk jalan warna hijau dan Anda bakal mudah sampai di tempat tujuan karena lokasinya di pinggir jalan. Waduk Gajah Mungkur beralamatkan di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Tempat Wisata Alam lainnya:


Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket, disana dipatok harga 15 ribu untuk hari biasa dan 20 ribu untuk hari libur.