8 Pesona Wisata Wonogiri yang Masih “Perawan” untuk Anda Kunjungi Sekarang Juga

Wonogiri atau yang kerap disebut Kota Gaplek, terletak di antara dua provinsi sekaligus, DIY dan Jawa Timur. Wonogiri punya beragam objek wisata yang masih alami. Sangat cocok bagi Anda para traveller yang gemar mengunjungi tempat-tempat “perawan”.

Objek wisata yang ada di Wonogiri pun memanjakan Anda dengan beragam pilihan. Mulai dari objek wisata pantai, perbukitan karst, alam, dan juga budaya setempat. Termasuk kuliner Wonogiri yang terkenal dengan Bakso-nya, Tiwul, Gaplek, Kacang Mete, hingga Cabuk Wijen.

Ditambah lagi masyarakatnya yang njawani, Wonogiri sangat penulis sarankan bagi Anda. Budaya sopan santun Keraton Solo dan Jogja pun tertular pada masyarakat Wonogiri. Mereka akan sangat welcome kepada Anda.

Sisi lain dari wisata Wonogiri adalah tarifnya yang sangat bersahabat dengan kantong traveller minim modal. Tentu ini akan semakin menggoda Anda untuk datang ke Wonogiri, bukan?

Jangan gegabah, lihat dulu apa saja keindahan Wonogiri yang penulis rangkum dalam tiga macam kebutuhan wisata, yaitu wisata pantai, perbukitan karst, dan air terjun.

wisata wonogiri yang menyejukkan

1. Wisata Pantai

Pantai Nampu – Pantai ini terletak di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. Anda bisa menikmati pemandangan pasir putih dan bukit hijau di sekitar pantai. Anda bisa menjangkau pantai ini selama 2 jam perjalanan dari pusat kota.

Pantai Banyutowo – Terletak di sekitaran Pantai Nampu, di pantai ini Anda akan menemukan sebuah fenomena alam yang menarik. Terjadi pertemuan antara air tawar dan air laut yang cukup menarik untuk disaksikan. Tiket masuk ke lokasi ini cukup Rp2.000,00 saja.

Pantai Sembukan – Satu keunikan lagi dari Wonogiri, selain keindahan pasir putih dan ombaknya, Pantai Sembukan pun punya cerita mistis. Konon, pantai ini adalah gerbang ke-13 menuju kerajaan Ratu Kidul. Tiap malam Suro, pantai ini jadi tempat upacara Labuhan Ageng.

2. Wisata Perbukitan Karst

Museum Karst Dunia – Letaknya di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, yang merupakan pusat penelitian ahli geologi. Pernah mendapat kunjungan dari UNESCO dalam rangka melakukan penenilitan. Di sini, Anda punya bisa rekreasi ke goa-goa sekitar yang tak kalah menariknya.

Goa Putri Kencono – Salah satu goa yang berada di utara pusat kecamatan yang berada di Desa Wonodadi, goa ini menawarkan pemandangan stalagmit yang alami dan keindahan dalam goa yang tidak pernah Anda saksikan sebelumnya.

3. Wisata Air Terjun

Air Terjun Setren Girimanik – Wisata ini terletak di Desa Setren, Girimanik, Kecamatan Slogohimo, titik timur dari pusat kota. Wisata ini menawarkan tiga macam tempat, yakni air terjun Manik Moyo (70 meter), air terjun Tinjo Moyo (30 meter) serta air terjun Condro Moyo.

Air Terjun Binangun Watu Jadah – Satu lagi tempat air terjun yang alami dan menyejukkan. Air terjun Binangun Watu Jadah ini terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno. Letaknya berbatasan dengan area Gunung Lawu, akses ke sana harus melewati perbukitan dan persawahan.

Air Terjun Kahyangan – Terakhir, air terjun Kahyangan yang berada di Kecamatan Tirtomoyo menawarkan wisata alam dan juga mistis. Konon, tempat ini dulu menjadi tempat bertapa Raden Mas Said, pemimpin Keraton Mangkunegaran I yang sangat disegani oleh Belanda.

Itulah sekelumit informasi tentang objek “perawan” dari Wonogiri. Wisata yang seru, penuh tantangan, banyak wawasan, bisa Anda peroleh dengan tarif yang cukup terjangkau. Kesimpulannya, Wonogiri bisa Anda jadikan alternatif wisata yang murah dan seru.