8 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang Wajib Anda Kunjungi

AZWISATA.COM – Tempat Wisata di Sulawesi Barat – Resmi menjadi provinsi ke – 33 pada 5 Oktober 2004, dan beribukota di Mamuju, Sulawesi Barat tak luput dari pandangan para traveller untuk menikmati kekayaan alam dan budaya disana. Ragam suku yang mendiami provinsi pemekaran Sulawesi Selatan ini diantaranya Bugis, Makassar, Toraja dan yang paling besar; Mandar. Orang Mandar terkenal sebagai pelaut yang ulung dan handal,sehingga beragam kuliner Sulawesi Barat berasal dari makanan laut.

Ragam kuliner, suku, budaya dan objek wisata yang ada di Sulawesi Barat akan kami ulas pada postingan berikut. Jika menemukan warga berbondong-bondong ke masjid dengan membawa balasuji, sejenis wadah dari bambu berbentuk persegi panjang, dengan berbagai macam makanan di dalamnya, maka Anda akan menyaksikan Wisata Budaya Sayyang Pattudu.

Dilaksanakan setiap bulan Maulid, acara untuk merayakan syukuran atas khatam Al Quran ini juga diramaikan dengan anak-anak yang menunggang kuda berhias. Ritual ini menjadi sangat istimewa karena kebiasaan orang Mandar yang yang sering mengkhatamkan Al Quran sejak kecil.

Ada satu Wisata Budaya tahunan seru yang wajib ditonton, Sandeq Race di lepas pantai Mamuju. Ya, di pantai Mamuju inilah start passandeq menunjukkan kepiawaiannya mengatur kemampuan manuver, membaca arus, arah angin, dengan masih mengikutkan ritual didalamnya.

Menempuh jarak 300 mil laut sampai Makassar, passandeq atau awak kapal diharuskan memutari area berbatas 3 titik.

Berikutnya, mari simak beberapa tempat wisata di Sulawesi Barat yang bisa jadikan destinasi liburan bersama keluarga.

Tempat Wisata di Sulawesi Barat

1. Pantai Batu Raja

Pantai Batu Raja

Pantai Batu Raja berada di Desa Bukit Samang, Kecamatan Sendana. Sangat mudah menemukan Pantai Batu Raja Apoang ini. Perjalanan menuju Majene, kabupaten di Sulawesi Barat, melalui Mamuju, biasanya akan melewati jalan raya di tepian Pantai Batu Raja Apoang. Kab Majene memiliki kontur geografis yang unik, lokasinya yang berada di bagian barat provinsi Sulawesi Barat membuat satu sisinya dibatasi sepenuhnya oleh laut, Kab. Majene punya segala alasan untuk menjadi destinasi wisata pantai yang memukau. Pantai dan laut merupakan keniscayaan di Majene.

2. Pantai Dato Majene

Pantai Dato Majene

Berjarak 7 KM atau 15 menit menggunakan kendaraan pribadi dari kota Majene, kunjungi Wisata Alam Pantai Dato Majene. Keunikan dari pantai berpasir putih dan berkarang ini menambah keindahan pantai Dato yang terkenal berair jernih. Snorkling pun bisa dilakukan, atau sekedar memancing ikan atau menikmati sunset di balik bukit.

3. Pantai Lombang Lombang

Pantai Lombang Lombang

Objek wisata berikutnya yang terdapat di Sulawesi Barat ada di Mamuju,Pantai Lombang Lombang. Berjarak 30 KM dari Mamuju, pantai ini memiliki keindahan senja hari dengan iringan debur ombak, eksotisnya pasir hitam halus dan pohon bakau.

Pengunjung disuguhkan beberapa fasilitas gazebo, snorkling dan diving, serta olahraga voli pantai. Cocok bagi wisatawan yang hendak mengahabiskan liburan akhir pekan setelah penat menjalankan aktifitas.

4. Pantai Manakarra

Pantai Manakarra

Anjungan Pantai Manakarra selalu ramai pengunjung baik sore maupun malam hari. Keindahan pantai dengan anjungan unik dihiasi gong perdamaian dan miniatur perahu Sandeq khas orang Mandar, membuat Pantai Manakarra menjadi salah satu tempat wisata di Sulawesi Barat teramai di jantung kota Mamuju.

5. Pulau Karampuang

Pulau Karampuang

Tempat wisata di Sulawesi Barat dengan fasilitas snorkling dan diving lainnya adalah Pulau Karampuang, seberang pantai Kota Mamuju. Tidak perlu diragukan, tempat wisata di Sulawesi Barat ini terkenal dengan kejernihan air dengan terumbu karang nan eskotis dan beragam ikan kecil meliuk-liuk beraneka warna.

6. Wisata Kuliner Loka Anjoroi

Salah satu wisata kuliner yang perlu ada coba adalah Loka Anjoroi. Loka Anjoroi merupakan makanan khas Mandar – Sulawesi Barat. Biasanya makanan ini dihidangkan pada jam 9-10 pagi hari di acara-acara pertemuan kekeluargaan, tanpa Loka Njoroi seakan akan pertemuan kurang lengkap. Makanan khas ini juga sesuai selera Nusantara. Jadi jangan lupa ya mencicipi rasa khas makan satu ini.

7. Pantai Palippis

Pantai Palippis

Salah satu obyek wisata alam yang terletak di Polewali, Mandar Provinsi Sulawesi Barat adalah Pantai Palippis, Pantai Palippis dikenal dengan keindahan panorama alam laut yang sangat eksotis. Pantai Palippis berada di jalan poros Provinsi Sulawesi Barat, lebih tepatnya di Desa Bala Kecamatan Balanipa atau sekitar 20 Km dari ibu kota Kabupaten Polewali Mandar.

Tidak hanya hamparan pasir putih yang memanjang, di sepanjang pantai juga tampak keindahan alam perbukitan serta batu karang dengan tebing dan goa alam di Lawuang yang memanjang dan bersambung dengan pantai Palippis (kurang lebih sepanjang tiga kilo meter).

Di kawasan ini dapat juga ditemukan tebing karang yang menyerupai ngarai,  gua kelelawar yang  terletak di atas bukit yang membentang tidak jauh dari bibir pantai semakin menambah keindahan pesona Pantai Palippis.

8. Pesta Pattuddu

Pesta Pattuddu

Pesta Pattuddu, atau lebih dikenal Sayyang Pattuddu’ (kuda menari) merupakan salah satu kegiatan suku Mandar. Sayyang Patuddu’ di sebagian wilayah di Kabupaten Polewali Mandar, Majene, dan Mamuju lazim ditampilkan untuk merayakan keberhasilan anak-anak yang khatam Al Quran.

Acara khatam yang diwarnai Sayyang Pattuddu’ ini hanya dilaksanakan sekali dalam setahun, yakni setiap bulan Maulid. Biasanya acara tersebut diselenggarakan per desa/kelurahan/kecamatan dengan waktu dan jumlah peserta yang berbeda-beda.

Sudah tentukan tempat wisata di Sulawesi Barat pilihan Anda?