Wisata Danau Kelimutu, Sekeping Surga Tersebunyi di Pulau Flores

Azwisata.com, Wisata Kelimutu – Danau Kelimutu merupakan salah satu danau terindah yang ada di Indonesia, tepatnya di Pulau Flores. Danau yang terletak di tengah – tengah pucak Gunung Kelimutu ini terdiri atas tiga buah danau yang memiliki warna air yang berbeda satu sama lainnya. Ketiga danau yang ada di puncak Gunung Kelimutu ini diberi nama Tiwu Ata Mbupu (warna biru kehitaman), Tieu Nuwa Muri Koo (warna hijau tosca), dan Tiwu Ata Polo (warna hitam kecoklatan).

Wisata Danau Kelimutu, Sekeping Surga Tersebunyi di Pulau Flores

Objek Wisata

Berbeda dengan kebanyakan wisata danau lainnya, wisata Danau Kelimutu hanya dapat dinikmati secara visual saja. Di danau Kelimutu, Anda akan disugukan pemandangan tiga buah danau yang berbeda warnanya. Tidak hanya itu, di sekitar wilayah danau ini, Anda juga akan disugukan pemandangan alam berupa berbagai macam tanaman dan juga satwa liar yang hidup di sekitar pegunungan Kelimutu.

Lihat juga: Wisata Kawah Ijen, Gunung Wisata Kaldera di Indonesia

Jika di kebanyakan danau lainnya Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas wisata seperti berenang, atau pun bermain air, maka jangan harap Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas tersebut di danau yang satu ini. Alih – alih bisa melakukan berbagai macam aktivitas permainan air, di danau ini, Anda hanya bisa dan juga hanya diperbolehkan untuk menikmati keindahannya saja sekaligus mengabadikan keindahannya dengan menggunakan lensa kamera milik Anda.


Akses Lokasi

Danau Kelimutu terletak di dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu yang ada di perbatasan kawasan Bali dan Nusa Tenggara. Letak geografis Taman Nasional ini sendiri ada di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara timur.

Wisata Danau Kelimutu, Sekeping Surga Tersebunyi di Pulau Flores

Untuk bisa berada di lokasi Danau Kelimutu, Anda dapat berangkat dari desa Moni yang terletak Kawasan Taman Nasional Kelimutu. Dari desa Moni, satu – satunya metode yang bisa ditempuh oleh para pendaki adalah dengan berjalan kaki selama kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan. Untuk Anda yang ingin mengejar matahari terbit, Anda dapat berangkat dari daerah Moni sekitar pukul 2 hingga pukul 3 dini hari bersama dengan tim pendakian Anda.

Wisata Danau Kelimutu, Sekeping Surga Tersebunyi di Pulau Flores

Akomodasi dan Fasilitas

Karena terletak di daerah pegunungan yang sulit di jangkau, di Danau Kelimutu Anda tidak akan menemukan akomodasi penginapan atau pun fasilitas transportasi dan konsumsi sama sekali. Bahkan, untuk bisa berada pada lokasi danau tiga warna ini, para pengujungnya harus menempuh perjalanan terjal yang cukup jauh jaraknya.

Baca juga: Wisata Danau Toba, Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah NTT, Anda dapat menemukan fasilitas akomodasi penginapan di daerah Moni yang dijadikan sebagai tempat start awal keberangkatan menuju ke Danau Kelimutu. Di daerah ini, Anda dapat menemukan berbagai macam akomodasi penginapan dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Tidak hanya itu, di daerah ini Anda juga bisa menemukan banyak penjual makanan yang memang dikhususkan bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Danau wisata Kelimutu.