Pesona Gunung Bersalju Puncak Jayawijaya di Provinsi Papua

Azwisata.com, Pesona Gunung Bersalju Puncak Jayawijaya di Provinsi Papua – Puncak Jayawijaya merupakan salah satu wisata alam pegunungan yang berlokasi di Provinsi Papua. Wisata alam pegunungan yang merupakan puncak tertinggi di Asia Tenggara ini merupakan salah satu tujuan wisata pegunungan utama para pendaki gunung dari seluruh belahan dunia.

Artikel terkait: 15 Tempat Wisata Alam di Indonesia yang Paling Indah

Jalur pendakian yang sangat ekstreme disertai dengan ketinggian gunung yang cukup fantastis menimbulkan daya tarik tersendiri bagi para pendaki gunung di seluruh belahan dunia untuk bisa menaklukkan gunung tertinggi di daerah Asia Tenggara ini.

Wisata Puncak Jayawijaya, Pesona Puncak Gunung Bersalju di Provinsi Papua

Objek Wisata

Sama seperti halnya wisata gunung lainnya, wisata puncak gunung Jayawijaya menghadirkan pesona keindahan alam pegunungan yang sangat luar biasa. Tidak hanya itu, salah satu poin plus yang juga akan ditemukan oleh para pendaki Gunung Jayawijaya adalah keberadaan salju di puncaknya. Ya, salah satu keistimewaan wisata Gunung Jayawijaya adalah puncaknya yang diselimuti oleh salju yang selalu ada di sepanjang tahun.

Akses Lokasi

Wisata Puncak Jayawijaya terletak di Provinsi Papua, tepatnya di pegunungan Sudirman. Gunung yang masih merupakan bagian dari Taman Nasional Laurentz ini merupakan salah satu objek wisata pegunungan yang sangat sulit untuk ditempuh. Bahkan, di beberapa waktu tertentu, gunung tertinggi di Asia Tenggara ini juga tidak dapat didaki karena permasalahan cuaca dan juga berbagai macam kendala lainnya.

Pesona Gunung Bersalju Puncak Jayawijaya di Provinsi Papua

Mengingat jalur pendakian yang sangat terjal dan juga berbahaya, mayoritas pendaki puncak Jayawijaya biasanya memanfaatkan jasa agen perjalanan. Dengan menggunakan jasa agen perjalanan, aktivitas pendakian dapat berjalan dengan lebih cepat, aman, dan juga menyenangkan. Meskipun begitu, biaya yang dibutuhkan untuk bisa mendaki puncak Jayawijaya menggunakan jasa agen perjalanan adalah sekitar 10.000 US Dollar atau sekitar 130-an juta rupiah per orangnya. Dengan biaya sebesar ini, setiap pendaki sudah mendapatkan seluruh fasilitas pendakian, termasuk fasilitas asuransi jiwa.

Akomodasi dan Fasilitas

Sama seperti hanya kebanyakan wisata gunung lainnya, fasilitas dan akomodasi yang ada di puncak gunung Jayawijaya tergolong sangat minim. Satu – satunya akomodasi penginapan yang tersedia di jalur pendakian Jayawijaya hanyalah base camp yang dimiliki oleh para agen perjalanan yang mengurusi pendakian Jayawijaya. Selepas dari base camp tersebut, aktivitas penginapan akan dilaksanakan dengan menggunakan tenda yang harus disiapkan oleh setiap pendaki.

Artikel lainnya: 7 Tempat Wisata Di Papua yang Sangat Eksotis untuk Dikunjungi

Untuk fasilitas transportasinya sendiri, setiap pendaki atau pun pengunjung puncak Jayawijaya yang menggunakan jasa agen perjalanan akan mendapatkan fasilitas transportasi berupa pesawat dari Jakarta menuju ke Papua, serta fasilitas Helikopter dari Papua menuju ke base camp milik agen perjalanan tersebut. Tidak hanya itu, setiap pendaki yang menggunakan jasa transportasi biasanya juga akan diberikan fasilitas tambahan berupa asuransi, pemandu pendakian, dan pelatihan singkat sebelum memulai aktivitas pendakian wisata puncak Jayawijaya.