Mengunjungi Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta yang Mempesona

Azwisata.com, Wisata Pantai Parangtritis – Daerah Istimewa Yogyakarta, daerah ini memang sudah menjadi magnet wisata bagi banyak wisatawan lokal. Tidak hanya itu, banyak juga turis – turis dari luar negeri yang bisa kita temui di daerah Yogyakarta. Dari banyaknya lokasi wisata yang ada di Yogyakarta, kita bisa menemui wisata pantai Parangtritis Yogyakarta yang memiliki nilai dan daya tarik tersendiri dibandingkan lokasi wisata yang lain. Jika anda belum tahu soal pantai Parangtritis, berarti anda adalah seorang yang sedikit ketinggalan informasi.

Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta yang Mempesona

Ya, soalnya pantai yang satu ini sudah menjadi ikon yang sangat terkenal bagi daerah Yogyakarta. Sampai – sampai banyak yang menyebut pantai Parangtritis dengan singkatan “Paris”. Menjadi pantai yang populer di Yogya, ada beberapa hal yang membuat pantai Parangtritis ini menjadi terkenal dan menjadi pembicaraan banyak orang yang sudah menjamah lokasi wisata di Yogya ini.

Wisata terkait: Keindahan Pantai Krakal Gunungkidul

Keindahan Alami Parangtritis

Wisata pantai Parangtritis Yogyakarta ini memiliki keindahan pemandangan alami pantai yang sangat indah. Ditambah dengan lokasi pantai yang bisa digunakan sebagai tempat yang romantis untuk memandangi matahari yang tenggelam, pantai Parangtritis juga banyak dikunjungi oleh para sejoli yang sedang dimabuk asmara untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam di pantai ini. Tidak hanya itu, pantai Parangtritis juga memiliki mitos dimana terdapat Nyai Roro Kidul yang dipercayai oleh masyarakat setempat.

Ditempat ini, banyak yang masih percaya bahwa pantai Parangtritis merupakan pintu masuk gaib oleh Nyai Roro Kidul yang didalam ceritanya adalah penguasa laut selatan di pulau Jawa. Ombak – ombak yang besar dan hamparan pasir yang berbukit menjadi salah satu daya tarik tersendiri juga bagi wisatawan. Dari sini, kita dapat menikmati keindahan pantai bersama keluarga maupun kerabat tercinta kita. Terlebih lagi jika kita datang pada musim kemarau, kita bisa menyaksikan ombak – ombak yang besar yang bisa sampai 2 atau 3 meter tingginya.

Wisata terkait: Wisata Pantai Trikora Di Bitan yang Menakjubkan

Lokasi Pantai Parangtritis

Untuk berkunjung ke wisata pantai Parangtritis Yogyakarta ini, kita tidak akan menemukan kekecewaan dimana kawasan ini sudah cukup baik dikelola oleh pemerintah daerah khususnya kabupaten Bantul. Ya, di kawasan wisata Parangtritis, kita bisa menemukan banyak fasilitas yang bisa membantu kita menikmati liburan di sini.

Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta yang Mempesona

Mulai dari penjual pernak – pernik yang bisa dijadikan sebagai oleh – oleh, makanan, sampai ke tempat penginapan bisa kita dapat disini dengan mudah. Untuk mencapai lokasi wisata panti Parangtritis juga, kita tidak perlu jauh – jauh menempuh perjalanan. Pasalnya, jarak antara pantai Parangtritis dan pusat kota Yogya hanya berjarak sekitar 27 km.

Lihat juga: 10 Pantai Paling Indah di Dunia Versi National Geographic

Kita juga bisa mencapai pantai Parangtritis dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bis kota. Jika anda ingin menaiki kendaraan umum, anda bisa mencari informasinya dimulai dari terminal Umbulharjo. Tanyakan saja pada petugas terminal dan anda akan mendapatkan rute menuju pantai Parangtritis.

Nikmati Suasana Parangtritis

Untuk menikmati keindahan alam di pantai Parangtritis, kita tidak perlu merogoh kocek yang banyak. Hanya dengan Rp 3.000,- per orang saja, kita sudah bisa masuk ke kawasan pantai Parangtritis dan menikmati alam yang ada di pantai ini. Apalagi jika saat menjelang senja berganti malam, pantai Parangtritis memiliki suasana yang sangat romantis dimana kita bisa menyaksikan keagungan Tuhan dengan matahari yang tenggelam di ufuk barat.

Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta yang Mempesona

Untuk menunggu waktu yang tepat pada saat matahari terbenam, kita bisa menaiki kuda yang disewakan oleh masyarakat setempat. Ada juga permainan ATV yang bisa kita gunakan untuk menikmati bukit pasir yang ada di sepanjang pesisir wisata pantai Parangtritis Yogyakarta ini.