10 Tempat Wisata Pantai di Pacitan yang Paling Indah untuk Dikunjungi

Azwisata.com, Tempat Wisata Pantai di Pacitan – Indonesia adalah surganya tempat wisata. Ya, hal ini tidak bisa disangkal karena walaupun sudah banyak tempat wisata yang ada, masih ada lagi tempat wisata baru yang ditemukan belakangan ini. Nah, disini kita akan bahas soal tempat wisata pantai di Pacitan. Ya, ngomong – ngomong soal tempat wisata pantai, daerah Pacitan, Jawa Timur memiliki segudang pantai yang bisa dikunjungi untuk berlibur bersama keluarga terkasih maupun kerabat terdekat dengan ramai – ramai. Tentu saja, pantai adalah tempat yang sangat menarik untuk menikmati libur kerja maupun sekolah. Tidak hanya itu, pantai juga bisa digunakan sebagai tempat yang romantis bagi mereka yang baru menjalin kasih maupun yang sudah berkeluarga.

Lihat juga: Eksotisme Panorama Tempat Wisata di Pacitan

Di Pacitan ada beberapa pantai yang di rekomendasikan untuk menjadi tempat yang dikunjungi baik untuk menikmati libur panjang sekolah maupun libur pada akhir pekan. Langsung saja kita bahas mengenai pantai – pantai yang di rekomendasikan untuk anda berlibur menikmati waktu senggang anda.

    Tempat Wisata Pantai di Pacitan    

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar - Tempat Wisata Pantai di Pacitan

Yang pertama adalah Pantai Klayar. Pantai Klayar merupakan salah satu tempat wisata pantai di Pacitan yang indah yang wajib bagi para pecinta pantai untuk dikunjungi. Berlokasi di Desa Sendang tepatnya di Kecamatan Donorojo yang terletak sekitar 35 kilometer arah barat dari Kota Pacitan, pantai yang satu ini memiliki daya tarik alami yang tidak bisa dipungkiri lagi akan keindahannya.

Pantai Klayar memiliki hal yang unik selain pasir putih yang bisa kita nikmati sebagai pemandangan pantai. Disini, ada batu yang disebut – sebut menyerupai patung Sphinx. Dan, Pantai ini juga mempunyai seruling laut dan juga air mancur alami yang memiliki panjang sampai 10 meter.

2. Pantai Srau

Pantai Srau - Tempat Wisata Pantai di Pacitan

Selanjutnya tempat wisata pantai di Pacitan adalah Pantai Srau. Ya, pantai Srau berada di Kecamatan Pringkuku tepatnya di desa Candi yang berjarak 25 km dari Kota Pacitan. Disini, kita bisa menikmati pemandangan terbitnya matahari dan juga tenggelamnya matahari. Hal ini disebabkan oleh letak Pantai Srau yang memiliki tiga lokasi pantai.

Di lokasi pantai sebelah timur, kita bisa menikmati indahnya matahari terbit dan lokasi pantai sebelah barat kita bisa menikmati pemandangan tenggelamnya matahari. Di bagian tengah pantai Srau, terdapat batu karang yang bisa digunakan sebagai tempat memancing ataupun tempat untuk menikmati pemandangan lautan lepas yang sangat indah.

3. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo - Tempat Wisata Pantai di Pacitan

Salah satu pantai di Pacitan yang layak menjadi referensi wisata anda adalah Pantai Banyu Tibo Pacitan. Yang unik, pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini adalah Air Terjun yang berada di pinggir pantai dimana kucucan airnya langsung terjun ke pantai Selatan.

Nama Banyu Tibo adalah nama yang diberikan oleh masyarakat sekitar dimana air terjun tersebut berada.  Arti Banyu Tibo menurut bahasa jawa adalah air yang jatuh.  Yang membuat Banyu Tibo menjadi sangat menarik, yaitu air terjun ini terletak tepat berada di tepi bibir pantai.

4. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria - Tempat Wisata Pantai di Pacitan

Ada juga Pantai Teleng Ria. Pantai ini tidak terlalu jauh dari kota Pacitan karena hanya berjarak sekitar 3,5 km dari kota. Pantai yang satu ini cukup terkenal karena sangat mudah dijangkau. Pantai Teleng Ria menawarkan hamparan pasir putih yang luas sepanjang 3 km namun pantai ini termasuk cukup ramai pengunjungnya di akhir pekan. Jadi, untuk anda yang tidak suka tempat yang begitu ramai, lebih baik memilih pantai yang lainnya.

5. Pantai Kali Uluh

Pantai Kali Uluh - Tempat Wisata Pantai di Pacitan

Seperti halnya di beberapa pantai lainnya di Pacitan, Pantai ini memiliki ciri khas ombak yang besar, sehingga tentu saja Pantai ini menjadi surge para pecinta olahraga surfing. Pantai Kali Uluh ini berada di wilayah Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, sekitar 35 Km jika ditempuh dari Kota Pacitan.

Akses jalan menuju ke Pantai ini sudah baik, terutama karena melewati jalur lingkar selatan pacitan, melewati wilayah Karanganyar, Sidomulyo dan Gawang. Jika ingin menuju kesana, dapat melalui JLS, sampai fly over gayam belok kiri lewat pasar gayam, lewat fly over. Di pertigaan setelah gapura masuk desa klesem belok kiri, ikuti jalan itu terus sampai bertemu pertigaan, kemudian ambil yang kanan maka akan sampai pantai kaliuluh.

Baca juga: Tempat Wisata Alam di Jawa Timur yang Paling Populer

6. Pantai Sruni

Pantai Sruni - Tempat Wisata Pantai di Pacitan

Pantai Sruni ini adalah pantai pasir putih yang berada di Desa Jlubang, Pringkuku Pacitan. Diantara semua obyek wisata pantai di Pacitan, pantai ini memang belum dikelola secara baik, walaupun panorama pasir putihnya bagus. Di Desa Jlubang ini juga terdapat obyek wisata lain yakni Luweng Jaran. Namun akses menuju jalan Pantai Sruni ini masih belum baik sehingga jarang yang berkunjung ke pantai ini.

7. Pantai Tawang

Pantai Tawang - Tempat Wisata Pantai di Pacitan

Tepatnya di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo (Lorok), Pacitan sebuah pantai yang nampak masih asri dengan pemandangan naturalnya yang sejuk akan menggoda mata kita untuk menuju tempat itu.

Namanya Pantai Tawang, yang merupakan sebuah pantai yang unik karena jaraknya dangkal, ideal bagi yang ingin mencoba mandi atau berenang di air laut, hal ini dikarenakan posisi teluk yang menyerupai kantong sehingga arus lautnya tidak begitu kuat.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

8. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung - Tempat Wisata Pantai di Pacitan

Lalu, Pantai Watu Karung. Pantai Watu Karung merupakan pantai yang bisa dijangkau dengan halang rintang yang cukup menyulitkan. Terletak di daerah Pringkuku, kita harus menempuh perjalanan sekitar satu jam untuk sampai ke pantai ini dari pusat kota Pacitan. Tidak hanya itu, jalan menuju pantai ini juga banyak belokan dan naik turun yang membuat kita harus extra hati – hati jika ingin kesana. Namun, perjalanan jauh dan berkelok – kelok akan membawa kita ke surga pantai.

Disini, para peselancar akan bisa menikmati surganya dimana ombak yang ada sangat mendukung untuk berselancar. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata pantai di Pacitan, namun tunggu bahasan berikutnya yah.

9. Pantai Kunir

Pantai Kunir - Tempat Wisata Pantai di Pacitan

Pantai Kunir berada di Kecamatan Sudimoro, karakteristik utamanya adalah pasir putih seperti pantai lainnya di Pacitan. Hingga saat ini pantai Kunir belum dikelola secara maksimal untuk keperluan wisata.

10. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan - Tempat Wisata Pantai di Pacitan

Pacitan juga mempunyai pesona Pantai Pasir putih lainnya yang tak kalah eloknya dengan Pantai Srau, Watukarung, maupun Klayar. Pantai Buyutan adalah nama Pantai itu. Yang menarik dari Pantai ini adalah pasir putihnya yang indah dan bersih serta birunya warna laut yang berpadu dengan semilirnya angin khas pantai.

Pantai Buyutan adalah salah satu pantai di kota 1001 goa yang terletak di kecamatan Donorojo, Pacitan. Letak wilayahnya dekat dengan Pantai Klayar yang juga berada di daerah yang sama.

Seperti itulah ulasan tempat wisata pantai di Pacitan yang dapat pembaca kunjungi jika ingin menikmati keindahan susana pantai.