Tempat Wisata Candi Mendut Yang Kaya Akan Sejarah

Wisata Candi Mendut – Indonesia merupakan negara yang kaya akan sejarah. Banyak tempat bersejarah yang dijadikan sebagai tempat wisata menarik dan unik. Salah satunya ialah Candi Mendut. Candi yang sangat dekat dengan Candi Borobudur ini memiliki cerita tersendiri di balik kokohnya bebatuan yang membentuknya. Letaknya yang strategis membuatnya selalu ramai dikunjungi turis manca negara maupun domestik.

Tempat Wisata Candi Mendut Yang Kaya Akan Sejarah

Wisata Candi Mendut Yang Kaya Akan Sejarah

Candi tersebut adalah candi peninggalan dari kejayaan sejarah dinasti Syailendra. Raja Indra merupakan raja Syailendra yang membangun Candi Mendut. Hal tersebut dibuktikan dengan Prasasti Kayumwungan yang ditemukan di daerah Karangtengah. Meskipun letaknya di Magelang Propinsi Jawa Tengah, candi ini lebih dikenal dengan Candi Mendut Yogyakarta.

Lihat: 9 Tempat Wisata di Yogyakarta Memang Istimewa

Candi Budha ini sangat indah dengan bentuknya yang persegi empat dan hiasan stupa-stupa kecil. Walaupun dekat dengan Candi Borobudur, diketahui umur Candi Mendut lebih lama dibandingkan dengan Candi Borobudur. Arah keduanya pun saling berlawanan, Candi Borobudur menghadap lurus ke arah matahari terbit sedangkan Candi Mendut menghadap ke arah matahari terbenam, yaitu barat.
Kaki candi memiliki tinggi sekitar 3,7 meter dan sangat kokoh. Di bagian kaki Anda akan melihat relief tentang cerita binatang atau fabel. Kisah yang dieritakan yaitu Brahmana dan Kepiting, Burung dan Kura-kura dan Kera dan Burung Manyar. Meskipun seperti cerita untuk anak-anak, sebenarnya menyimpan pesan moral yang mengena juga bagi orang dewasa. Para turis pun sangat menyukainya.
Di bagian badan candi, Anda akan menemukan 8 relief Bodhisattva dengan beragam pose tangan. Ukuran relief yang berada di candi ini lebih besar dibandingkan dengan relief yang ada di Candi Borobudur. Begitu Anda masuk ke bagian bilik maka akan tercium wangi bunga yang bercampur dengan hio. Itu akan Anda temukan di antara 3 arca dengan tinggi masing-masing 3 meter, yaitu arca Dyani Buddha Cakyamuni (Vairocana), arca Budha Avalokitesvara (Lokesvara), dan arca Bodhisatva Vajrapani. Arca Budha Avalokitesvara berada di antara arca Dyani Buddha Cakyamuni (Vairocana) dan arca Bodhisatva Vajrapani yang berposisi duduk.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Di Magelang yang Menarik untuk Dikunjugi

Setelah itu, Anda dapat berjalan-jalan ke kios souvenir yang cantik. Anda bisa membeli beberapa buah tangan untuk orang tercinta di rumah. Tak hanya itu di sekitar candi juga terdapat beberapa tempat yang sayang jika dilewatkan. Berikut ulasannya.
Tempat Wisata Candi Mendut Yang Kaya Akan Sejarah

Pilihan tempat wisata di Candi Mendut

Buddhist Monastery
Tempat ini terdiri dari kolam dengan hiasan bunga-bunga teratai bermekaran. Anda bisa masuk karena dibuka untuk umum. Di akses masuk, Anda akan menemukan stupa berjajar sehingga Anda akan merasa kembali ke abad 12 yang sakral.

Ritual Chanting
Pada malam hari (19.00) di sekitar Buddhist Monastreryini terdapat ritual Canthing. Ini semacam meditasi dengan mendengarkan alunan musik. Namun hanya dilakukan oleh para pemeluk agama Budha. Menariknya wisatawan boleh mengikuti ritual tersebut.

Vihara Buddha Mendut
Di bagian utara Candi Mendut, Anda bisa menemukan Vihara Buddha Mendut. Ini merupakan area biara dari agama Katholik yang pada tahun 1950-an dibagikan kepada masyarakat. Kemudian dibeli oleh yayasan beragama Buddha dan dibangun vihara.


Nah, bagaimana gambaran pembaca azwisata.com dengan penjelasan tempat wisata Candi Mendut diatas? Bagi anda yang telah mengunjungi tempat ini pastinya memiliki kesan tersendiri dan tak ada salahnya memberikan opini anda di kolom komentar yang tersedia. Namun untuk anda yang belum pernah berkunjung di Candi Mendut, sebaiknya membuat agenda perjalanan anda ke tempat wisata yang kaya akan nilai sejarah ini. Sekian dan terima kasih

Wisata Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *