Mengenal Keindahan Wisata Gunung Slamet Yang Tak Terlupakan

Info Tempat Wisata – Gunung tertinggi kedua yang ada di Indonesia adalah Gunung Slamet. Gunung ini merupakan salah satu tempat wisata favorit, khususnya bagi mereka para pecinta alam. Gunung ini memiliki ketinggian 3428 mdpl. Posisinya sendiri berada di 4 Kabupaten, yaitu Brebes, Banyumas, Purbalingga, dan Pemalang.

Bagi anda yang ingin mendaki gunung ini, anda dapat memulai pendakian dari dusun Bambangan. Basecamp untuk para peserta melakukan pendaftaran pendakian, juga berada di dusun Bambangan ini. Saat melakukan pendakian, akan ada pos-pos yang di dalamnya terdapat shelter.

Pos pertama berada di Gambirung. Proses pendakian dari dusun Bambangan menuju pos pertama ini memerlukan waktu selama 1,5 sampai 2 jam. Anda akan menikmati pemandangan berupa ladang pertanian dan hutan pinus yang indah selama melakukan perjalanan menuju pos pertama ini. Perjalanan pun menjadi tidak terasa lelahnya karena telah terbayarkan oleh pemandangan yang begitu indah. Setelah sampai di pos satu ini, biasanya para pendaki mulai bermalam dan melanjutkan perjalanan keesokan harinya.
Setelah selesai di pos satu, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pos 2 Walang. Perjalanan menuju pos 2 membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Sepanjang perjalanan menuju pos 2 mungkin akan sangat melelahkan bagi anda, karena medan yang selalu mendaki dan tidak ada medan datar.

Sesampainya di pos 2, anda dapat kembali melanjutkan perjalanan menuju pos 3 Cemara. Waktu yang anda butuhkan sekitar 1,5 jam dari pos 2. Mengingat perjalanan menuju pos 3 yang cukup sulit, biasanya para pendaki beristirahat cukup lama dan menikmati bekal yang mereka bawa setelah sampai di pos 3 ini.Lihat juga: Deretan Tempat Wisata Sidoarjo Yang Wajib Dikunjungi

Perjalanan selanjutnya menuju pos 4 Samarantu. Pos 4 ini dikenal sebagai tempat paling menyeramkan yang ada di gunung Slamet. Sehingga sebaiknya anda tidak terlalu lama beristirahat jika berada di pos 4 ini. Anda dapat kembali melakukan perjalanan menuju ke pos 5.
Setelah melakukan perjalanan setengah jam dari pos 4, anda akan sampai pada pos 5. Pos ini terkenal dengan sumber airnya. Setelah pos 5 ini kemungkinan anda akan mengalami kesusahan dalam memperoleh air selama perjalanan selanjutnya. Sehingga disarankan anda dapat membawa air sebagai bekal untuk menuju pos selanjutnya.
Pos selanjutnya dapat anda tempuh selama setengah jam dari pos 5. Selama perjalanan menuju pos 6 Samyang Rangkah ini, anda akan disuguhi pemandangan dengan pepohonan yang semakin berkurang. Saat berada pada pos 6, anda dapat melihat pemandangan berupa Gunung Sindoro.
Perjalanan selanjutnya adalah menuju pos 7 Samyang Jampang. Biasanya para pendaki mulai mendirikan tenda setelah sampai di pos ini. Pos 7 merupakan pos terakhir sebelum anda mencapai puncak. Perlu istirahat yang cukup lama saat berada di pos 7 ini, mengingat waktu menuju puncak masih 1 atau 2 jam lagi. Selama perjalanan menuju puncak, anda akan melewati medan yang curam, dan pepohonan yang mula jarang terlihat. Setelah sampai puncak, segala kelelahan yang anda rasakan akan hilang dengan sendirinya.