Keindahan Danau Matano di Sulawesi Selatan – Rute dan Lokasi

Danau Matano, sebuah danau teknonik nan mengagumkan seluas 224 KM² dan dengan kedalaman yang mencapai 590 m, menjadikan danau ini sebagai yang terdalam se-Asia Tenggara dan urtan ke-8 sebagai danau terdalam di dunia. Namun bukan itu yang menjadikan salah satu objek wisata terbaik di Sulawsi Selatan ini menarik untuk dikunjungi, akan tetapi keindahan serta jernihnya air danau ini lah yang menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata yang sangat menarik untuk dikujungi.

Air di Danau Matano ini sangatlah jernih, dan karena saking jernihnya Anda dapat secara langsung melihat kehidupan beragam flora dan fauna yang hidup di dalamnya.

wisata danau matano

Di danau Matano terdapat 2 jenis ikan yang unik yaitu Ikan Opudi dan Buttini yang pastinya sangat susah dan bahkan hampir tidak mungkin dapat Anda temukan di tempat lainnya selain di danau ini.

Opudi merupakan spesies ikan hias yang merupakan spesies ikan khas Matano dengan ukuran tubuh yang kecil namun sangat menawan. Sedangkan Buttini atau ikan purba merupakan spesies ikan khas dari danau ini dengan bentuk tubuh seperti ikan zaman purba yang dapat dimakan dan memiliki rasa yang cukup lezat.

Di danau yang terbentuk dari ribuan mata air yang sebagian berada di bawah danau ini terdapat Goa yang bernama Goa Tengkorak. Goa Tengkorak dulunya oleh para penduduk asli setempat dijadikan tempat makam / tempat peristirahatan terakhir bagi mereka yang telah meninggal. Oleh karena itu, masih banyak tulang-tulang manusia yang terdapat di dalam goa ini.

Goa ini merupakan salah satu tempat yang menjadi tujuan favorit wisatawan saat berekreasi ke danau ini. Sebagia dari mulut goa ini tertutup air danau. Walaupun Anda tidak dapat masuk ke dalamnya selain dengna cara menyelam, Anda akan tetap dapat melihat goa tersebut karena jernihnya air danau ini dan bisa dijadikan salah satu spot berfoto terbaik di kawasan wisata ini.

Selain menikmati keindahan danaunya, Di sini Anda juga dapat menikmati keindahan dan keunika objek wisata lainnya di yang terdapat di sekitarnya. Anda dapat mengunjungi Kolam Mata Air Bura-Bura yang indah, atau mandi di Air Terjun Mata Buntu, atau Anda juga bisa mengunjungi dan melihat secara langsung kuburan tuda dari Suku Matano yang terletak di Dusun Matano.

Lihat juga: 15 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Menarik untuk Dikunjungi

Rute dan Lokasi Danau Matano

Lokasi Danau Matano ini berada di Kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Kec.Nuha, Sulawesi Selatan. Akses atau rute meuju Suroko bisa Anda tempuh melalui jalur udara maupun darat dari Kota Makassar. Untuk jalur darat terdapat bus rute Makassar – Sorowoko dengan waktu tempuh ±12 jam perjalanan. Sedangkan untuk jalur udara dapat menggunakan pesawat dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar dengan tujuan Bandara Sorowako (yang sampai tulisan ini ditulis Bandara di Sorowoko hanya bandara khusus yang dimiliki oleh PT. INCO) dengan waktu tempuh ± 55 menit.

Fasilitas yang Tersedia Di Danau Matano

Jangan khawatir Anda akan kesusahan dalam menikmati rekreasi Anda di danau ini, karena di lokasi wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas penunjang sperti Banana Boat, Kayak. Jet Ski, dan perahu yang bisa Anda sewa untuk mengeliligi danau ini seharian. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai fasilitas penunjang yang bisa digunakan wisatawan sebagai tempat peristirahatan seperti bungalow, gasebo dan restoran. Selain itu, juga terdapat taman bermain, tolet umum, dan fasilitas penunjang lainnya yang terbilang cukup lengkap.

Demikianlah informasi seputar Wisata Danau Matano di Sulawesi Selatan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca azwisata.com sekalian.