10 Tempat Wisata Terindah di Indonesia

Tempat Wisata Terindah di Indonesia – Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari gugusan pulau dan terletak di bagian tropis dunia, serta dilintasi oleh garis khatulistiwa, sehingga Tanah Air dikaruniai dengan keragaman hayati yang kaya dan luar biasa indah. Apa saja tempat wisata terindah di Indonesia? Ini dia daftarnya.

    Daftar Tempat Wisata Terindah di Indonesia    

1. Raja Ampat

Raja Ampat

Berada di provinsi Papua Barat, Raja Ampat yang merupakan nama kabupaten ini terdiri dari gugusan pulau yang masing-masingnya menawarkan keindahan yang menakjubkan. Beberapa pulau utama di kabupaten Raja Ampat yang memiliki lahan yang luas dan sudah terkenal sebagai tempat wisata adalah Pulau Batanta,Pulau Misool, Pulau Salawati sertaPulau Waigeo. Walaupun biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal dibanding berkunjung ke wisata bahari lainnya di Indonesia, dijamin semuanya akan sepadan.

Di Raja Ampat, Anda akan dapat menikmati keindahan baik dari atas laut atau dari bawah laut. Di atas laut, Anda akan disuguhi pemandangan pantai dan laut serta gugusan pulau yang hijau ditumbuhi pepohonan dan tumbuhan. Sedangkan di bawah laut, Anda akan disambut oleh terumbu karang indah berwarna-warni serta ikan-ikan kecil dengan banyak warna yang berenang di sekitarnya.

Lihat juga: Tempat Wisata Di Papua yang Sangat Eksotis untuk Dikunjungi

2. Bali
Bali

Siapa sih yang meragukan keindahan budaya dan pantai di Bali?  Bahkan saking indahnya, banyak wisatawan mancanegara yang mengenal Bali, namun tidak tahu tentang Indonesia.  Teror bom, tsunami, dan bencana-bencana lainnya bahkan tak bisa membuat para wisatawan mancanegara maupun domestik kapok untuk mengunjungi Pulau Dewata ini.

Selain pantai, Bali juga menawarkan wisata budaya dan kehidupan malam yang menarik.  Hebatnya lagi, anda bisa menikmati semua ini di sebuah pantai yang indah dan penuh dengan berbagai gadis cantik.  Keindahan Pulau Bali bahkan membuat bintang-bintang besar Hollywood berlibur dan berbulan madu di tempat ini.

Lihat juga: 10 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Bali

3. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Dari dataran rendah dan pantai, mari beralih ke dataran tinggi Indonesia. Salah satu kawasan pegunungan di Indonesia yang paling memikat karena keindahannya adalah Gunung Bromo. Berdiri megah di atas tanah Jawa Timur, gunung ini telah terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun manca negara. Gunung Bromo akan menyuguhkan Anda pemandangan alam khas pegunungan yang hijau dengan pepohonan rindangnya, lautan pasir bewarna cokelat seperti sedang di gurun, kawah gunung yang indah serta udara dingin khas dataran tinggi. Gunung yang masih aktif ini dapat menjadi alternatif Anda jika ingin melihat keindahan Indonesia dengan biaya yang relatif murah.

Lihat juga: 5 Tempat Wisata Alam di Jawa Timur yang Paling Populer

4. Danau Toba

Danau Toba

Jika tempat wisata terindah di Indonesia sebelumnya berada di Jawa Timur, tempat wisata terindah berikut ini terletak di pulau tetangganya, Sumatera Utara. Danau Toba merupakan sebuah danau vulkanik yang menyandang predikat danau vulkanik terbesar di dunia. Danau Toba seperti sudah menjadi ikon wisata dari Sumatera Utara, sehingga tak heran jika tiap harinya dikunjungi banyak orang. Obyek wisata ini sangat indah dengan hamparan danaunya dan tanah hijau yang mengelilinginya. Danau Toba yang terletak di Pulau Samosir ini terbentuk karena letusan gunung berapi pada jutaan tahun yang lalu.

Lihat juga: 14 Tempat Wisata Di Medan yang Menarik dan Wajib Dikunjungi

5. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken

Selain Raja Ampat, Indonesia masih belum selesai memamerkan kekayaan alam bawah lautnya. Taman Laut Bunaken sudah terlebih dulu menjadi obyek wisata bawah laut paling indah yang ada di Indonesia selain Lombok atau Raja Ampat. Di sini, Anda tidak akan meragukan lagi keindahan bawah lautnya. Dengan pemandangan bawah laut yang spektakuler dari terumbu karang beraneka macam serta ikan-ikan yang berenang di sekitarnya menjadikan Taman Laut Bunaken diakui dunia lewat UNESCO yang menetapkan obyek wisata di Sulawesi Utara ini menjadi World Heritage atau Warisan Dunia.

6. Pulau Komodo
Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Di Pulau ini terdapat Tamana Nasional Komodo sebagai tempat pelestarian hewan asli dari Pulau setempata yaitu Komodo. Komodo merupakan hewan asli Indonesia, dan lebih khususnya hewan asli pulau Komodo. Hewan ini tidak dijumpai di daerah lain. Oleh karena itu perlu penanganan khusus agar komodo tidak cepat punah, mengingat proses perkembangbiakannya cukup sulit. Saat ini tercatat ada sekitar 1300 komodo yang terdapat di Pulau Komodo. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. 


Pulau Komodo telah diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang. Beberapa waktu yang lalu Pulau Komodo sempat menjadi perbincangan secar nasional karena keikutsertaannya dalam nominasi 7 Keajaiban dunia yang diadakan oleh New7Wonders. Belakangan diketahui bahwa New7Wonders bukanlah organisasi resmi dan proses penentuan pemenang nominasinya juga hanya berdasarkan polling.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Selain untuk Taman Nasional, Pulau Komodo juga dijadikan sebagai obyek wisata yang ramai dikunjungi. Keindahan alam Pulau Komodo serta pengalaman melihat langsung kadal terbesar didunia ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pulau Komodo. Selain itu pengunjung dapat melihat panorama savana dan panorama bawah laut serta berbagai wisata bahari misalnya, memancing, snorkeling, diving, kano, bersampan.
7. Gili Lombok
Gili Lombok

Trio Gili merupakan tiga pulau cantik yang ada di Lombok. Ketiga pulau tersebut antara lain Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Ketiganya tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik, tapi juga telah berhasil mengundang banyak wisatawan mancanegara untuk datang.

Dari ketiga pulau tersebut, bisa dibilang Gili Trawangan adalah yang paling populer. Selain karena ukurannya yang lebih luas dibanding kedua pulau lainnya, di sini juga telah berdiri banyak tempat hiburan seperti bar dan kafe. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini mulai dari berjemur, menyelam sampai snorkeling. Yang lebih asyik, Anda juga bisa menyewa sepeda atau naik cidomo, kereta kuda semacam delman, untuk berkeliling pulau.
Meskipun Gili Trawangan lebih banyak dikunjungi, namun Gili Meno dan Gili Air tak kalah menarik. Kedua pulau ini juga memiliki keindahan pantai dan alam bawah laut yang menunggu untuk Anda jelajahi. Suasana keduanya relatif lebih sepi dan tenang sehingga cocok untuk Anda yang memang ingin lepas dari keramaian.

Lihat juga: 4 Tempat Wisata Di Lombok Yang Indah Dan Mempesona


8. Way Kambas

Way Kambas

Jika Anda ingin liburan eksotis di alam Afrika, Anda juga bisa mendapatkannya di Indonesia, tepatnya di Lampung. Di sini, terhampar savana yang dihuni oleh banyak hewan endemik Indonesia hingga mencapai ratusan jenis hewan seperti Gajah Lampung, Badak, Harimau Sumatera, dan berbagai jenis burung indah. Karena keindahan alamnya, tak heran jika Way Kambas sering dijadikan obyek foto terutama para wildlife photographer. Hal yang lebih menarik lagi, di sini berbagai hewan tersebut dibiarkan hidup bebas di alam sehingga Anda seperti benar-benar menyatu dengan alam. Tentu saja Way Kambas juga mendapat julukan sebagai Benua Afrika-nya Indonesia.

Lihat juga: 4 Tempat Wisata Di Lampung Yang Wajib Anda Kunjungi

9. Candi Borobudur
Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan kompleks candi Buddha terbesar di dunia. Tempat wisata di Indonesia ini ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991. Candi Borobudur sempat terkubur abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi, sampai kemudian ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles di tahun 1814.

Tempat wisata di Indonesia ini diperkirakan dibangun pada tahun 824. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik dan membentuk 504 arca Buddha, 72 stupa dan sebuah stupa induk tepat di puncak candi. Mitosnya, jika Anda memasukkan tangan ke lubang stupa dan berhasil menyentuh arca yang ada di dalamnya, maka keinginan Anda akan terkabul. Di sini, Anda juga bisa membeli bermacam suvenir mulai dari kaos, gantungan kunci, kipas sampai miniatur Candi Borobudur.
Pada perayaan Waisak, Candi Borobudur menjadi pusat berkumpulnya banyak umat Buddha dari berbagai belahan dunia seperti Tibet dan Thailand. Ritual ini menjadi salah satu daya tarik wisata di sini. Yang paling diminati wisatawan adalah acara puncak berupa pelepasan lampion ke langit. Lampion-lampion tersebut akan dilepaskan bersama dengan doa dan harapan untuk satu tahun ke depan.

Lihat juga: 7 Tempat Wisata Di Magelang yang Menarik untuk Dikunjugi

10. Puncak Jayawijaya
Puncak Jayawijaya
Puncak Jayawijaya atau yang biasa disebut dengan Puncak Carstensz adalah satu-satunya puncak gunung di Indonesia yang memiliki salju abadi. Puncak ini menjulang setinggi lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut. Yang lebih membanggakan lagi adalah Gunung Jayawijaya masuk ke dalam daftar Seven Summits atau tujuh gunung dengan puncak tertinggi di dunia.
Puncak Jayawijaya ini pertama kali ditaklukan oleh seorang penjelajah asal Belanda bernama Hendrik Albert Lorentz pada tahun 1909. Lorentz berhasil mendaki puncak bersalju ini bersama enam orang suku Dayak Kenyah yang direkrutnya di Kalimantan. Setelah pendakian yang berhasil ini, mulai banyak pendaki yang mengikuti jejak Lorentz untuk menaklukan Puncak Jayawijaya. Hmm, apakah Anda pendaki selanjutnya yang berhasil menaklukan Puncak Carstensz?

Tempat wisata terindah di Indonesia memang didominasi oleh wisata alam, karena memang Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya. Jadi, tidak perlu ke luar negeri dulu untuk menyaksikan lukisan Tuhan yang memukau, kan?