10 Tempat Wisata di Tasikmalaya Yang Wajib Anda Singgahi

AZWISATA.COM – Tasikmalaya adalah salah satu kota yang ada di Jawa Barat. Tasikmalaya merupakan salah satu kota yang memiliki sejuta potensi wisata. Banya tujuan wisata yang bisa anda singgahi, seperti wisata budaya, wisata belanja, wisata kuliner dan tak ketinggalan juga wisata alam yang menawan.

Selain memiliki potensi wisata yang sangat banyak, Tasikmalaya juga terkenal dengan julukan Kota UKM. Tasikmalaya merupakan kota yang memiliki UKM terbesar setelah kota bandung. Banyak kerajinan khas tasikmalaya yang sudah mendunia.

    10 Tempat Wisata di Tasikmalaya    

1. Pemandian Air Panas Gunung Galunggung

Pemandian Air Panas Gunung Galunggung

Gunung galunggung merupakan salah satu tempat wisata di Tasikmalaya dengan wisata andalanya pemandian air panas. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 2.167 km dpl dan pernah meletus pada tahun 1982. Jika anda singgah di tempat wisata ini anda akan disuguhi dengan indahnya pesona alam yang didukung dengan fasilitas yang memadai.

Pemandian Air Panas ini terletak di puncak gunung galunggung. Untuk bisa mencapai lokasi ini anda diharuskan melewati anak tangga yang jumlahnya hingga ratusan. Sesampainya disana, anda akan suguhi keindahan danau dan kehangatan kolam air panasnya.

Baca juga : 15 Tempat Wisata Di Tegal Yang Wajib Anda Kunjungi

2. Situ Gede

Situ Gede

Situ gede merupakan salah satu wisata alam di Tasikmalaya yang berupa danau. Danau ini memiliki luas yang mencapai 47 hektar dan terletak di Linggarjaya, Tasikmalaya. Untuk bisa mencapai tempat wisata ini sangatlah mudah dan letaknya pun tidak jauh, hanya sekitar 500 meter dari Bundaran Bypass Kota Tasikmalaya.

3. Pantai Selatan Cipatujah

Pantai Selatan Cipatujah

Pantai yang memiliki luas sekitar 115 hektare ini merupakan pantai yang kayak dengan terumbu karang dan juga ikan laut yang lucu. Perlu anda ketahui, pantai ini merupakan salah satu pantai yang terluas dan terpanjang yang terletak di pantai selatan pulau Jawa. Jika umumnya pantai memiliki pasir putih, maka pantai ini memiliki pasir besi. Pasir besi di pantai cipatujah ini sangatlah baik untuk berjemur maupun rileksasi.

4. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan

Pantai ini ini letaknya 100 km dari pusat kota. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata alam di Tasikmalaya yang memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Jika anda berkunjung ke tempa wisata ini, anda bisa melihat ke arah timur, disana ada pulau kecil, yaitu pulau Nusa Manuk. Disebut Nusa Manuk, karena pada waktu tertentu, pulau tersebut dihuni oleh berbagai jenis spesies burung.
Baca juga : 7 Tempat Wisata Blitar Yang Patut Anda Kunjungi

5. Kampung Naga

Kampung Naga

Kampung naga adalah tempat wisata budaya yang berada di Tasikmalaya. Dikenal juga sebagai kampung adat, dimana masyarakat yang tinggal di Kampung Naga masih memegang erat tradisi dan adat istiadat leluhur mereka. Yang unik lagi, hampir semua bangunan rumah yang ada memiliki desain, ukuran, dan menghadapat ke arah yang sama.

Baca juga : 8 Tempat wisata di Jambi Yang Wajib Anda Singgahi


6. Curug Dengdeng

Curug Dendeng

Curug atau yang lebih dikenal dengan Air Terjun Dendeng terletak di Desa Cikawung Gading, Kampung Caringin, Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya. Menurut penduduk setempat, air terjun ini dinamakan Curug Dendeng karena kondisinya yang tidak rata atau bergelombang. Air terjun ini terdiri dari tiga tingkat dengan tinggi tingkat pertama sekitar 13 meter, tingkat kedua sekitar 11 meter dan tingkat ketiga sekitar 9 meter. Di sekeliling air terjun ini tumbuh pepohonan hijau yang tentunya ikut menambah suasana sejuk dan asri di lokasi objek wisata ini.

7. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta

Pantai Sindang Kerta selain dijadikan sebagai tempat wisata juga difungsikan sebagai tempat penangkaran penyu. Hal ini dilakukan oleh pemerintah Kota Tasikmalaya untuk menjaga kelangsungan habitat penyu yang mulai punah di daerah ini. Pantai ini sendiri letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Cipatujah Tasikmalaya, yakni hanya berjarak sekitar 4 kilometer saja.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

8. Gua Malawang

Gua Malawang
Goa Malawang merupakan sebuah kompleks gua yang terletak di tengah perkebunan, berupa sekumpulan goa dan ceruk. Masyarakat sekitar menamakan kompleks Gua Malawang dengan bermacam nama, seperti Malawang, Batu Masigit, Keraton, Oyod, dan Gorin. Satu hal yang menarik dari penamaan tersebut adalah Gorin, yaitu nama setempat untuk semacam tempayan air dari gerabah. Penamaan Gorin diberikan pada kompleks goa tersebut berdasarkan adanya temuan Gorin oleh Taryana, Kepala Sekolah SKB Tasikmalaya tahun 1993 di salah satu goa. Temuan arkeologis yang berhasil ditemukan berupa 13 buah pecahan gerabah kuna. Kemudian penelitian dilangsungkan beberapa kali, antara lain oleh Balai Arkeologi Bandung. Temuan arkeologis yang ditemukan antara lain berupa fragmen gerabah, fragmen keramik, alat batu berupa perkutor dan kapak batu, dan tulang-tulang binatang.

9. Gua Wadon

Gua Wadon

Gua Wadon yang terletak sekitar 20 m ke arah tenggara dari ‘paseban’ lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan Gua Lanang, yaitu tinggi 1,3 m, lebar 3 dan dalam 1,7 m. Di bagian belakang gua terdapat relung seperti bilik.


10. Makam dan Gua Pamijahan

Makam dan Gua Pamijahan


Makam Pamijahan memiliki tiga lapis area. Area pertama adalah bagian luar bangunan utama yang memiliki sekitar 24 makam dan lapisan kedua seitar 11 makam dari sanak keluarga Waliyullah di Pamijahan. Pada bangunan utama terdapat satu makam utama yang ditutup dengan dinding.

Sedangkan untuk Gua Safarwadi Pamijahan yang fenomenal berada tidak jauh dari makam tersebut. Sama seperti gua pada umumnya, stalakmit dan stalaktit memenuhi hampir seluruh permukaan gua.

Itulah beberapa tujuan tempat wisata di Tasikmalaya yang bisa pembaca azwisata.com jadikan referensi dalam memilih objek wisata di Tasikmalaya.