15 Tempat Wisata Di Tegal Yang Wajib Anda Kunjungi

Tegal adalah salah satu kabupaten di propinsi Jawa Tengah yang dianugerahi oleh keindahan alam yang sangat memukau dan mempesona. Tak mengherankan jika banyak tempat wisata di Tegal yang menarik, khususnya wisata alam yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Keindahan alam kabupaten Tegal juga didukung oleh sikap ramah yang ditunjukkan oleh penduduk setempat, sehingga sangat menarik untuk berwisata ke sana. Namun sebelum pembaca azwisata.com memutuskan untuk berwisata ke Tegal, ada baiknya kita simak pembahasan mengenai 15 tempat wisata di Tegal yang wajib Anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata Di Tegal

1. Curug Putri

Tempat Wisata di Tegal - Curug Putri
Tempat Wisata di Tegal – Curug Putri

Curug Putri adalah salah satu tempat wisata di Tegal yang sangat ramai dikunjungi saat liburan. Curug Putri merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar kurang lebih 25 meter. Selain air terjunnya yang menarik, pemandangan alam disekeliling lokasi air terjun sangat eksotis sehingga dijamin akan memanjakan mata para pengunjung. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, pengunjung cukup berjalan kaki melewati beberapa jalan setapak yang dikelilingi oleh pepohonan yang hijau.

Ada dua rute untuk mencapai lokasi ini, yaitu melalui Desa Benda (Sirampog, Brebes) dan SPBU Sakalibel (Brebes). Jika menggunakan jalur Desa Benda, kita bisa naik kendaraan dari Pertigaan Kalisalak Desa Benda (Jl. Raya Tegal – Purwokerto) hingga di Desa Mendala dan dilanjutkan hingga bertemu Dukuh Padanama. Kendaraan tidak bisa melalui jalan ini, karena jalan yang belum teraspal. Kita bisa tracking menyusuri pematang sawah dan jalan setapak sekitar 500 meter. Kita juga nantinya akan melewati tebing yang cukup terjal.

Apabila menggunakan jalur kedu, dari arah Purwokerto – Tegal, turun di Pertigaan Kaligadung atau di SPBU Sakalibel. Setengah jam perjalanan, sampailah di Perempatan Sirampog lalu ambil jalan ke utara hingga bertemu dengan Dukuh Padanama.

2. Taman Poci

Tempat Wisata di Tegal - Taman Poci
Tempat Wisata di Tegal – Taman Poci

Ukuran Taman Poci boleh kecil, tapi pesonanya mampu membawa ratusan pengunjung setiap minggunya. Keindahan yang ditawarkan taman ini seakan menyihir para pengunjung untuk betah berlama-lama di tempat ini. Kebanyakan diantara pengunjung Taman Poci ini adalah pasangan remaja yang menghabiskan waktunya bersama orang yang disayanginya. Letak Taman Poci sendiri tidak jauh dari Stasiun Kereta Api Tegal.

3. Gunung Tanjung

Tempat Wisata di Tegal - Gunung Tanjung
Tempat Wisata di Tegal – Gunung Tanjung

Gunung Tanjung ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang di alam bebas, terutama hiking. Tempat wisata ini terletak di Desa Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Jika dari arah Kota Slawi, maka kita akan menempuh jarak sekitar 7 kilometer menuju lokasi wisata ini. Ada dua faktor yang menyebabkan Gunung Tanjung ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, yakni keindahan panorama alam serta keramahan penduduknya yang sangat terkenal.

4. Kompleks Pantai Alam Indah

Tempat Wisata di Tegal - Pantai Alam Indah
Tempat Wisata di Tegal – Pantai Alam Indah

Tempat wisata di Tegal yang satu ini terletak di dekat pusat Kota Tegal. Kompleks Pantai Alam Indah ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, terutama disaat liburan. Selain karena suasana pantainya yang asri, banyak tersedia fasilitas penunjang guna wisatawan. Salah satu yang menjadi ciri kompleks wisata ini adalah Monumen Bahari yang terletak ditengah-tengahnya. Monumen Bahari ini sendiri sering dijadikan sebagai ikon Kota Tegal dan menjadi objek wisata andalan kota ini.

Bagi yang ingin menaiki perahu, di PA’I juga ada perahu yang disewakan. Dikelola sendiri oleh masyarakat sekitar. Namun baru menyediakan paket rombongan. Jadi kita harus berbagi dengan penumpang lain hingga kuota penumpang tercukupi. Dengan biaya tidak terlalu mahal, kita bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas perahu. Tidak sampai 15 menit, kita akan puas diajak berkeliling PA’I. Jika kita melihat ke arah selatan, akan terlihat Gunung Slamet berdiri dengan kokohnya. Masalah keamanan menjadi prioritas utama, karena ketika naik perahu, kita diwajibkan menggunakan jaket pelampung yang sudah disediakan.

Datang ke PA’I pada pagi atau sore hari, bisa juga dijadikan sarana alternatif untuk refreshing menikmati keindahan sunrise atau sunset. Namun kami tidak menyarankan untuk datang pada saat matahari mulai meninggi, karena suhunya cenderung naik dan panas.

Lapar? bisa diatasi dengan berwisata kuliner di warung makan yang ada di sekitaran tepi pantai. Menunya pun beragam, ada lengko, kupat glabed, tahu aci, sate kerang, bahkan ada juga yang menjual berbagai mie instan siap saji. Lengkap kan?

5. Gua Lawet

Tempat Wisata di Tegal - Gua Lawet
Tempat Wisata di Tegal – Gua Lawet

Tempat wisata di Tegal yang menarik lainnya ialah Gua Lawet. Gua Lawet ini terletak di Desa Harjowinangun, Balapulang, atau jaraknya sekitar 20 kilometer dari Kota Slawi. Gua Lawet ini sendiri diyakini sudah berusia ratusan tahun. Para peneliti sejarah menyimpulkan bahwa Gua Lawet ini dulu dijadikan sebagai tempat bertapa para penguasa atau raja-raja yang ada di Kerajaan Mataram.

6. Waterboom Yogya

Tempat Wisata di Tegal - Waterboom Yogya
Tempat Wisata di Tegal – Waterboom Yogya

Wahana air di depan Terminal Slawi Kabupaten Tegal ini sebelumnya bernama Waterboom Dedy Jaya. Karena dulu memang Supermarket dan Waterboom tersebut pemilik pertamanya adalah Dedy Jaya, namun kemudian pada bulan Juli 2013 beralih kepemilikan. Namun dari peralihan tersebut, tidak banyak berubah pada saat ini, namun menurut Bapak Istanto, selaku Marketing Toserba Yogya Slawi ini, direncanakan ada beberapa perubahan di waterboom.

Sekilas jika terlihat dari luar, waterboom ini sepi. Karena memang posisinya berada di belakang toserba tersebut. Namun jika kita sudah masuk ke dalamnya lewat pintu samping selatan, waterboom ini penuh dengan pengunjung. Terutama pada hari minggu dan hari libur.

Waterboom Yogya buka hari Senin – Jum’at (jam 09:00-17:30, tiket Rp. 12.500) dan Sabtu, Minggu, Hari Besar (jam 08:00-17:30, tiket Rp. 15.000) ini memiliki empat kolam yang dibagi sesuai dengan usia dan tingkat kedalaman kolam. Bagi anak-anak atau balita, ada kolam khusus yang tidak terlalu lebar dengan kedalaman air 30 cm. Ada juga kolam dengan kedalaman 1,3 meter, 1,4 meter, dan 1,8 meter.

Tidak hanya kolam renang saja, ada wahana yang menumpahkan air setiap beebrapa menit sekali. Ada juga seluncuran air dengan ketinggian berbeda, mulai dari 3 meter, 6 meter, dan 12 meter. Untuk kolam renang sebelah barat sendiri, kedalamannya berbeda anatar ujung yang satu dengan ujung lainnya.

Fasilitas lain yang ada di waterboom ini adalah sewa ban, sewa loker, café, musholla, dan gazebo gratis. Tempat yang banyak ditumbuhi pepohonan di sisi samping kolam ini juga selalu dijaga oleh petugas khusus. Sehingga keamanan selalu diutamakan.

7. Konsorsium Rumah Wayang

Tempat Wisata di Tegal - Rumah Wayang
Tempat Wisata di Tegal – Rumah Wayang

Bertempat di Sanggar Satria Laras, Sanggar-nya dalang “edan” Ki Enthus Susmono, tempat ini berdiri. Tidak begitu sulit untuk menemukannya, karena terdapat papan petunjuk di dekat jembatan Lemah Duwur – Talang, Kabupaten Tegal yang menuju ke arah Brug Abang. Dari Jalan Raya Talang atau biasa disebut dengan Jalan Satu, setelah menemui Jembatan di Talang, ambil jalan ke timur hingga menemui sebuah jembatan panjang yang membelah Sungai Gung ikuti jalan utama hingga sampai ke Desa Bengle, posisi tempatnya ada di kiri jalan.

Tampak depan Rumah Wayang yang satu lokasi dengan Sanggar Satria Laras ini lebih seperti pintu gerbang masuk ke sebuah kerajaan lengkap dengan patung penjaga di depannya. Namun jangan khawatir, pintu gerbang selalu terbuka pada jam kerja dan para petugas yang merupakan rekan Ki Enthus ini ramah dan siap menerima kita untuk berkeliling melihat-lihat koleksinya.

Rumah Wayang yang memiliki luas sekitar 4 x 4 meter ini menyimpan ribuan wayang baik gaya tradisi maupun kontemporer, mulai wayang kulit, wayang golek, wayang santri, wayang bambu, wayang kreasi, ada juga aksesoris seperti jenis-jenis keris, topeng, batik tegalan, lukisan dunia pewayangan, senjata-senjata khas dunia pewayangan, foto-foto Ki Enthus, gamelan, dan masih banyak koleksi lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Jika ingin mengetahui proses pembuatan wayang baik itu wayang kulit maupun wayang golek, disinipun informasinya lengkap. Terdapat tahapan demi tahapan proses pembuatannya mulai bahan baku hingga menjadi wayang yang siap dimainkan. Di tempat ini juga kita bisa praktek langsung cara membuat wayang juga lho.

Bagi yang menganggap bahwa wayang itu kuno, jika berkunjung ke tempat ini pasti akan dibuat terpesona dengan banyaknya ragam wayang yang mengikuti perkembangan jaman, sebut saja seperti Tom and Jerry, Upin dan Ipin, dan tokoh-tokoh dunia lainnya. Terlebih dengan suasana yang jauh dari keramaian akan membuat kita hikmat untuk melihat koleksinya satu persatu. Setiap koleksi juga diberi nama dan penjelasan singkat agar lebih mudah untuk mempelajarinya.

Oh iya, Rumah Wayang ini diresmikan oleh Wakil Bupati Tegal, HM. Herry Soelistyawan, SH, MHum pada 19 Maret 2012. Dan sangat diapresiasi sekali oleh beliau. Sebagai tambahan informasi, untuk datang ke tempat tersebut silahkan berkunjung dari jam 08:00-10:00 dan jam 15:00-17:00. Jika beruntung, kita bisa bertemu langsung dengan si-empunya tempat ini, Ki Enthus Susmono yang saat ini bertempat tinggal di Rumah Dinas Bupati. Apabila kita berkunjung pada saat weekend, biasanya beberapa koleksi wayang sudah di-packing untuk ditampilkan sesuai dengan undangan ndalang.

8. Kebun Teh

Tempat Wisata di Tegal - Kebun Teh Tegal
Tempat Wisata di Tegal – Kebun Teh Tegal

Tegal terkenal dengan salah satu produsen teh besar di Indonesia. Ada banyak produk-produk teh asal Tegal yang bisa kita temui di setiap toko-toko atau Pasar Swalayan. Meskipun begitu, ternyata Tegal sendiri tidak mempunyai lahan teh sendiri lho, daun teh yang digunakan diambil dari daerah lain. Sungguh aneh memang, padahal Tegal sendiri (terutama Kabupaten Tegal) memiliki daerah dataran tinggi yang sejuk lagi subur. Bahkan daerah tetangga, Brebes, mempunyai kebun teh yang kini menjadi agrowisata, yaitu Kebun Teh Kaligua yang ada di daerah Bumiayu, tepat berada di lereng Gunung Slamet.

Namun meskipun begitu, tidak usah khawatir, di Tegal sendiri juga ada kebun teh lho. Meskipun tidak terlalu luas dan terpusat, namun tidak kalah bagus dan sejuk suasannya. Kebun teh ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata di Tegal yang bisa anda kunjungi. Perbukitan dengan lebatnya daun-daun teh pun bisa kita nikmati di sini. Lokasinya memang tidak banyak terkespose oleh media.

Lokasi kebun teh ini berada di Dukuh Aren, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Atau kurang lebih dari Bulakan masih terus naik sekitar 1 KM-an. Bisa berjalan kaki atau juga bisa menggunakan kendaraan pribadi karena jalan sudah menggunakan aspal.

Jika sudah sampai di lokasi, selain dihadapkan dengan kebun teh, di belakang kebun tersebut terlihat barisan bukit-bukit dan Gunung Ceremai yang berdiri gagah. Terlebih jika suasana sedang cerah, bisa dipastikan kita tidak akan berhenti untuk berfoto-foto ria 😀

Sebagai informasi, daun teh yang dihasilkan dari sini tidak untuk diproduksi skala besar, namun untuk kalangan sendiri. Sehingga proses pembuatan tehnya pun sangat tradisional. Hanya dijemur, jika sudah kering bisa langsung diseduh dengan air panas. Tidak ada tambahan bunga melatinya. Jika kita bertemu dengan salah satu petaninya, jangan lupa untuk mencoba menjajal tehnya. Cocok diminum di tempat yang berhawa sejuk ini.

Selain di Dukuh Aren, masih banyak lagi kebun teh yang tersebar di Bumijawa.

9. Sulaku Bumijawa Park

Tempat Wisata di Tegal - Sulaku Bumijawa Park
Tempat Wisata di Tegal – Sulaku Bumijawa Park

Satu lagi tempat wisata di Tegal yang wajib Anda coba kunjungi. Pernah merasakan dinginnya air dengan suhu 20°C namun dibalut dengan permainan air yang tidak membosankan? Ditambah dengan suasana pegunungan yang indah? Kalau belum , tidak ada salahnya mencoba tempat yang satu ini, yaitu Sulaku Bumijawa Park. Berlokasi di Jl. Raya Wredameta Bumijawa, Desa Bandarsari Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal atau tidak jauh dari kaki Gunung Slamet. Jadi jangan ditanya lagi bagaimana sejuknya suasana di sini.

Mungkin kalau hanya waterboom sudah biasa, namun di Sulaku ini ada banyak tempat yang wajib dicoba. Terutama jika kita ingin melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Sebut saja outbound, playground, pemancingan, penginapan, agrowisata, futsal center, waterboom, kedai jamu, bahkan kita bisa berkeliling kebun dengan menaiki ATV lho. Seru kan?!

Bagi yang hobi tantangan, jangan lupe mencoba flying fox yang ada di sini. Ada beragam panjang lintasannya, ada yang 60 meter, 150 meter, hingga 200 meter dengan kecepatan rata-rata 80 KM / jam melintasi kebun yang ada di Sulaku. Untuk masalah keamanan, jangan khawatir, karena sudah menggunakan keamanan standard dan tentu saja instruktur yang sudah berpengalaman. Berani coba?

Outbound yang ada di Sulaku banyak menjadi langganan para wisatawan, paket outbound-nya pun terbagi menjadi paket-paket sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja dengan harga yang relative murah. Oh iya, outbound di Sulaku sering menjadi langganan sekolah-sekolah dan instansi-instansi yang ada di sekitar wilayah Tegal juga lho.

Lelah menjajal semua yang ada di Sulaku, waktunya mencoba mandi uap dengan jamu rebus. Dijamin akan membuat kita lebih rileks dan tentu saja sehat. Terlebih jika dilakukan secara rutin. Setelah mandi uap, jangan lupa mencoba menjajal kuliner yang di sediakan di sini ya, makan dengan suasana pegunungan merupakan sensai yang berbeda. Anda harus coba 😀

10. Rita Park Tegal

Tempat Wisata di Tegal - Rita Park Tegal
Tempat Wisata di Tegal – Rita Park Tegal

Rita Park ini merupakan wahana permainan yang terbesar di Jawa Tengah untuk saat ini. Tempat ini masih satu komplek dengan Rita Supermall Jl. Kol. Sugiono No.155, Tegal. Jadi lokasinya sangat strategis.

Wahana yang baru dibuka pada 31 Maret 2013 (grand opening) ini menawarkan 21 wahana permainan baik untuk anak-anak maupun dewasa. Bagi Anda yang suka memacu adrenalin, juga wajib mencoba salah satu wahana yang ada di Rita Park. Karena ada yang menyebut bahwa Rita Park adalah “Dufan Mini”. Jadi tidak perlu jauh – jauh ke luar kota jika ingin mencoba wahana permainan – permainan tersebut.

Tiket Rita Park terbagi menjadi dua golongan yaitu tiket perwahana dan tiket terusan. Apa sih bedanya? Tiket perwahana adalah tiket yang menyesuaikan wahana apa saja yang akan kita naiki. Tiketnya nanti berbentuk seperti tiket elektronik. berbeda dengan tiket terusan. Yaitu kita bisa mencoba semua wahana yang ada di Rita Park. Nanti tiket terusan ini berbentuk gelang. Asyik bukan?

Makanya, liburan ke Tegal belum lengkap rasanya jika belum mencoba wahan yang ada di Rita Park.

Rita Park buka mulai jam 09:30 – 21:00 WIB (hari Senin – Jum’at dan Minggu) dan 09:30 – 21:30 WIB khusus hari Sabtu.

11. Gerbang Mas Bahari Waterpark

Tempat Wisata di Tegal - Gerbang Mas Bahari Waterpark
Tempat Wisata di Tegal – Gerbang Mas Bahari Waterpark

Tidak lengkap apabila sebutan Tegal Bahari namun belum ada wisata airnya. Mulai 15 Juni 2010 dibukalah Gerbang Mas Bahari Waterpark yang berlokasi di dekat Terminal Kota Tegal. Bahari Waterpark dibangun di areal seluas kurang lebih 5 hektar.

Bahari Water Park ini adalah salah satu dari 4 water park di Indonesia yang mempunyai Kolam Ombak setelah Jakarta, Solo dan Surabaya.

Dengan biaya Rp. 15.000 (Senin – Jumat) atau Rp. 25.000 (Sabtu – Minggu & hari libur) Anda bisa mencoba beberapa wahana seperti Kiddy Pool, Olimpic, Kolam Arus, Lapangan Futsal, Raft Slide, Racer Slide, dan masih banyak lagi. Bagi yang bernyali besar, silahkan coba Kolam Arus. Tinggi ombaknya bisa mencapai 2 meter!

Tiket masuk belum termasuk tiket sewa pelampung ya. Di sini tersedia pelampung yang cukup banyak yang bisa disewakan kepada pengunjung. Tarifnya pun beragam, tergantung jenis pelampung yang kita sewa.

Tidak membawa bekal? Jangan takut kelaparan ya. Karena di areal Bahari Waterpark ini tersedia banyak penjual makanan baik yang ringan maupun yang berat. Di areal parkir juga tersedia warung makan dengan menu beragam yang siap untuk mengganjal perut Anda.

Untuk menuju ke Bahari Water Park, apabila dari arah Brebes, Bahari Water Park berlokasi di kiri jalan Pantura setelah Terminal Bis Kota Tegal. Namun apabila dari arah Pemalang, dari perempatan Maya, masih ke barat, hingga Pasific Mall, Hotel Baharai Inn, masih terus hingga kurang lebih 200 meter. Lokasinya di kanan jalan, namun hati-hati, saat berbelok, karena tidak ada lampu lalu lintasnya. Apabila bingung, di tengah jalan juga ada papan penunjuk lokasi.

12. Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa)

Tempat Wisata di Tegal - Taman Rakyat Slawi Ayu
Tempat Wisata di Tegal – Taman Rakyat Slawi Ayu

Taman Rakyat Slawi Ayu merupakan salah satu tempat wisata di Tegal yang cocok sebagai tempat nongkrong, berkumpul mersama teman dan keluarga atau untuk menikmati kuliner khas Tegal. Taman Rakyat Slawi Ayu atau biasa disebut TRASA. TRASA yang baru dibuka awal tahun 2013 kemarin ini berlokasi tepat di depan Terminal Bus Slawi. Lokasi yang sangat strategis karena berada di depan jalan utama yang menghubungkan Tegal – Purwokerto maupun sebaliknya.

Tujuan pendirian Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) di RTH Slawi adalah sebagai tempat interaksi masyarakat Kabupaten Tegal dalam berbagai aktivitas, seperti aktivitas sosial, pentas seni, olah raga dan sebagainya. Trasa ini dibagi menjadi 3 ( tiga) bagian utama atau yang disebut dengan shelter. Pada shelter utara diperuntukkan bagi penjual produk atau oleh – oleh khas Tegal. Untuk shelter tengah lebih dikhususkan untuk kegiatan – kegiatan masyarakat. Shelter ini terdiri dari stage panggung yang berjenjang dan alasnya menggunakan lantai khusus. jadi cocok digunakan sebagai tempat pertunjukan. Sedangkan shelter bagian selatan berisi PKL (Pedagang Kaki Lima) yang menjajakan makanan siap saji. Jadi bagi yang ingin mencari pusat kuliner dan oleh – oleh khas Tegal, di sinilah tempatnya.

Trasa baru terlihat ramai ketika menjelang sore hingga malam hari. Banyak sekali aktifitas yang dilakukan di sana. Mulai dari yang sekedar duduk-duduk, bermain bola, bermain sepeda, hingga kegiatan komunitas – komunitas tertentu. Terlebih ketika hari libur, tidak hanya komunitas saja yang berkumpul di sana, beberapa pengunjung pun membawa serta anggota keluarga untuk menikmati fasilitas yang ada di Trasa.

Fasilitas penunjang pun terbilang sudah lengkap. Mulai dari toilet umum, musholla, parkir motor dan mobil yang teduh. Parkirnya pun tidak ditarik biaya, alias gratis. Namun harus tetap waspada menjaga kendaraannya masing – masing.

13. Bukit Cepu

Tempat Wisata di Tegal - bukit cepu
Tempat Wisata di Tegal – Bukit Cepu

Bukit ini namanya menjadi terkenal setelah kedatangan mantan Presiden kita, Pak SBY beberapa waktu yang lalu (21 Februari 2013). Bukit ini berlokasi di Dusun Krajan, Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, atau sekitar 24 KM ke selatan dari pusat Kabupaten Tegal (koordinat -7° 12′ 21.69″, +109° 8′ 10.20″ atau -7.206026,109.136167).

Untuk menuju tempat ini tidak cukup mudah karena hanya ada jalan setapak yang menanjak. Sehingga semua kendaraan diparkir di bawah Bukit Cepu ini. Ada semacam anak tangga dari tanah yang berjumlah sekitar 950 buah. Jadi siapkan tenaga dan bekal ekstra ya.

Jalan yang relatif sulit tersebut akan terbayar jika sudah sampai di Bukit Cepu tersebut, rasa lelah akan segera terobati karena keindahan alam dan kesegaran udaranya. Masih nampak dengan jelas kursi-kursi bambu yang dibuat saat menyambut kedatangan Pak SBY. Di sana kita bisa melihat langsung Gunung Slamet yang ada di sebelah tenggara bukit ini. Selain itu , banyak pohon – pohon pinus dan cemara yang tumbuh menjulang tinggi. Benih pohon baru pun tampak tumbuh subur dengan diberi pagar bambu supaya tidak cepat rusak.

Bagi Anda yang butuh ketenangan, tempat ini sangat cocok. Terlebih bagi yang hobi fotografi, sangat recommended! Namun perlu diingat ya, karena tempat in imasih asri jadi belum ada fasilitas publik seperti kamar mandi. Karena kamar mandi yang ada, pintunya selalu terkunci.

Oh iya, ketika kendaraan diparkir di bawah, ada semacam kotak sumbangan dari warga, bisa diisi secara ikhlas. Hitung – hitung untuk biaya parkir. Karena tempat ini masih sangat asri, kita sebagai pengunjung di sana harus menjaga kebersihan. Tidak membuang sampah sembarangan, terlebih merusak pepohonan yang ada.

Bagaimana? tertarik untuk melakukan pendakian di Bukit Cepu?

14. Guciku Hot Waterboom

Tempat Wisata di Tegal - Guciku Hot Waterboom
Tempat Wisata di Tegal – Guciku Hot Waterboom

Jika mendengar tempat ini, sebagian orang menganggap Guciku ini adalah Pemandian Air Panas Guci yang memiliki banyak pancuran, tidak salah memang, namun yang lebih tepat lagi, Guciku Hot Waterboom ini terletak di dekat loket tiket masuk ke Guci, jadi lokasinya sebelum Pasar Guci. Sama-sama berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Sesuai dengan namanya, tempat ini terdapat waterboom alias wahanan permainan air. Tempat ini terbagi menjadi empat area, yaitu:

  • Kolam Opal , untuk bermain anak-anak dengan kedalaman 50 cm, lebar 12 m x 25m di lengkapi sarana prosotan dan ember/guci tumpah
  • Kolam Badan Guci, untuk remaja dengan kedalaman 60 cm sampai dengan 90 cm dan lebar 15 m x 30 m dilengkapi dengan prosotan
  • Kolam Rendam, di lengkapi 8 (delapan ) pancuran air panas yang dipercaya untuk kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit
  • Kolam Utama, yang mempunyai lebar 30 m x 40 m dilengkapi permainan spiral dan seluncuran

Tidak hanya itu, ada juga arus jeram dengan panjang lebih dari 200 m dan lebar 3 meter, untuk kedalamannya sekitar 60 cm. Lebih asyik menyusuri arus jeram ini manggunakan pelampung yang bisa disewa terpisah.

Bagi yang ingin istirahat, terdapat beberapa saung yang bisa digunakan untuk beristirahat. Ada juga restoran dan villa yang bisa dipesan apabila ingin tinggal lebih lama lagi di Guciku. Letak villanya pun menghadap ke kolam utama. Untuk fasilitasnya terbilang lengkap.

Sebagaimana kita ketahui, disebelah Guciku ini terdapat aliran air sungai hangat yang nantinya menuju ke Curug Kembar. Alira sungai ini bias kita lihat dari saung – saung yang ada dipinggir kolam. Namun tidak disarankan turun ke bawah, mengingat licin dan agak curam.

Untuk info lebih jelas, bias kunjungi guciku.com. Sebagai informasi, apabila akan berkunjung ke Guciku, sebaiknya dating lebih pagi, karena jika hari libur, Guciku ramai didatangi wisatawan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

15. Pemandian Air Panas Guci

Tempat Wisata di Tegal - Pemandian Air Panas Guci
Tempat Wisata di Tegal – Pemandian Air Panas Guci

GuciGuci, tempat wisata di Tegal yang wajib di kunjungi untuk melepas lelah setelah beraktifitas. Suasananya masih asri dan udaranya sangat sejuk. Lokasi Obyek Wisata Guci adalah sekitar 30 km dari Slawi atau 40 km dari Kota Tegal menuju ke selatan. Guci berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa yaitu kecamatan paling selatan di Kabupaten Tegal yang berada tepat di bawah kaki Gunung Slamet(3.428 M).

Untuk menuju ke OW (Obyek Wisata) Guci kita akan melewati perbukitan dan jalan yang cukup terjal. Namun dibalik itu semua, kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang luar biasa. Banyak bukit-bukit, sungai, perkebunan yang bisa ditemui di sepanjang jalan.

Sesampainya di Guci, kita akan merasakan kesegaran udara dan hawa yang cukup dingin. Para penjaja oleh-oleh bisa ditemukan di sepanjang jalan. Ada banyak pilihan pemandian yang ditawarkan, ada yang berbentuk pemandian terbuka, tertutup, maupun kolam renang. Kita tinggal pilih sesuai dengan keinginan. Jika kita merasa lelah, di sini banyak penyewaan kuda juga lho. Jika belum mahir, ada joki yang siap membantu.

Air panas yang ada di Guci konon berkhasiat untuk menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. Karena memang mengandung belerang. Namun jangan berendam terlalu lama ya terlebih bagi yang punya riwayat sakit jantung.

Seperti itulah ulasan azwisata.com terkait tempat wisata di Tegal yang dapat anda jadikan referensi dalam menentukan pilihan wisata saat berada di kota tegal. Semoga dengan hadirmya informasi diatas dapat membantu serta bermanfaat. Terima kasih.