Mengenal Lebih Dekat Tempat Wisata Raja Ampat

Siapa yang tak kenal dengan Raja Ampat, salah satu tempat wisata unggulan di Papua Barat yang juga merupakan surga wisata bahari terbaik di Indonesia ini merupakan sebuah kepualauan yang terdiri dari empat pulau besar, yakni Pulau Misool, Pulau Batanta, Pulau Salawati dan Pulau Waigeo. Di sekeliling pulau besar ini terdapat ratusan gugusan pulau-pulau kecil yang tentunya juga memiliki panorama yang khas nan eksotis.

Eksotisme Wisata Raja Ampat

Salah satu hal yang paling menonjol dari salah satu tempat wisata alam terbaik di Indonesia ini adalah pemandangan bawah lautnya yang sangat mengagumkan. Tidak heran jika kegiatan berenang dan menyelam merupakan kegiatan yang paling di sukai oleh para wisatawan yang berkunjung. Tak hanya terkenal dikalangan wisatawan lokal atau domestik, nama Raja Ampat juga sudah mendunia dan cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara.

Banyak jenis ikan serta terumbu karang yang sangat eksotis yang terdapat di lautnya. Pada tahun 2001 dan 2002, ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa Raja Ampat memiliki 1000 jenis ikan karang, 540 jenis karang keras dan 700 jenis moluska. Oleh karena itulah, perairan di sekitar pulau-pulaunya dikenal sebagai lokasi menyelam terbaik yang ada di Indonesia bahkan dunia. Hal ini tentunya disebabkan karena beraneka ragamnya jenis tumbuhan bawah laut yang sangat indah dan menantang untuk dieksplorasi, terutama terumbu karang. Dan lokasi terumbu karang yang paling eksotisnya terdapat di Selat Dampier.

Kelestarian dari terumbu karang yang notabenenya merupakan potensi andalan Raja Ampat ini bukannya tanpa ancaman. Selain ancaman alam yang mengintai setiap saat, ancaman paling berbahaya datang dari tangan-tangan jahil para nelayan yang kerapkali menangkap ikan dengan cara yang tidak benar sehingga ikut membahayakan keselamatan ekosistem terumbu karang. Pemerintah kabupaten setempat pun sadar betul akan ancaman tersebut dengan menyiagakan pasukan polisi air yang siaga setia saat mengelilingi dan mengawasi segala aktifitas yang ada di perairan Raja Ampat.

Hal lain yang menarik lainnya adalah adanya beberapa peninggalan zaman prasejarah yang diyakini sudah berusia ratusan tahun. Peninggalan-peninggalan ini berupa gambar tangan manusia yang diukir di permukaan dinding-dinding karang. Peninggalan ini memiliki nilai sejarah dan nilai seni yang cukup tinggi.

Bagi pembaca azwisata.com yang memiliki niat berkunjung ke sini tentunya harus memiliki persiapan ekstra. Hal ini disebabkan karena jarak yang ditempuh cukup jauh dan tentunya biaya yang lumayan mahal. Namun itu bukan menjadi masalah yang berarti bagi Anda yang memang mempunyai hobi berpetualang sebab biaya yang dikeluarkan cukup sebanding dengan keindahan yang ditawarkan. Tidak ada penerbangan udara yang langsung menuju ke RajaAmpat, namun kita terlebih dahulu harus transit di Manado, Makassar maupun Ambon. Setelah itu baru kemudian ke Sorong dan selanjutnya bisa langsung menuju ke Raja Ampat. Transportasi inilah yang paling banyak memakan biaya, meski itu semua akan terbayar lunas jika kita sudah menginjakkan kaki di surga wisata bahari Papua ini.

Dengan demikian, mulailah menabung untuk persiapan liburan ke tanah surga Raja Ampat. Jika Anda mengaku punya hobi menjelajah demi menikmati keindahan wisata, maka belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi tempat ini. Maka dari itu, pembaca dapat mepersiapkan dari sekarang.!