5 Tempat Wisata Yang Paling Menarik Di Bengkulu

AZWISATA.COM – Bengkulu adalah salah satu propinsi yang terletak di bagian barat Sumatra. Secara umum, pesona wisata yang ditawarkan oleh propinsi Bengkulu meliputi pesona wisata alam dan wisata peninggalan sejarah. Selain dikenal sebagai tempat ditemukannya bunga Rafflesia Arnoldi yang melegenda tersebut, Bengkulu juga dikenal sebagai tempat pembuangan para aktivis pejuang kemerdekaan, salah satunya Soekarno. Nah, apa saja lima tempat wisata yang masuk kategori paling menarik di Bengkulu. Berikut hasil rangkumannya untuk Anda.

    Tempat Wisata Di Bengkulu    

1. Pantai Panjang

Pantai Panjang

Pantai ini disebut dengan nama Pantai Panjang karena memiliki garis pantai yang sangat panjang yakni sejauh 7 kilometer. Untuk menuju ke pantai ini sangatlah mudah, hanya dengan mengendarai transportasi umum dengan jarak tempuh sekitar 15 menit dari pusat kota. Pantai Panjang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan hampir setiap hari. Selain jaraknya yang cukup dekat yakni 3 kilometer dari pusat kota, pantai ini juga berada di lokasi yang sangat strategis karena berada di kawasan yang memiliki fasilitas umum dan akomodasi yang lengkap. Ada beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Panjang seperti penginapan, restoran, kafe, tempat bermain anak, tempat olahraga sampai pada mall atau tempat-tempat perbelanjaan. Di sepanjang pesisir pantai, tumbuh pohon pinus dan pohon cemara yang rindang dan hijau. Hal ini menambah kesan eksotis yang dimiliki Pantai Panjang.

2. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno

Bengkulu pernah dijadikan sebagai tempat pengasingan para aktivis pejuang kemerdekaan, diantaranya adalah Soekarno. Soekarno diasingkan pada tahun 1938-1942 dan menempati sebuah rumah yang masih terawat sampai saat ini. Di dalam rumah yang dulunya milik pengusaha asal Tionghoa bernama Tan Eng Cian ini terdapat benda-benda peninggalan Soekarno yang tentunya memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

3. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough

Benteng ini merupakan benteng yang dijadikan sebagai pusat pertahanan pasukan Inggris di wilayah pantai barat Sumatera untuk melindungi Bengkulu yang pada saat itu dijadikan sebagai daerah monopoli dalam perdagangan lada. Objek wisata sejarah ini dibangun pada tahun 1713-1719 oleh East India Company (EIC) yang pada saat itu di pimpin oleh Gubernur Joseph Callet. Benteng ini sendiri dibangun diatas lahan seluas 44.100 meter persegi dengan karakteristik bangunan menyerupai kura-kura.

4. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi

Salah satu hal yang paling menarik dari Pantai Tapak Paderi ini adalah keindahan sunsetnya yang sangat mempesona. Itulah sebabnya mengapa pengunjung sangat ramai di tempat ini khususnya pada saat sore hari. Pantai Tapak Paderi sendiri menghubungkan Pantai Panjang dengan Pantai Jakat di Bengkulu. Pantai ini juga berjarak cukup dekat dengan Benteng Marlborough, yakni hanya sekitar 100 meter.

5. Kota Curup

Kota Curup

Anda tentu saja mengenal bunga Rafflesia Arnoldi yang namanya sudah mendunia tersebut. Nah, di kota inilah tempat pertama kalinya ditemukan bunga tersebut. Kota Curup sendiri merupakan ibukota dari Kabupaten Rejang Lebong, Propinsi Bengkulu. Daerah ini tergolong kedalam kategori daerah beriklim dingin dengan suhu yang bisa mencapai 18 derajat celcius di pagi hari. Kabut yang tebal dengan perkebunan buah dan sayur yang luas merupakan pemandangan yang dominan di kota ini.

Itulah tadi pembahasan mengenai lima tempat wisata yang paling menarik di Bengkulu. Selain objek wisata alam dan sejarahnya, Bengkulu juga dikenal memiliki wisata kuliner yang sangat cocok untuk menggoyang lidah Anda. Nah, tunggu apalagi mari jadikan Bengkulu sebagai tempat destinasi wisata Anda selanjutnya.