5 Tempat Wisata di Jawa Tengah Yang Paling Populer

AZWISATA.COM – Liburan Dalam Negeri: 5 Tempat Wisata di Jawa Tengah Paling Populer – Provinsi yang terletak di pulau Jawa ini memang identik dengan suhu panasnya pada beberapa titik, namun tempat wisata di Jawa Tengah tetap dapat Anda nikmati dengan nyaman, terutama pada beberapa obyek wisata berikut ini.

   Tempat Wisata Terpopuler di Jawa Tengah   

 1  Candi Borobudur

Candi Borobudur

Magnet terbesar wisatawan di Jawa Tengah ini adalah sebuah Warisan Dunia yang diakui dunia lewat UNESCO serta pernah menjadi anggota 7 Keajaiban Dunia. Candi Budha terbesar di dunia ini adalah sebuah peninggalan sejarah yang berharga di Indonesia. Jika Anda pergi ke Jawa Tengah, pastikan Anda tidak melewatkan obyek wisata sejarah ini. Candi Borobudur masih menjadi tempat ibadah bagi umat Budha, selain menjadi obyek wisata megah yang berdiri di tanah Jawa. Candi Borobudur dibuat pada abad ke-7, tepatnya tahun 770 Masehi dan menjadi bangunan yang menyerupai alam semesta pada ajaran Budha. Anda dapat mengunjungi Candi Borobudur dengan menempuh perjalanan sejauh 40 km dari pusat kota Yogyakarta.

 2  Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Dieng kini menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang terkenal. Dataran Tinggi Dieng sebenarnya adalah sebuah kawasan di bagian gunung api rakrasa. Hal yang membuatnya menjadi lebih menarik adalah beberapa peninggalan bersejarah berbentuk candi dan prasasti yang ditemukan di sana. Jadi, selain Candi Borobudur, Anda juga bisa mengunjungi candi-candi Hindu yang dibangun di sini. Selain itu, di dataran tinggi Dieng ini Anda dapat menikmati udara yang dingin serta hamparan pemandangan alam yang masih asli dan sangat asri. Suhu di Dieng bisa mencapai 10 derajat celcius pada malam hari, sedangkan suhu pada siang hari dapat mencapai 15 derajat celcius. Tak heran suhunya begitu dingin, karena Dataran Tinggi Dieng berada di ketinggian sekitar 2,000 meter dpl. Wih!
 3  Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa

Dari suhu dingin di daerah pegunungan, kini mari beralih ke daerah pantai yang hangat. Kepulauan Karimunjawa adalah salah satu magnet wisata pantai terbesar di Jawa Tengah. Keindahan pantai di sini sangat memukau tiada tara, dengan hamparan pasir putih yang halus dan berdampingan dengan air laut yang super jernih bewarna hijau hingga biru. Keindahan pulau di sini juga didukung dengan pepohonan rimbun yang tumbuh, sehingga suasanya semakin alami dan teduh. Kepulauan Karimunjawa memiliki banyak pulau sebenarnya, yakni berjumlah 27 pulau, namun hanya 5 di antaranya yang berpenghuni. Anda bisa mengunjungi salah satu dari 5 pulau tersebut untuk berlibur. Selain menjadi saksi ciptaan Tuhan yang eksotis, Anda juga bisa bertemu dengan penyu serta hiu dan bermain bersama mereka.

 4  Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Beralih ke sebuah kota di Jawa Tengah, Ambarawa, Anda bisa mengunjungi sebuah museum antik di sini. Di Museum Kereta Api Ambarawa, tentunya Anda sudah tahu apa yang akan Anda temukan, bukan? Ya, kereta api. Di sini, Anda dapat melihat berbagai koleksi kereta api yang sempat berjaya di masa lalu. Koleksi kereta api yang dimiliki museum ini di antaranya adalah 21 kereta uap, dan museum ini juga memiliki koleksi kebanggaan yakni kereta uap bergerigi yang hanya terdapat tiga di seluruh dunia. Selain kereta api, di sini Anda juga dapat menemukan barang sejarah lainnya seperti bel, telepon, dan berbagai perabotan antik lainnya.

 5  Desa Wisata Tlogoweru

Desa Wisata Tlogoweru

Di Jawa Tengah, Anda juga dapat mengunjungi sebuah desa wisata, tepatnya di Demak. Hal yang menarik dari desa wisata ini adalah banyaknya burung hantu yang ada di sana. Burung-burung hantu ini memang sengaja dikembangbiakan untuk memberantas hama di kebun jagung milik warga. Selain menjadi predator hama, burung hantu yang jumlahnya banyak ini kemudian menjadi atraksi wisata yang menarik dari desa ini. Selama berada di sana, Anda bisa melihat sejumlah burung hantu terbang bebas, serta Anda juga bisa melihat cara perawatan burung hantu. Karena menjadi sebuah atraksi wisata tersendiri, Anda dilarang keras untuk menembak burung jika tidak ingin mendapat sanksi sebesar dua juta rupiah.

Karena daerahnya yang luas, masih ada banyak lagi tempat wisata di Jawa Tengah. Anda hanya perlu mencari banyak referensi dari sumber lain agar pembaca azwisata.com dapat mengeksplor Jawa Tengah lebih banyak.