5 Tempat Wisata di Banten untuk Pecinta Alam dan Budaya

AZWISATA.COM – Banten merupakan sebuah provinsi yang menyimpan banyak potensi wisata, baik alam, budaya, sejarah, kuliner dan lainnya. Banten dapat menjadi sebuah destinasi menarik untuk liburan Anda. Sebelum berangkat, perhatikan dulu daftar tempat wisata di Banten.

   Tempat Wisata Menarik di Banten

 1  Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung

Obyek wisata yang berada di kabupaten Pandeglang ini merupakan destinasi wisata pantai yang terkenal karena keindahan dan eksklusivitasnya. Walaupun lokasinya cukup jauh dan aksesnya cukup sulit, pantai ini tetap diburu oleh wisatawan karena pemandangan pantai yang breath taking. Hamparan pasir putih yang halus dengan sapuan air laut yang jernih bewarna biru, ditambah dengan layar belakang langit biru dan awan seputih kapas yang menggantung sangat sempurna untuk menjadi sweet escape Anda dari rutinitas harian di kota. Pantai yang direncanakan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh pemerintah Banten ini rencananya akan dirancang menyerupai Pantai Nusa Dua di Bali.

 2  Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Masih mengeksplor pantai di Banten, kali ini pantai indah punya Banten terletak di bagian selatan Banten tepatnya di Desa Sawarna, yang menjadi nama dari pantai ini. Anda bisa mengunjungi pantai ini dari Rangkasbitung sejauh 150 km. Bagi Anda yang familiar dengan Pantai Ujung Genteng, pantai ini dapat ditempuh dengan jalur yang sama dari arah Jakarta, walaupun jarak di antara kedua pantai tersebut cukup jauh. Pemandangan di sini juga tak kalah indah dengan Pantai Tanjung Lesung, lho. Pantai yang baru terkenal di awal tahun 2000-an ini selain menjadi destinasi pantai wisatawan lokal, juga menjadi destinasi pantai wisatawan luar negeri. Karena pemandangan yang memukau dan kondisi pantai yang masih bersih, Pantai Sawarna juga memiliki ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk surfing.

 3  Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

Selain pantai, masih ada tempat wisata di Banten yang memiliki jenis atraksi lain. Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebuah obyek wisata yang memiliki ekosistem alami sehingga dapat Anda kunjungi untuk menikmati suasana alam yang hijau dan asri. Selain sebagai tempat ekosistem yang masih alami, obyek wisata ini juga menjadi rumah perlindungan bagi badak. Di sini Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seperti trekking atau lintas alam, berkemah serta melihat-lihat alam liar. Obyek wisata ini dapat menambah wawasan Anda tentang alam serta memahami tentang pentingnya melestarikan lingkungan hidup. Suasana alam liar yang asri di sini dapat menjadi ajang refreshing untuk Anda serta menikmati suasana baru yang alami.

 4  Kampung Baduy

Kampung Baduy

Selain wisata alam, Banten juga menyimpan potensi wisata budaya. Anda dapat mengunjungi salah satu lingkungan suku asli Banten yakni suku Baduy. Suku Baduy terbagi menjadi dua, yakni suku Baduy Dalam dan suku Baduy Luar, di mana suku Baduy Dalam menolak untuk berinteraksi dengan dunia luar sedangkan suku Baduy Luar lebih terbuka sehingga suku jenis ini yang dapat Anda kunjungi ini. Kampung Baduy yang terletak di kabupaten Lebak ini akan mengajarkan Anda tentang kehidupan suku asli Baduy, sehingga dapat menambah wawasan budaya Anda. Anda akan dituntut untuk hidup seperti orang suku Baduy Luar, yang mana dapat menjadi pengalaman baru yang sangat menarik untuk Anda. Anda dapat mengunjungi kampung ini dalam sehari, atau bisa juga menginap selama beberapa hari agar lebih dalam memahami kehidupan orang suku Baduy Luar.

 5  Arung Jeram Sungai Ciberang

Arung Jeram Sungai Ciberang

Nah, obyek wisata yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin menantang adrenalin. Di Banten, Anda juga bisa menikmati wisata arung jeram di Sungai Ciberang. Jalur sungai yang berliku-liku dengan arus yang cukup deras dapat menjadi tempat untuk arung jeram yang seru. Selain bermain dengan adrenalin, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan alam di sisi kanan dan kiri sungai yang masih alami dengan ditumbuhi pepohonan hijau. Namun sebaiknya Anda mencari informasi dulu sebelum pergi ke Sungai Ciberang, karena terkadang air sungai dapat menjadi kering. Selain itu, karena perjalanan menuju Sungai Ciberang cukup berliku dan terjal, Anda harus cermat dalam memilih alat transportasi menuju ke sana. Bis berukuran besar bisa jadi kurang bijak untuk dijadikan alat transportasi ke sana.

Itu adalah beberapa tempat wisata di Banten yang dapat pembaca azwisata.com coba kunjungi. Jangan lupa untuk bersenang-senang dan mengeksplor pengalaman baru!