5 Tempat Wisata di Bangkok yang Dapat Menambah Wawasan Budaya

AZWisata.Com – Liburan tidak harus selalu di dalam negeri, Anda masih bisa mengeksplor keindahan alam dan budaya di luar negeri. Justru, dengan berlibur ke luar negeri, Anda akan menjadi semakin bertambah wawasannya serta menghargai perbedaan. Kini sudah banyak tersedia destinasi wisata ke luar negeri, dari yang mainstream alias umum seperti Singapura, Thailand, atau negara-negara Eropa hingga yang unik seperti Afrika atau India. Nah, jika Anda sedang bingung akan ke mana liburan kali ini, mungkin pilihan bisa Anda jatuhkan pada Thailand, khususnya Bangkok. Di sini, Anda dapat menjumpai penduduk yang wajahnya mirip-mirip dengan wajah orang Indonesia. Sehingga rasanya seperti liburan di Indonesia, walaupun jika berbicara sama sekali berbeda bahasanya. Di Bangkok, Anda bisa mengunjungi berbagai macam obyek wisata, khususnya wisata budaya. Apa saja obyek wisata budayanya? Ini dia daftar tempat wisata di Bangkok, khususnya wisata budaya.

    Daftar Tempat Wisata di Bangkok    

 1  Grand Palace

Tempat Wisata di Bangkok-  Grand Palace

Bisa jadi obyek wisata ini adalah obyek wisata budaya sentral di seluruh Thailand. Mengapa? Karena di dalam kompleks kuil ini, duduklah sebuah patung Budha yang paling suci. Patung Budha yang berlapis emas ini dibuat pada abad ke-14 dan memiliki tinggi sekitar 66 cm. Saking sucinya patung Budha yang biasa disebut Emerald Buddha ini, hanya Yang Mulia Raja Thailand sendiri yang boleh menyentuh serta mengganti pakaian patung. Bahkan, kegiatan penggantian pakaian patung ini dijadikan sebuah upacara adat yang sakral yang diadakan tiga kali setiap tahunnya, yakni pada musim hujan, musim dingin dan musim panas. Grand Palace yang dibangun pada tahun 1782 ini sempat menjadi tempat tinggal bagi para raja Thailand selama sekitar 150 tahun.

 2  Wat Arun

Tempat Wisata di Bangkok- Wat Arun

Obyek wisata berikutnya juga berupa sebuah komplek kuil yang biasa disebut sebagai Temple of Dawn. Mengapa dinamakan demikian? Temple of Dawn maksudnya adalah bahwa kuil megah ini akan terlihat semakin indah saat matahari masih malu-malu muncul di pagi hari. Maka dari itu, sayang sekali jika melewatkan momen “Temple of Dawn” ini dengan mengunjungi Wat Arun pagi-pagi sekali. Jangan lupa untuk mengabadikannya, ya. Selain pemandangannya yang memukau, kuil ini juga termasuk kuil tertua di Bangkok dan popularitasnya cukup tinggi di mata wisatawan di sana. Salah satu hal unik dari kuil ini adalah arsitekturnya yang menyerupai Mount Meru, di mana merupakan pusat alam raya menurut ajaran agama Budha.

 3  Wat Pho

Tempat Wisata di Bangkok- Wat Pho

Selain dinamakan Wat Pho, tempat wisata di Bangkok ini juga dinamakan Wat Phra Chetuphon. Bangunan kuil ini dibangun pada beberapa ratusan tahun silam, sehingga termasuk kuil tertua di Bangkok juga. Di dalam kuil ini, terdapat sebuah patung Budha dengan posisi berbaring atau yang disebut Reclining Buddha. Patung Budha ini berlapis emas dan memiliki panjang sebesar 46 meter serta tinggi 15 meter. Menariknya lagi, di Wat Pho, Anda bisa mendapat pijatan tradisional ala Thailand, karena Wat Pho juga merupakan institusi pembelajaran Thai Massage. Letak obyek wisata ini cukup dekat dengan Grand Palace, yakni hanya 10 menit berjalan kaki.

 4  Bangkokian Museum

Tempat Wisata di Bangkok- Bangkokian Museum

Jika Anda sedikit bosan melihat-lihat kuil megah, mungkin Anda bisa berpindah jenis obyek wisata ke museum. Ya, Bangkok juga memiliki beberapa museum yang menarik, salah satunya adalah Bangkokian Museum. Di sini, Anda akan dibawa ke masa lalu Bangkok dengan diperlihatkan kehidupan penduduk Bangkok di masa lalu. Berjejer benda-benda yang digunakan oleh penduduk Bangkok di dalam bangunan kayu museum ini. Datang ke museum ini dapat menambah wawasan Anda tentang budaya Thailand, khususnya pada jaman dulu. Selain itu, Anda juga jadi bisa membandingkan dengan kehidupan masa lampau Indonesia. Menarik, bukan?

 5  Museum of Siam

Tempat Wisata di Bangkok- Museum of Siam

Selain Bangkokian Museum, ada lagi museum yang lebih menarik dari itu, yakni Museum of Siam. Di sini, Anda dapat menambah wawasan sejarah dan budaya Anda lewat media yang kreatif dan unik. Wajar saja, karena museum ini berada di bawah naungan Discovery and Creative Learning, sehingga Anda dapat diedukasi dengan cara yang kreatif dan unik. Museum ini terbagi menjadi tiga zona, yakni discovery zone, collection zone dan knowledge zone. Keluar dari museum ini, dijamin Anda akan semakin paham dengan Thailand, karena Thailand dijelaskan dengan baik di sini, mulai dari masa prasejarah hingga Thailand di masa modern.


Menarik bukan tempat wisata di Bangkok yang dapat menambah wawasan budaya pembaca azwisata.com? Jangan lupa untuk tetap mencari referensi lain, siapa tahu ada tempat yang lebih menarik.

Wisata Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *