5 Tempat Wisata di Tangerang yang Murah Meriah

AZWISATA.COM – Sebuah daerah perkotaan seperti Tangerang yang terletak di provinsi Banten ini ternyata juga memiliki obyek-obyek wisata untuk ajang refreshing. Banyak tempat-tempat menarik Tangerang yang menarik yang dapat Anda jadikan tujuan wisata. Di antaranya adalah masjid pintu seribu, pantai tanjung pasir, bendungan pintu air sepuluh, pantai tanjung kait, dll. Berikut beberapa tempat wisata di Tangerang yang wajib untuk Anda kunjungi.

    Daftar Tempat Wisata di Tangerang    

 1  Masjid Pintu Seribu

Wisata Tangerang - Masjid Pintu Seribu

Masjid ini menjadi menarik karena memiliki pintu yang banyak sekali, sehingga dinamakan Masjid Pintu Seribu atau biasa disebut juga sebagai Masjid Sewu, yang berarti seribu dalam bahasa Jawa. Masjid terkenal yang berdiri di daerah Tangerang ini dibangun oleh seorang kebangsaan Arab di tahun 1978. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 1 hektar, dan berada di kampung Bayur. Selain pintu masjid yang banyak sekali, hal menarik dari masjid ini adalah sebuah tasbih raksasa dibuat dari bahan baku kayu. Selain menjadi sebuah tempat ibadah bagi umat muslim, cukup banyak juga wisatawan yang berkunjung ke sini untuk melihat struktur bangunan masjid serta tasbih kayu raksasa.

 2  Pantai Tanjung Pasir

Wisata Tangerang - Pantai Tanjung Pasir

Ya, Tangerang juga memiliki pantai! Sebenarnya pantai ini tidak memiliki hamparan pasir yang dapat menyediakan tempat bermain pasir buat Anda, tapi pemandangan ala pantai di sini lumayan oke sebagai ajang refreshing di daerah perkotaan. Pantai ini juga menjadi pantai paling populer di Tangerang, lho. Untuk menikmati pantai ini, Anda bisa sekedar berjalan-jalan di pinggir pantai atau mengarungi pantai dengan menyewa perahu kayu. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan kehidupan nelayan sekitar yang sedang melaut dengan kapal-kapalnya.

 3  Bendungan Pintu Air Sepuluh

Wisata Tangerang - Bendungan Pintu Air Sepuluh

Sebuah tempat wisata di Tangerang yang sebenarnya adalah pintu air ini rupanya menjadi cukup terkenal sebagai obyek wisata di Tangerang. Bendungan Pintu Air Sepuluh ini terdiri dari sepuluh pintu air yang masing-masingnya memiliki lebar sepuluh meter, sesuai dengan namanya. Sepuluh buah pintu air ini berfungsi untuk mengatur dan membendung Sungai Cisadane hingga kini. Bendungan Pintu Air Sepuluh ini mulai dibangun di tahun 1927, dan ternyata obyek wisata ini adalah peninggalan bangsa Belanda, lho. Pintu air ini dapat Anda kunjungi di kecamatan Karawaci, tepatnya di Jalan Sangego. Pintu air ini menjadi sebuah obyek wisata di mana pengunjungnya biasa memancing, sekedar melihat-lihat atau berkumpul bersama keluarga. Udara yang sejuk di sini juga cocok untuk refreshing.

 4  Masjid Al-Adzom

Wisata Tangerang - Masjid Al-Adzom

Selain Masjid Seribu Pintu, Tangerang juga memiliki masjid lain sebagai obyek wisatanya. Hal menarik dari masjid ini adalah kubah masjid yang terdiri dari lima kubah dengan satu kubah sebagai kubah utama dan dikelilingi oleh empat kubah lain sebagai penyangga. Kubah-kubah ini bewarna biru terang, sehingga menambah kesan unik pada masjid. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 2 hektar dan bertempat di Jalan Satria Sudirman. Berkapasitas lebih dari 15,000 pengunjung, masjid ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas selain sebagai tempat ibadah, seperti ruang pengkajian, ruang persiapan, ruang mihrab, serta perpustakaan.

 5  Pantai Tanjung Kait

Wisata Tangerang - Pantai Tanjung Kait

Selain Pantai Tanjung Pasir, ada juga Pantai Tanjung kait di Tangerang. Anda dapat mengunjungi pantai ini dengan menempuh perjalanan sekitar 30 km dari pusat kota Tangerang. Di sini, lagi-lagi Anda tidak akan menjumpai pasir untuk bermain. Namun jangan khawatir, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan lain seperti wisata kuliner yang murah meriah dengan hidangan laut, memancing, menikmati pemandangan matahari tenggelam atau menyebrang ke Pulau Untung Jawa. Selain itu, desa nelayan yang menjadi tempat dari pantai ini dapat memungkinkan Anda untuk menyaksikan kehidupan warga setempat yang berprofesi sebagai nelayan dengan kapalnya yang warna-warni.

Nah, beberapa referensi tempat wisata di Tangerang tersebut dapat menjadi pilihan pembaca azwisata.com khususnya warga Tangerang untuk berwisata murah meriah. Semoga bermanfaat, ya!

Wisata Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *