5 Tempat Wisata di Bekasi yang Menarik untuk Dikunjungi

AZWISATA.COM – Bekasi adalah salah satu kota sibuk berbau metropolis yang terletak di sebelah timur Jakarta. Walaupun daerahnya perkotaan, Bekasi juga memiliki beberapa obyek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah referensi tempat wisata di Bekasi yang dapat menjadi pilihan pembaca azwisata.com saat berada di Bekasi.

    Daftar Tempat Wisata di Bekasi    

 1  Wisata Rumah Pohon

Wisata Rumah Pohon

Bekasi yang merupakan daerah perkotaan sibuk tentunya sangat membutuhkan obyek wisata seperti ini. Wisata Rumah Pohon adalah sebuah obyek wisata alam yang akan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama untuk si kecil. Di sini, Anda dapat merasakan suasana yang asri dan hijau sehingga dapat menjadi ajang refreshing dari rutinitas pekerjaan yang membosankan. Selain mendapat udara segar, di sini Anda dapat mencoba berbagai fasilitasnya seperti flying fox, outbond, paintball, wall climbing, arena balita dan kolam tangkap ikan.

 2  Hutan Kota

Hutan Kota

Selain Wisata Rumah Pohon, Bekasi masih memiliki obyek wisata alam lainnya. Hutan Kota ini terletak di Bekasi Selatan, tepatnya di Desa Margahayu. Hutan Kota ini berdiri di atas lahan seluar 2 hektar dan ditumbuhi dengan pepohonan rindang sehingga menyerupai hutan betulan. Dibuka pada tahun 2012, wisata alam di Bekasi ini juga menjadi tempat penangkaran burung kutilang dan merpati. Hutan Kota dapat menyediakan Anda suplai udara segar tak terbatas sehingga cocok juga untuk refreshing di akhir pekan. Anda bisa bersepeda santai sambil menikmati pepohonan rindang atau piknik bersama keluarga di sini.

 3  Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya

Salah satu tempat wisata di Bekasi yang cukup besar dan terkenal adalah tempat penangkaran buaya ini. Di sini, Anda akan disambut oleh buaya dengan jumlah yang banyak, mulai dari usia bayi hingga dewasa. Dibuka menjadi obyek wisata sejak tahun 1990, Taman Buaya Indonesia Jaya memiliki lima kolam buaya besar yang masing-masingnya dapat menampung 100 ekor buaya. Selain melihat buaya yang sudah lahir, Anda juga bisa melihat calon-calon bayi buaya di ruang penetasan. Selain buaya, Anda juga bisa menjumpai monyet di kandangnya. Hal menarik selanjutnya adalah pertunjukan debus Banten yang dapat Anda saksikan tiap hari Minggu. Pertunjukan debus menunjukkan kebolehan pemain dalam melawan ular dan buaya buas. Selain itu, Anda juga bisa memetik buah sawo langsung dari pohonnya tanpa batas alias sepuasnya. Asyik, kan?

 4  Danau Cibeureum

Danau Cibeureum

Kembali lagi ke wisata alam, Bekasi masih memiliki bagian alami yang dapat dijadikan tempat wisata. Danau Cibeureum yang terletak di Desa Lambang Jaya dan Desa Lambang Sari, Tambun ini juga menjadi favorit wisatawan lokal untuk menghabiskan akhir pekannya. Danau ini berukuran cukup luas, yakni sekitar 2 hektar. Di tengah danau, terdapat sebuah pulau kecil dengan pohon besar yang tumbuh di atasnya. Pulau kecil di tengah danau ini kemudian banyak dijadikan obyek foto para pengunjung. Di Danau Cibeureum, pengunjung dapat melakukan piknik bersama keluarga atau sekedar bersepeda santai di sekitar danau.

 5  Klenteng Hok Lay Kiong

Klenteng Hok Lay Kiong

Selain wisata alam, Bekasi juga memiliki wisata sejarah atau budaya yang terletak di Jalan Kenari, Margahayu. Klenteng ini termasuk klenteng tertua yang ada di Bekasi. Walaupun tahun dibangunnya klenteng ini tidak diketahui hingga kini, namun diduga klenteng ini dibangun pada ratusan tahun silam. Menariknya, klenteng ini menjadi tempat ibadah bagi tiga umat berbeda yakni Budha, Taoisme dan Kong Hu Cu, sekaligus menjadi obyek wisata yang cukup terkenal di Bekasi. Klenteng ini memiliki interior yang didominasi warna merah dengan tetap mempertahankan komponen aslinya. Salah satunya adalah patung Dewa Hok Lay Kiong (yang menjadi latar belakang nama klenteng), Dewi Kwan Im serta Dewa Tjay Sen Loya. Jika ingin lebih mengeksplor klenteng ini, datanglah pada momen perayaan imlek atau tahun baru Cina. Pada perayaan imlek, akan diadakan upacara penyucian patung-patung dewa, ritual Tabur Sial (menghanyutkan kertas berisi harapan dan pelepasan kura-kura di Sungai Bekasi), serta karnaval barongsai yang menarik sekali untuk dilihat.

Tempat wisata di Bekasi bukan berarti berada di dalam bangunan atau mall, bukan? Daerah perkotaan seperti Bekasi ternyata juga menyimpan berbagai obyek wisata menarik yang dapat dikunjungi di sela-sela aktivitas sehari-hari. Selamat mencoba!

Wisata Menarik Lainnya

One COMMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *