7 Tempat Wisata di Pacitan yang Menarik untuk Dikunjungi

Banyak tempat wisata di Pacitan berupa pantai, goa, serta pemandian air panas, dll. Kabupaten pacitan yang berada di provinsi jawa timur adalah sebuah kabupaten kecil dengan ibukota kabupaten bernama Pacitan. Pacitan yang dijuluki kota seribu goa ini memiliki potensi wisata yang luar biasa yang dapat memikat para wisatawan. Berikut 7 Tempat Wisata di Pacitan yang wajib untuk Anda kunjungi

    Daftar Tempat Wisata di Pacitan

1. Pantai Klayar

Tempat Wisata di Pacitan – Pantai Klayar

Di telinga kita mungkin masih asing nama pantai Klayar dibanding pantai yang sudah terkenal di Indonesia semacam Kute di Bali dan Parangtritis di Yogyakarta.

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai yang menyimpan keindahan panorama alam yang luar biasa di Pacitan, Pemandangan batu karang yang eksotis disertai guyuran ombak yang menyambut melalui sela-sela batu karang bak air mancur. Serta hamparan pasir putih yang indah terhampar di pantai ini.

Keunikan pantai ini hanya bisa anda temui di pantai Klayar. Dan akses untuk menuju pantai sudah sangat baik.

2. Pantai Teleng Ria

Tempat Wisata di Pacitan – Pantai Teleng Ria

Pantai teleng ria terletak 3,5 km dari pusat kota kabupaten pacitan. Karena tempatnya yang gampang dijangkau dari tengah kota, maka pantai teleng ria menjadi pantai yang cukup ramai dikunjungi di akhir pekan.

Pantai ini menawarkan keindahan dari segi pemandangan serta hamparan pasir putih di bibir pantai menjadikan pantai daya tarik sendiri buat para wisatawan. Keunikan lainnya pantai ini dikelilingi oleh pegunungan sehingga menjadikan pantai ini semakin lengkap.

3. Goa Gong

Tempat Wisata di Pacitan – Goa Gong

Goa Gong cukup terkenal di Indonesia bahkan Asia karena sempat dipromosikan menggandeng penyanyi-penyanyi manca Negara di dalam goa. Goa yang juga merupakan goa terindah se-Asia Tenggara ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Tak salah kalao Pacitan dijuluki kota seribu goa, dikarenakan banyak goa yang ada di Pacitan salah satu yang terbaik adalah Goa Gong.

Di dalam goa gong terdapat stalaktit dan stalakmit yang indah serta menawan, kita disuguhi pemandangan yang tidak bisa kita jumpai di tempat lain.

Di dalam goa gong juga terdapat tujuh ruangan yang mempunyai fungsi masing-masing.

4. Pemandian Air Panas Tirto Husodo

Pemandian Air Panas Tirto Husodo

Tujuan wisata lainnya yang anda layak kunjungi adalah pemandian air panas Tirto Husodo. Meskipun perjalanan menuju tempat pemandian ini lumayan jauh, tapi anda patut mencobanya.

Fasilitas yang ada juga sangat baik, ditunjang tempat parkir luas dan beberapa kolam pemandian untuk anak serta orang dewasa.

Uniknya di sini adalah air yang tidak berbau belerang, kondisi seperti ini jarang kita temui di tempat lainnya karena umumnya mengandung belerang.

5. Goa Kalak

Tempat Wisata di Pacitan – Goa Kalak

Goa Kalak memang terkenal akan keangkerannya. Banyak kisah-kisah mistis yang mengenai goa ini. Selain itu, goa kalak juga merupakan salah satu tempat yang digunakan beberapa orang sebagai tempat bersemedi untuk ritual-ritual tertentu.

Namun jangan salah, walaupun terkenal akan keangkerannya, bukan berarti tempat ini tidak layak untuk dikunjungi. Goa ini memiliki keindahan stalakmit dan stalaktit yang tidak kalah dibandingkan goa gong yang terkenal itu.

Lokasi Goa Kalak cukup mudah untuk dijangkau, lokasinya persis di pinggir jalan dari Pantai Klayar menuju Goa Gong. Namun jika Anda ingin mencoba uji nyali menyusuri goa ini, disarankan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada juru kunci nya.

6. Monumen Jendral Sudirman

Tempat Wisata di Pacitan- Monumen Jendral Sudirman

Di Jawa Timur, selain Surabaya, Pacitan merupakan daerah lainnya yang memiliki monumen Jendral Sudirman. Monumen yang berdiri sangat megah di atas gunung ini terletak di Kecamatan Nawang, yang berjarak ±30 KM dari pusat kota.

Lokasi berdirinya monumen ini merupakan tempat yang digunakan pleh Jendral Sudirman dalam menjalankan taktik perang gerilya. Di sekitarnya juga terdapat diorama yang dengan jelas menggambarkan sejarah dan tatik perang gerilya Jendral Sudirman.

Selain itu, tak jauh dari monumen ini berdiri Anda juga dapat mengunjungi rumah yang dulunya di gunakan sebagai tempat persembunyian oleh sang jendral.

Pemandangna alam yang tersaji di sekitar monumen ini berdiri juga cukup menawan. Jadi, selain mengunjungi monumen bersejaran ini, di sini Anda juga dapat menikmati pemandangan alam nan indah.

7. Goa Tabuhan

Tempat Wisata di Pacitan – Goa Tabuhan

Satu lagi goa yang layak untuk dikunjungi di kota seribu goa ini ialah Goa Tabuhan. Goa yang berlokasi di Dukuh Tabuhan, Desa Wareng, Kec. Punung ini hanya berjarak 30 KM dari pusat Kota Pacitan, dan berada tidak jauh dari Goa Gong.

Goa yang dulunya bernama Goa Tapan memiliki banyak stalagmit dan stalaktit yang indah dengan ukuran besar sehingga hampir menyerupai pilar yang menjadi penyangga goa. Selain itu, satu hal yang menarik lainnya dari goa ini ialah Anda dapat menikmati sajian musik yang tidak biasa dair biasanya.

Ya, karena alat musik yang digunakan bukanlah alat musik gamelan pada umunya, tetapi menggunakan stalagmit dan stalaktit yang terdapat di goa ini. Ini dikarenakan stalagmit dan stalaktit di sini jika dipukul mampu menghasilkan suara nyaris seperti alat musik gamelan.

Semoga informasi Tempat wisata di Pacitan di atas dapat bermanfaat dan membantu para pembaca azwisata.com dalam menentukan pilihan tempat untuk berwisata di kota seribu goa ini.