7 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Sarat Akan Nilai Sejarah

AZWISATA.COM – Berbagai tempat wisata di Cirebon yang sarat akan nilai sejarah, Dikenal sebagai kota agamis, Cirebon merupakan salah satu kota di jawa Barat yang mempunyai luas paling kecil dengan 5 kecamatan. Selain kota agamis, Cirebon juga terkenal dengan kota pelabuahan karena mempunyai 2 pelabuhan besar yakni pelabuhan Muara jati serta pelabuhan Nelayan Kejawanan. Kota Cirebon selain mempunyai posisi pelabuhan besar yang strategis juga mempunyai posisi strategis karena berada di jalur Pantura (pantai utara) yang dekat dengan perbatasan Jawa Barat dan Jawa tengah sehingga mempunyai potensi ekonomi yang tinggi. Selain potensi ekonomi tersebut, Cirebon juga memberikan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sesuai dengan namanya kota agamis, kebanyakan tempat wisata di Cirebon mempunyai keterkaitan dengan budaya yang lebih memberikan jenis wisata sejarah dan budaya. Berbagai tempat wisata yang ada di Cirebon yang paling terkenal dengan nilai budaya tersebut antara lain.

    Daftar Tempat Wisata Di Cirebon    

 1  Keraton Kasepuhan

Tempat Wisata Cirebon - Keraton Kasepuhan

Tempat wisata di Cirebon yang paling terkenal adalah keraton kasepuhan yang merupakan keraton kesultanan pertama di Cirebon yang dibangun oleh Pengeran Mas Mochamad Arifin II pada tahun 1529. Menjadi keraton paling tua yang sarat akan nilai sejarah berdirinya kota Cirebon, keraton ini juga merupakan keraton paling megah dan paling terawat yang masih berdiri gagah. Sarat dengan nilai sejarah, sebagai tempat wisata keraton ini menyajikan benda-benda pusaka peninggalan sultan Cirebon dahulu serta terdapat pula sebuah kereta Singa yang hanya dikeluarkan pada tanggal 1 syawal untuk dimandikan. Tidak jauh dari keraton kasepuhan, anda juga dapat berwisata rohani Cirebon yang masih sarat dengan nilai budaya dengan mengunjungi masjid agung sang cipta rasa.

Berada di sekitar keraton kasepuhan, masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata rohani yang menarik. Keunikan masjid ini anda akan mendengarkan lantunan adzan yang tidak ada di tempat lainnya pada setiap sholat jum’at karena anda akan mendengarkan 7 muadzin mengumandangkan adzan secara bersamaan. Selain itu, di depan masjid ini juga mempunyai mata air yang mempunyai sumber yang sama dengan sumber air zam-zam di Makkah dengan khasiat yang sama pula.

 2  Keraton Kanoman

Tempat Wisata Cirebon - Keraton Kanoman

Selain keraton kasepuhan, tempat wisata keraton lainnya yang terkenal di Cirebon adalah keraton kanoman. Terletak sekitar 600 meter dari keraton kasepuhan, keraton yang dibangun oleh Sultan Badaruddin pada tahun 1588 ini juga menyajikan nilai sejarah yang tidak kalah menarik dari keraton kasepuhan.

Di keraton ini terdapat sebuah museum yang menyajikan banyak benda bersejarah seperti piring peninggalan Kolonial Belanda dan koleksi sultan terdahulu. Jika anda dari keraton kasepuhan menuju keraton kanoman ini anda akan dimanjakan dengan deretan pasar tradisonal yang menyajikan berbagai soufenir cantik khas Cirebon yang dapat anda jadikan buah tangan bagi kerabat, keluarga ataupun teman anda di rumah ketika berkunjung ke tempat wisata di Cirebon ini.

 3  Taman Sari Gua Sunyaragi

Tempat Wisata Cirebon - Taman Sari Gua Sunyaragi

Salah satu tempat wisata di Cirebon yang menarik untuk dikunjungi adalah taman sari gua sunyaragi. Tempat wisata yang berada di kelurahan sunyaragi ini merupakan bekas taman sari pesanggrahan keraton kasepuhan yang digunakan untuk menyepi dan mencari ketenangan. Ditempat ini anda akan menemukan dua bangunan utama yakni pesanggrahan dan gua. Di dalam bangunan pesanggrahan anda akan menemukan ruang seperti kamar tidur dan ruang rias.

Tempat yang paling menarik dari bangunan ini adalah ruang gua yang terlihat seperti candi serta bagian dalamnya yang seperti gua karena banyaknya lorong dan berbentuk seperti labirin. Terletak sekitar 4 km dari keraton kasepuhan, tempat ini menyajikan rindangnya pepohonan yang nyaman untuk istirahat setelah berkeliling mengitari taman dan juga memberikan banyak wisata kuliner yang menjual makanan bahkan souvenir khas Cirebon.

 4  Vihara Dan Klenteng-Klenteng

Tempat Wisata Cirebon - Vihara Dan Klenteng-Klenteng

Tidak hanya kental dengan wisata Islami, Cirebon juga menyajikan wisata rohani untuk agama Budha dan Konghucu. Tempat wisata di Cirebon sedikitnya menyajikan 3 tempat ibadah umat Budha dan Konghucu yang sarat akan nilai budaya klasik Tiongkok.

Ketika bangunan tersebut antara lain Vihara Dewi Welas asih yang berada di sekitar pintu pelabuhan muara jati I, klenteng Talang yang terletak sekitar 200 meter dari vihara dewi welas asih, kuil pemancar keselamatan yang terletak tidak jauh dari klenteng talang. Letaknya yang saling berdekatan dan berada di dekat pelabuhan sehingga mampu memberikan wisata rohani yang menenteramkan hati dan juga mampu mampu memberikan anda dua paket wisata sekaligus yakni wisata agama serta wisata alam pantai pelabuhan yang tidak kalah menarik.

 5  Kampung Batik Trusmi

Tempat Wisata Cirebon - Kampung Batik Trusmi

Tempat belanja suvenir khas daerah merupakan target para wisatawan. Bila anda ingin berbelanja batik khas Cirebon untuk dijadikan oleh-oleh, Anda dapat mengunjungi Kampung Batik Trusmi yang berada di Kecamatan Plered, Cirebon. Harga batik di sini lebih terjangkau jika dibanding membeli batik di mall atau pusat perbelanjaan lain.

 6  Banyu Panas Palimanan

Tempat Wisata Cirebon - Banyu Panas Palimanan

Salah satu tempat wisata di Cirebon yang patut anda kunjungi adalah Banyu Panas Palimanan. Tempat ini sangat ramai pengunjung setiap harinya terutama akhir pekan. Taman pemandian yang berada di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon ini dapat anda tempuh dalam waktu  kurang lebih 30 menit perjalanan dari pusar kota. Ditempat ini anda akan mendapatkan pemandian air panas alami yang mengandung belerang dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Fasilitas sekitar pemandian terdapat gazebo sebagai tempat untuk istirahat.

 7  Taman Ade Irma Suryani Nasution

Tempat Wisata Cirebon - Taman Ade Irma Suryani Nasution

Salah satu taman rekreasi terbesar yang ada di kota ini adalah Taman Ade Irma Suryani Nasution. Dahulu taman ini bernama Traffic Garden Cirebon, namun di tahun 1966, taman ini bergaanti nama Taman Ade Irma Nasution. Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Di sini, tersedia tempat bermain anak serta kebun binatang mini. Anda juga dapat menikmati keindahan pantai.

Beberapa tempat wisata diatas sangat sarat dengan wisata rohani yang patut untuk dikunjungi karena mampu membuka cakrawala keilmuan kita terhadap sejarah masa lampau. Sekian dulu informasi tentang tempat wisata di Cirebon dan semoga dapat bermanfaat kepada pembaca azwisata.com dalam memilih tujuan wisata di kota ini.

Wisata Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *