12 Tempat Wisata di Semarang Yang Memanjakan Mata

AZWISATA.COM – Semarang kota metropolitan yang tak pernah sepi oleh hiruk pikuk manusia. Semarang merupakan ibukota Jawa Tengah sehingga wajar bila kota semarang tidak tidur. Pembangunan kota semarang sangatlah pesat sehingga menimbulkan dampak sosial yang sampai saat ini belum juga teratasi. Terlepas dari itu, Semarang juga memiliki tempat wisata yang di unggulkan. Tempat wisata di Semarang yang terkenal dan banyak pengunjungnya contohnya pantai Maron, Lawang Sewu, pantai Marina dan pantai tirang. Objek-objek wisata tersebut sangat memanjakan mata, oleh karena itu akan azwisata.com ulas berikut ini.

 

    Daftar Tempat Wisata di Semarang

 1  Pantai Maron

Pantai Maron

Ojek-objek wisata di kota Semarang banyak didominasi oleh pantai karena letak wilayahnya di utara jawa sehingga berbatasan dengan pantai selatan. Akses menuju pantai maron sangat mudah, karena terletak tidak jauh dari bandara Ahmad Yani Semarang. Pantai ini sangat ramai dikunjungi pada akhir pekan khususnya untuk warga Semarang dan sekitarnya karena panorama alamnya yang indah jauh dari kebisingan kota semarang serta ke eksotisan pasir hitam di pantai maron. Untuk anda yang ingin rirek dan menikmati suara deburan ombak silahkan berkunjung kesini.

[adinserter block=”1"]

 2  Pantai Marina

Pantai Marina

Pantai Marina adalah salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Semarang. Tempat wisata ini terkesan elit karena terletak berdekatan dengan perumahan elit yang ada di Semarang. Sehingga fasilitas disanapun sangat lengkap baik itu speed boat, tempat joging, ski air dan area anak-anak untuk bermain. Oleh karena itu pantai ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mengusir kepenatan. Di sana kita bisa menikmati suasana pepohonan yang asri serta sejuk. Dan apa bila di akhir pekan kita bisa berolah raga melakukan joging di arena pantai. Cocok bagi anda yang sudah berkeluarga untuk berakhir pekan di pantai Marina.

 3  Pantai Tirang

Pantai Tirang

Pantai Tirang pantai ini berdekatan dengan pantai marina. Pantai tirang masih sepi dari pengunjung, kebanyakan pengunjung adalah para penghobi mancing. Di pantai Tirang merupakan spot yang sangat bagus untuk berburu ikan salah satu yang paling banyak diburu disi adalah ikan kakap putih. Selain itu disini terdapat hutan bakau yang sangat hijau jadi menyejukkan mata anda. Jadi apa bila anda ingin suasana yang sepi datanglah kepantai tirang jangan lupa membawa pancing untuk kegiatan disana, siapa tahu anda pulang membawa sekresek ikan kakap putih.

 4  Lawang Sewu

Lawang Sewu

Salah tempat wisata yang menjadi primadona banyak orang apabila berkunjung ke Semarang adalah Lawang Sewu. Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan yang penuh dengan sejarah. Pada zaman pemerintah Kolonial Belanda Lawang sewu adalah kantor perusahaan kereta api. Dinamakan Lawang sewu karena memiliki pintu berjumlah seribuan dan bangunan ini memiliki ruang bawah tanah yang berfungsi sebagai penjara pada masa pemerintahan Belanda.Ini sangat cocok untuk wisata sejarah bersama putra-putri anda di akhir pekan.

 5  Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang berada di Jalan Gajah Raya ini dapat menjadi pilihan wisatawan yang berada di Semarang. Mesjid yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 November 2006 ini merupakan kebanggan umat Islam di Semarang dengan luas lahan 10 hektare.

 6  Kampoeng Wisata Taman Lele

Kampoeng Wisata Taman Lele

Salah satu tempat wisata yang menarik di Semarang adalah Obyek Wisata Kampoeng Wisata Taman Lele. Disini tersedia danau buatan yang dikelilingi gazebo, sepeda air, kolam renang, permainan anak, serta berbagai satwa peliharaaan, seperti ular phyton, merak, buaya dan berbagai jenis burung.

 7  Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong

Salah satu tempat wisata bangunan yang dapat anda kunjungi di Semarang adalah Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong. Bangunan ini memiliki tinggi 45 meter, dibangun dibangun tujuh tingkat yang hampir semua konstruksi bangunannya terbuat dari beton dan banyak menggunakan latar warna merah serta beberapa arca pada setiap tingkat pagodanya. Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya telah ditetapkan oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai pagoda paling tinggi di Indonesia.

 8  Kelenteng Sam Po Kong

Kelenteng Sam Po Kong

Dalam sejarahnya, Kelenteng Sam Po Kong adalah bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang beragama Islam bernama Zheng He / Cheng Ho. Dengan keindahan yang bernuangsa China ini dapat menjadi pilihan pembaca azwisata.com untuk berkunjung di tempat ini.

 9  Gereja Blenduk Semarang

Gereja Blenduk Semarang

Jika anda senang mengunjungi tempat religi, tempat ini salah satu tempat yang wajib anda kunjungi. Gereja yang dibangun pada tahun 1753 ini telah menjadi salah satu landmark di kota lama. Di sekitar gereja Blenduk juga terdapat beberapa bangunan dari masa kolonial Belanda seperti Gedung Marba.

[a[adinserter block=”1"]p>

 10  Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur

Kawasan wisata Air Terjun Kali Pancur terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Namun saat ini untuk menuju ke lokasi Air Terjun Kali Pancur tidak tersedia sarana transportasi umum, jadi anda mesti membawa kendaraan sendiri. Jika terpaksa harus naek kendaraan umum bisa dapat mengambil jurusan Kopeng Salatiga dan jika telah sampai di Desa Wates Kec. Getasan lantas jalan kaki atau dengan naik ojek sekitar 3 km an. Kondisi jalan tergolong baik hanya beberapa ratus meter menjelang lokasi jalan agak sempit dan belum beraspal. Di sepanjang perjalanan pengunjung dapat melihat keindahan alam lereng gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu.

Editor’s Pick

 11  Museum Rekor Dunia Indonesia

Museum Rekor Dunia Indonesia

Museum Rekor-Dunia Indonesia atau yang biasa disingkat MURI (dahulu Museum Rekor Indonesia) merupakan museum yang terletak di Semarang. Sebuah museum untuk mencatat data prestasi superlatif yang terjadi di Indonesia. Jika anda penasaran dengan isi dari museum ini, tidak ada salahnya jika anda mengunjunginya sebagai objek wisata yang berada di Semarang.

 12  Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah

Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah

Di dalam meseum ini tercatat sejarah perkembangan agama Islam di Jawa Tengah. Museum yang terletak di lantai 2 dan 3 Tower Asmaul Husna di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah yang berada di Jalan Gajah Semarang ini dapat menjadi pilihan pembaca azwisata.com untuk dikunjungi. Beberapa macam Artefak artefak berada di Museum ini seperti Iluminasi Al Qur’An, Wayang Sadat, Wayang golek Menak, Gamelan, Gayor Masjid Sunan Muria, Ornamen Masjid Mantingan, Ornamen Dua Sisi, Keramik, Artefak Kapal dagang, Koleksi peninggalan Islam Awal serta Miniatur menara Kudus dapat anda temukan

Tempat wisata di Semarang yang banyak dikunjungi diantaranya adalah pantai Maron, Marina, Tirang serta bangunan bersejarah peninggalan Belanda Lawang Sewu yang dapat menjadi pilihan pembaca azwisata.com jika ingin berkunjung di Semarang. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.